STRATEGI DAKWAH MUSLIM FOOTBALLERS BOGOR DALAM MENGEDEPANKAN NILAI-NILAI ISLAM DI SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2901Keywords:
Strategi Dakwah, Nilai Islam, Sepak BolaAbstract
This research discusses the da'wah strategy carried out by the Muslim Footballers Bogor community. The current phenomenon is how to uphold Islamic values in various activities, one of which is through football. Today, the way to preach is easy to implement, the various uniqueness and quality of creative human resources, makes da'wah no longer just listening to lectures. The method used is a qualitative descriptive approach which aims to obtain actual data in detail according to the symptoms encountered. The results of this study illustrate that preaching can be done by anyone, anytime and anywhere as written in QS. An-Nahl verse 125, which is the basis for Muslims to preach. The da'wah strategy carried out by Muslim Footballers Bogor is the principle of the Synergy da'wah strategy and the principles of the Convergence da'wah strategy.
Penelitian kali ini membahas tentang strategi dakwah yang dilakukan oleh komunitas Muslim Footballers Bogor. Fenomena yang terjadi saat ini adalah bagaimana menjunjung tinggi nilai keislaman dalam berbagai aktivitas, salah satunya lewat sepak bola. Dewasa ini, jalan untuk berdakwah mudah untuk dilaksanakan, berbagai keunikan serta kualitas sumber daya manusia yang kreatif, membuat dakwah tak lagi hanya sekedar mendengar ceramah. Metode yang digunakan yakni pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan data yang aktual secara rinci sesuai dengan gejala yang di hadapi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa dakwah bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun seperti yang tertulis pada QS. An-Nahl ayat 125, yang menjadi landasan bagi kaum Muslimin untuk berdakwah. Strategi dakwah yang dilakukan oleh Muslim Footballers Bogor adalah prinsip strategi dakwah Sinerji dan prinsip strategi dakwah Konvergensi.
References
Adityawarman, R. (2014). Strategi Dakwah Pengurus Viking Dalam Aktivitas Keagamaan. Jakarta.
Aminuloh, M. (2020). Strategi Dakwah Komunitas Bikers Subuhan Dalam Mengajak Shalat Shubuh BErjamaah di Kota Bandar Lampung. Bandar Lampung.
Arifin, A. (1989). Strategi Komunikasi. Bandung: Armico.
Dahlan, M., & Sofwa, L. (2003). Kamus Induk Istilah Ilmiah. 65.
David, F. D. (2002). Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Prenhalindo.
Munir, S. (2008). Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta.
Najamuddin. (2020). Strategi Dakwah dan Faktor Pengaruh. XII, 25-46.
Septiani, I., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (n.d.). NIlai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur'an Dan Hadist.
Siagian, S. P. (n.d.). Analisis Serta Perumusan Kebijaksanaan. 107-108.