INSTAGRAM SEBAGAI PELUANG SEKALIGUS TANTANGAN DAKWAH ISLAM
(STUDI DESKRIPTIF TERHADAP AKUN INSTAGRAM @ZAKIALFAIZAN)
DOI:
https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2807Keywords:
Dakwah, Media Sosial, InstagramAbstract
Instagram is a part of social media that is very popular with the public with its features that attract a lot of attention. For some people, Instagram is a medium of opportunity to spread Islam without having to be in one place and without having to be on the pulpit. The presence of the Internet and the development of technology makes it easier for all groups to carry out their activities, including young people in the fields of economics, education and religious preaching. Talking about religious da'wah, some young activists use Instagram as an opportunity as well as a challenge to preach. Therefore, the author is interested in analyzing Instagram as an opportunity and challenge for young missionary activists. The method used is a qualitative descriptive approach which aims to collect detailed information on how Instagram acts as an opportunity and challenge in preaching. The results of this research are one way to describe how da'wah is carried out through the social media Instagram.
Instagram salah satu bagian dari media sosial yang banyak sekali digemari masyarakat dengan fitur-fitur nya yang banyak menarik perhatian. Bagi sebagian orang, Instagram merupakan media peluang untuk melakukan syiar Islam tanpa harus berada di suatu tempat dan tanpa harus berada diatas mimbar. Kehadiran Internet dan berkembangnya teknologi memudahkan segala kalangan dalam melakukan aktivitasnya tak terkecuali kalangan muda baik dalam bidang ekonomi, pendidikan maupun dakwah agama. Berbicara dakwah agama, sebagian aktivis muda memanfaatkan Instagram sebagai peluang sekaligus tantangan dakwah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menganalisis mengenai Instagram sebagai peluang sekaligus tantangan bagi aktivis dakwah muda. Metode yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi secara rinci bagaimana Instagram berperan sebagai peluang dan tantangan dalam berdakwah. Hasil penelitian ini merupakan salah satu cara untuk mendeskripsikan bagaimana dakwah dilakukan melalui media sosial Instagram.
References
Nisa, I. K. (2021, November 17). Dakwah Media Sosial Sebuah Peluang dan Tantangan. Diambil kembali dari www.hmjpaiuinwalisongo.or.id: https://www.hmjpaiuinwalisongo.or.id/2021/11/dakwah-media-sosial-sebuah-peluang-dan.html
Rizaty, M. A. (2022, November 28). Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022. Diambil kembali dari dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/indonesia-miliki-9738-juta-pengguna-instagram-pada-oktober-2022
Syamsuriah. (2019). Tantangan Dakwah di Era Milenial. Jurnal Ilmiah Islamic Resources FAI-UMI, 164-174.
Tyas, Q. C. (2020, September 25). PERKEMBANGAN DAKWAH DI ERA DIGITAL. Diambil kembali dari alrasikh.uii.ac.id: https://alrasikh.uii.ac.id/2020/09/25/perkembangan-dakwah-di-era-digital/
Zaki, M. N. (2023, Januari 1). Strategi dan Tantangan Dakwah. (R. N. Putri, Pewawancara)