STRATEGI DAKWAH PADA KOMUNITAS XKWAVERS
DOI:
https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2778Keywords:
dakwah, keagamaan, gelombang koreaAbstract
This research is motivated by the phenomenal K-Wave phenomenon in Indonesia now, K-Wave in Indonesia now regardless of age. In fact, as if it has become a new lifestyle among Indonesian people, everything that comes from Korea will become a trend in Indonesia. But what has often been a problem until now is the lack of awareness to deepen religious knowledge. There are lots of Muslim Kpopers in Indonesia who really idolize everything about Korea, from food, lifestyle, actresses and actors, Korean dramas, clothing trends, music, boy bands and girl bands. With the existence of K Wave, the Indonesian people are very much influenced by K Wave in all aspects of their lives, this is what made the Xkwavers community take the initiative to create several programs for Muslim KPopers, in which there are units such as X – School, XK – Playlist, Unclock Ramadan, Study Tour. Therefore the writer is interested in analyzing it. This study uses a qualitative descriptive method to collect detailed descriptive data that will describe this research. The results of this study have explained that KPopers are not just fans of Korean Wave but we are also extra fans. religious teachings or preaching in the life of KPopers. This explains that in the era of the K wave in Indonesia Muslim K-Popers can practice their religion and preferences for Korean wae in a balanced and correct way that religion and da'wah remain number 1.
penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena K – Wave yang sangat fenomenal di Indoensia sekarang, K – Wave di Indonesia sekarang ini tidak memandang umur. Bahkan seolah – olah telah menjadi gaya hidup baru di kalangan masyarakat Indonesia, segala hal yang datang dari Korea akan menjadi trend di Indoensia. Namun yang sering menjadi masalah sampai saat ini adalah kurangnya kesadaran untuk memperdalam ilmu agama. Ada banyak sekali KPopers muslim di Indonesia yang sangat mengidolakan semua hal tentang Korea, dari mulai makanan, gaya hidup, aktris dan actor , drama Korea, trend pakaian, music, boyband dan girlband. Dengan adanya K Wave ini masyarakat Indonesia sangat terpengaruh oleh K Wave dalam segala aspek kehidupannya, hal ini yang membuat komunitas Xkwavers berinisiatif untuk membuat beberapa program untuk para KPopers muslim, yang di dalamnya terdapat unit – unit seperti X – School, XK – Playlist, Unclock Ramadhan, Study Tour. Oleh karena itu penulis tertarik untuk menganalisis hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data secara rinci yang bersifat deskriptif yang akan menggambarkan penelitiian ini. Hasil dari penelitian ini telah menjelaskan bahwa KPopers tidak sekedar menjadi fans Korean Wave tapi kita juga menjadi fans yang extra maksud extra disini adalah menjadi fans yang tidak hanya sekedar menyukai dan terinspirasi, tetapi juga merealisasikan inspirasi yang didapatkan dari para idol Korea didalam kehidupan KPopers dan menanamkan ajaran agama atau dakwah di kehidupan KPopers. Hal ini menjelaskan bahwa di era K wave di Indonesia para KPopers muslim bisa menjalankan agamanya dan kesukaannya terhadap Korea wae secara seimbang dan pembagiannya yang benar bahwa agama dan dakwah tetap menjadi nomor 1.
References
Bok-Rae, K. (2015). Past, present and future of Hallyu (Korean Wave). American International Journal of Contemporary Research, 5(5), 154-160.
Bobyreva, E., Zheltuhina, M., Dmitrieva, O., & Busygina, M. (2018). Role and Place of Religious Consciousness in Culture Formation. In SHS Web of Conferences (Vol. 50, p. 01035). EDP Sciences.
https://doi.org/10.1051/shsconf/20185001035
Raco, J. (2018, July 18). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Rahmasari, A., Shaleh, K., & Nasir, M. A. (2022). Strategi Dakwah Program X-School dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.1243
Shim, D. (2006). Hybridity and the rise of Korean popular culture in Asia. Media, Culture & Society, 28(1), 25–44. https://doi.org/10.1177/0163443706059278
Syamsudin, R. S. (2009). Strategi dan Etika Dakwah Rasulullah SAW. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4(14), 793-808. DOI: https://doi.org/10.15575/idajhs.v4i14.422
Valentina, A., & Istriyani, R. (2013). Gelombang Globalisasi ala Korea Selatan. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(2).
Yuliawan, B. A. P., & Subakti, G. E. (2022). Pengaruh Fenomena Korean Wave (K-Pop Dan K-Drama) Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemarnya Perspektif Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 18(1), 35-48. https://doi.org/10.20414/jpk.v18i1.5195