https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

STRATEGI DAKWAH DESAIN VISUAL GRAFIS PADA MEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM

Authors

  • Afifah Nur Zahra Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2729

Keywords:

Strategi, Instagram, Media Dakwah

Abstract

This paper discusses the strategy of graphic design dakwah (proselytization) on social media on Instagram. Dakwah is the responsibility of every Muslim, regardless of their profession. It began with the arrival of Prophet Muhammad, who was sent to the earth for the first time to proselytize. With the development of the times, in the 21st century, the phenomenon of globalization has occurred, marked by the first entry of technology and then the use of the internet and other applications. Social media (social network) is an extension of the virtual world (cyber space). Many proselytizers currently use social media to convey their message. Dakwah on social media faces many challenges, not a few people on social media agree with the delivery of dakwah on social media. However, through social media, dakwah will become a target that opens opportunities to provide information with positive things. The author uses social learning theory to find out how opportunities and obstacles exist on the proselytizers' Instagram accounts. Therefore, the author is very interested in analyzing this on Instagram social media. The results of this study have described the proselytization on social media on Instagram and are one way to convey and express the attitude of content creators in conveying dakwah following the development of media-based technology.

 

Tulisan ini menjelaskan tentang strategi dakwah desain grafis pada media sosial di instagram. Dakwah merupakan tanggungjawab setiap orang muslim, apapun profesinya. Berawal dari hadirnya Nabi Muhammad SAW yang diutus kemuka bumi untuk pertama kalinya berdakwah. Seiring perkembangan zaman, pada abad ke-21 telah terjadi sindrom globalisasi dimana pertama kali ditandai dengan masuknya teknologi yang kemudian dilanjutkan pengunaan internet dan berbagai aplikasi lainnya. Media sosial (sosial network) merupakan kelanjutan dari dunia maya (cyber space). Para pendakwah saat ini banyak memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan dakwahnya. Dakwah dalam media sosial sangat banyak tantangan yang dihadapi, tidak sedikit orang pada media sosial yang setuju dalam penyampaian dakwah dimedia sosial. walaupun demikian melalui media sosial dakwah akan menjadi sebuah sasaran yang membuka peluang untuk memberikan informasi dengan hal positif. Penulis menggunakan teori pembelajaran sosial untuk mengetahui bagaimana peluang hambatan pada akun pendakwah di Instagram. Oleh karenaitu, penulis sangat cukup tertarik untuk menganalisis hal tersebut pada media sosial Instagramnya. Hasil penelitian ini telah menggambarkan dalam berdakwah pada media sosial di Instagram dan merupakan salah satu cara untuk menyampaikan serta mengekspresikan sikap dalam diripara konten kreator dalam penyampaian dakwah mengikuti perkembangan teknologi berbasis media.

References

Istina Rakhmawati. (2016). Perkembangan Media Sebagai Sarana . AT_TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 49-70.

Wulansari, D. (2021). Media Massa Dan Komunikasi. Semanrang: Mutiara Aksara.

Virginia. (2012). Era Media Baru : Studi Kasus Penggunaan Facebook oleh Digital Nativies. Jurnal Komunikasi Indonesia, 77-85.

Wibowo, A. (2019, Juli-Desember). Penggunaan Media Sosial Sebagai Tren Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, vol.03, 345.

Hilda Rachmawati, S. M. (2021). Komunikasi Merek di Media Sosial & Penerapannya Pada Tv Berita. Yogyakarta: Deepublish.

Mahendra. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Prespektif Komunikasi). Jurnal Visi komunikasi, 151-160.

Nugroho, a. C. (2022, Oktober 27). Pengguna Instagram Tembus 2 Milyar, Makin Dekati facebook. Diambil kembali dari Ekonomi: https://ekonomi.bisnis.com/read/20221027/620/1591995/pengguna-instagram-tembus-2-miliar-makin-dekati-facebook

Rizaty, M. A. (2022, November 28). Indonesia memiliki 97,38 Juta pengguna Instagram pada Oktober 2022. Diambil kembali dari DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/indonesia-miliki-9738-juta-pengguna-instagram-pada-oktober-2022

Elfaruq, M. Y. (2016). Jurus Jitu Marketing Dakwah. Bogor: Al Azhar Freshzone Publishing.

Asmaniar. (2019). Instagram Sebagai Media Dakwah (Respon Followers Akun @Felixsiau dan @yusufmansurnew. Skripsi.

Ira Wahyudi, D. M. (t.thn.). Instagram Sebagai Saran Dakwah BAgi Perempuan Bercadar. 8-9.

Yuliastanti, A. (2008). Bekerja sebagai Desainer Grafis. Jakarta: Erlangga.

Meggs, d. (2006). Histry of Graphic Desaign .

Aisyah, U. (2016). Dakwah Simpatik : Meraih simpati Audiens di Era Global. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Reni Ferlitasari, S. a. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan REmaja. 1-18.

B, M. (2017). Eksistensi sosial remaja dalam Instagram (Sebuah Prespektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 151-160.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Zahra, A. N. (2022). STRATEGI DAKWAH DESAIN VISUAL GRAFIS PADA MEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM. HIKMAH : Jurnal Dakwah Dan Sosial, 101–111. https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2729

Issue

Section

Articles