PERAN MEDIA CENTER PWNU DALAM DAKWAH DI MEDIA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2728Keywords:
Media, Dakwah, NUAbstract
The The development of the media today has developed very quickly. It started with the emergence of print media, so many other media technology innovations have emerged. Competition that causes the development of communication and information technology also leads to social changes in society. The development of media technology also contributes to improving the standard of existing information and can be easily accessed by the public. The proselytizing media is also a force for a dai in carrying out his mission. A dai must understand the development of existing technology, so in the saying it is stated "a person who succeeds in acquiring technology then he rules the world"The intention of ruling the world, he must know that there are many great opportunities to preach with the media.
NU media is present as a very fast source of information and is needed by the public. In fact, there are many information media that contain religious knowledge such as excerpts of lecture content from a ustad and ustdazah as well as from inspiring stories of the companions of the prophet. Then the media can be a means of preaching anyone with writing or speech. And the development of proselytizing can also hammer the means of the media that publish it. So that the message of proselytizing conveyed through the media can be accepted and easily understood by listeners. And NU online is here to present information related to politics, socio-culture, astronomy, religious teachings, NU history, and so on. The programs in NU Online and other NU websites seek to address the practical need for information dissemination. In carrying out its activities, NU Online made adjustments in its communication methods via the internet. This is done because NU Online's reader segment is also varied. This adjustment is supported by the diversity of features and programs owned by NU Online, so that the messages and information conveyed can be received by the public easily and precisely.
Perkembangan media saat ini sudah berkembang sangat cepat. Diawali dengan munculnya media cetak, sehingga banyak inovasi teknologi media lainnya yang bermunculan. Persaingan yang menyebabkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi itu turut membawa pada perubahan sosial masyarakat. Perkembangan teknologi media juga turut meningkatkan standaritas informasi yang ada dan dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Media dakwah juga menjadi kekuatan bagi seorang dai dalam menjalankan misinya. Seorang dai harus faham akan perkembangan teknologi yang ada, maka dalam pepatah disebutkan “seseorang yang berhasil menggengkan teknologi maka dia menguasai dunia”Maksud dari menguasai dunia, ia harus mengetahui bahwa banyak peluang besar untuk berdakwah dengan media tersebut.
Media NU hadir menjadi sumber informasi yang sangat cepat dan dibutuhkan masyarakat. Bahkan banyak media informasi yang berisikan tentang pengetahuan agama seperti kutipan isi ceramah dari seorang ustad dan ustdazah maupun dari kisah kisah para sahabat nabi yang meninspirasi. Maka media bisa menjadi sarana berdakwah siapapun dengan tulisan maupun ucapan. Dan berkembangnya dakwahpun bisa memalui sarana media yang mempublikasikannyat. sehingga pesan dakwah yang disampaikan lewat media pun dapat diterima dan mudah dipahami oleh pendengar nya. Dan Nu online hadir untuk memenyuguhkan informasi-informasi terkait politik, sosial-budaya, astronomi, ajaran keagamaan, kesejarahan NU, dan sebagainya. Program-program yang ada dalam NU Online dan website Nu lainnya berupaya mengatasi kebutuhan praktis untuk penyebaran informasi. Dalam melakukan aktifitasnya, NU Online melakukan penyesuaian dalam metode komunikasinya melalui internet. Hal tersebut dilakukan karena segmen pembaca NU Online yang juga variatif. Penyesuaian tersebut didukung dengan keberagaman fitur serta program yang dimiliki oleh NU Online, agar pesan dan informasi yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat dengan mudah dan tepat
References
Dudi Rustandi. Konvergensi Komunikasi; Shifting Paradigm Komunikasi atau Chaos Komunikasi? (Jurnal Observasi, Vol. 6, No.2, 2008), hlm. 29
Dudi Rustandi. Konvergensi Komunikasi; Shifting ParadigmKomunikasi atau Chaos Komunikasi?(Jurnal Observasi, Vol. 6, No.2, 2008), hlm. 31
Warner J. Saverin & James W. Tankard. Teori Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. (Jakarta, Penerbit Kencama, 2005), hlm. 444
Warner J. Saverin & James W. Tankard. Teori Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa.Jakarta : Penerbit Kencana. 2005. Hlm. 445
Achmad Siddiq, Khittah Nahdliyyah (Surabaya: Khalista dan LTN NU Jawa Timur, 2005), 77 (Dakwah
Abdul Mun‟im DZ.Teknologi Sebagai Tradisi, Refleksi Pengalaman 4 Tahun NU Online. Jakarta: NU Online, 2007. Hlm. 7
Ibid, hlm. 122
media 10 Moh. Ali Aziz, Ilmu Dakwah (Jakarta:Kencana, 2004), h. 403.
https://jabar.nu.or.id/daerah/media-center-nu-kota-bandung-mengudara-XuH6y