ANALISA PESAN DAKWAH DA’I MUDA HUSAIN BASYABAN TERHADAP REMAJA PENGGUNA TIKTOK
DOI:
https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2726Keywords:
Teenagers, Tiktok, Dakwah MessagesAbstract
Ditengah arus Digitalisasi yang semakin canggih, Dakwah pun harus juga disampaikan sesuai dengan Era-nya. Salah satu media sosial yang sekarang amat digandrungi oleh kalangan remaja ialah platform Tiktok. Saat ini banyak kalangan ulama muda, memanfaatkan sarana aplikasi tersebut sebagai bahan untuk menyebarkan dakwah islami, salah satunya Husain Basyaiban. Konten dakwah yang dibawakan oleh tiktok Husain Basyaiban sangat erat pembahasannya dengan kehidupan remaja jaman sekarang. Oleh karena itu, bagi sebagian remaja yang memang tidak terbiasa pergi ke majlis setiap saat. Para remaja bisa banyak belajar mengenal, mengkaji lebih jauh islam melalui media social salah satunya Tiktok, tentu dengan sumber keilmuan yang jelas pahamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa isi pesan dakwah pada akun tiktok @basysasman00. Saat ini terdapat beberapa ulama muda, memanfaatkan aplikasi tiktok sebagai media menyebarkan dakwah islami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif dengan teknik pengumpulan data dan informasi melalui akun Tiktok @baysasman00. Hasil penelitian menunjukan bahwa banyak memperoleh pendapat positif. Dalam rumusan masalah ini membahas. Kenapa audience Husain Basyaiban di dominasi oleh kalangan remaja? 2. Bagaimana pesan dakwah Husain Basyaiban dalam video tiktoknya? alhasil peneliti mengutip dengan cara random tanpa mencermati jenjang pada sebagian konten dakwah beliau. Konten khotbah yang diposting Husain Basyaiban sesungguhnya ialah ulasan yang simpel, tetapi dapat menarik atensi ribuan pengikut nya. dari bidang penyampaiannya, mulai dari bahasa yang gampang dimengerti sampai artikulasi bagian Al-Quran ataupun haditspun dapat dipahami oleh para remaja.
In the increasingly sophisticated, digital currents, they should also be presented in accordance with his era. One of the social media currently widely embracing teenagers is the ticktock platform. Today many young clerics, using the application's tools as a material to spread islamic daknas, one of which is basyaiban. The raw content brought by the tiktok basyaiban reflects very closely on the adolescent life of today. Thus, for some youths who are not accustomed to going to the temple at all times. Teenagers can learn a lot from experience, delving deeper into Islam through social media, a tick-tock, of course, with an obvious scientific source.
The study was intended to analyze the content of the dakwah message on the @basysasman00 account. There are currently a few young clerics, using a ticktock application as a media platform spreading islamic dakwah. The study used deductive qualitative research methods with data and information collection techniques via tiktok account @baysasman00. Studies show that many get positive opinions. The content of the sermon posted on hussain basyaiban was really a simple commentary, but it could attract the attention of thousands of his followers. In the formula the problem is discussed. Why is the audience crying magic ruled by teenagers? 2. What about the occult message on the typewriter? Researchers thus quote in the way
References
Dakwah,APesan,‘SusantoAstrid,Komunikasi Dalam Teroti Dan Praktek, (Bandung: Bina Cipta 1997). h. 7. Samsul Munir Amin, Ilmu Dakwah (Jakarta: Amzah, 2009). h.1 .’, 17–41
repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/63748/1/DIAN%20NUR%20UTAMI-FDK.pdf
Palupi, Rismaka, Umi Istiqomah, Fella
Vidia Fravisdha, Nur Lail Septiana, and Ailyn Maharung Sarapil, ‘Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Di Era Modern’, Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 5.1 (2021), 89–104 <http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/4119>
Pratiwi, Clara Sinta, ‘Platform TikTok Sebagai Representasi Media Dakwah Di Era Digital Oleh’, JISAB The Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 2.1 (2022), 50–65
Sari, Anggita Falestyana, Lutfhia Ulfa Ni’amah, ‘Tiktok Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pesan Dakwah Akun Tiktok@ Baysasman00)’, E-Journal.Iai-Al-Azhaar.Ac.Id, 02.1 (2022), 31–44 <http://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/idaroh/article/view/504>
Wibowo, Adi, ‘Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital’, Jurnal Islam Nusantara, 03.02 (2019), 339–56