https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA YOUTUBE SEBAGAI STRATEGI DAKWAH DI ERA MILENIAL

Authors

  • Ahmad Zarkasyi Mukhtar Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2724

Keywords:

Dakwah, Youtube, Podcast

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi dakwah dengan menggunakan sosial media terhadap kaum milenial. Perkembangan teknologi kini semakin berkembang pesat bahkan tidak bisa terbendung oleh kontrol manusia. Meskipun mudahnya masyarakat dari mengaskses teknologi komunikasi dan informasi ternyata mengakibatkan adanya peralihan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Aplikasi Youtube menjadi salah satu wadah dakwah bukan hanya digunakan oleh ustadz-ustadz populer saat ini saja, melainkan situs ini di berbagai daerah dijadikan strategi berbagai kegiatan keagamaan, baik itu pengajian, ceramah, maupun dengan kegiatan yang bersifat keagamaan lainnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara. Wawancara dilakukan terhadap enam orang viewers atau penonton Youtube. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengobservasi dan mengetahui penggunaan media Youtube dengan konsep podcast yang digunakan pendakwah sebagai strategi penyebaran ajaran agama islam kepada khalayak. Subjek yang diteliti ialah sebanyak enam penonton saja. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kaum milenial termotivasi oleh konten dakwah dengan konsep podcast di youtube, karena sesuai dengan perkembangan zaman yang serba digital. Konten-konten dakwah melalui media sosial juga harus diperbanyak dan dikembangkan guna tersebar luasnya ajaran islam, guna membuka peluang juga bagi umat lain untuk belajar agama islam.

References

Arif Ramdan Sulaeman, A. F. (2020). Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh. Communication, 11 No. 1, 82.

Arifin, M. Z. (1991). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Athik Hidayatul Ummah, M. K. (2020). Podcast Sebagai Strategi Dakwah Di Era Digital: Aanalisis Peluang Dan Tantangan. Komunike, IX No. 2, 212.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 145.

https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-youtube-indonesia-terbesar-ketiga-di-dunia-pada-2022, 11 Mei 2022.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022, 09 Juni 2022.

https://tafsirweb.com/4473-surat-an-nahl-ayat-125.html. Lihat Q.S. An-Nahl: 125

Lincoln, N. K. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Patilima, H. (2013). Metode penelitian kualitatif: dilengkapi dengan panduan penggunaan software analisis kualitatif CDC EZ-text serta UU No. 18 Tahun 2002 tentang sistem Nasional, penelitian, pengembangan, dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Bandung: ALFABETA.

Sirajuddin, M. (2014). Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet (Peluang dan Tantangan). Al Irsyad Al-Nafs, 1 No. 1, 11.

Sukayat, T. (2015). Ilmu Dakwah Perspektif Filsafat Mabadi 'Asyarah. Bandung: SImbiosa Rekatama Media.

Waldan Warid Sitompul, S. M. (2022). Penelitian Tentang Youtube. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 2 No 2, 13.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Mukhtar, A. Z. (2022). PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA YOUTUBE SEBAGAI STRATEGI DAKWAH DI ERA MILENIAL. HIKMAH : Jurnal Dakwah Dan Sosial, 87–99. https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2724

Issue

Section

Articles