PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH PADA AKUN @HIJABALILA
DOI:
https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2709Keywords:
Instagram, Konten Dakwah, Hijab AlilaAbstract
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah oleh akun @hijabalila. Dewasa ini, dakwah sudah mengalami perkembangan yang signifikan selaras dengan teknologi yang kini kian maju. Kegiatan dakwah tidak hanya terpaku di masjid ataupun majelis ta’lim saja karena dengan keberadaan internet membuat kita dapat mengakses dan mendapatkan ilmu dakwah secara mudah dan efisien. Instagram adalah salah satu sarana yang dapat digunakan sebagai media dakwah. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial. Tak jarang ditemukan banyak Ustaz maupun Ustazah yang memanfaatkan media sosial ini sebagai tempat berdakwah baik melalui video, foto, ataupun tulisan yang dimana kita dapat dengan mudah mendapatkannya. Salah satu akun Instagram yang memanfaatkannya yaitu @hijabalila. Akun ini berisikan tentang dakwah yang dikemas dengan cara yang unik berupa foto, video dan juga kartun yang menarik dan variatif. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai bagaimana akun @hijabalila memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah dan apa saja pesan-pesan dakwah yang terdapat pada konten-kontennya. Metode yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang akun Instagram @hijabalila
References
Ulfa Fauzia Zahra, “Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah”, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol 1, No. 2 (2016) :60
Monavia Ayu Rizaty, DataIndonesia, "Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022", Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022 (dataindonesia.id),
Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag , Ilmu Dakwah, Jakarta, 2009, cet. 2, hlm. 6.
Muhammad Ivan Alfian, “Dakwah Fardiyah”, STAIN Kudus, Vol. 3 No.1 (2013) :68
Wikipedia, Sosial Media https://id.wikipedia.org › wiki › Media_sosial
Kristina, “Pengertian Dakwah Menurut Bahasa dan Istilah” https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5599206/pengertian-dakwah-menurut-bahasa-dan-istilah
Surat Ibrahim ayat 7 https://tafsirweb.com/4053-surat-ibrahim-ayat-7.html
Surat Al-Isra ayat 23 https://tafsirweb.com/4627-surat-al-isra-ayat-23.html
Surat Al-Maidah ayat 11 https://tafsirweb.com/1895-surat-al-maidah-ayat-11.html