https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH PADA AKUN @HIJABALILA

Authors

  • Gina Hafiza Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2709

Keywords:

Instagram, Konten Dakwah, Hijab Alila

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah oleh akun @hijabalila. Dewasa ini, dakwah sudah mengalami perkembangan yang signifikan selaras dengan teknologi yang kini kian maju. Kegiatan dakwah tidak hanya terpaku di masjid ataupun majelis ta’lim saja karena dengan keberadaan internet membuat kita dapat mengakses dan mendapatkan ilmu dakwah secara mudah dan efisien. Instagram adalah salah satu sarana yang dapat digunakan sebagai media dakwah. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial. Tak jarang ditemukan banyak Ustaz maupun Ustazah yang memanfaatkan media sosial ini sebagai tempat berdakwah baik melalui video, foto, ataupun tulisan yang dimana kita dapat dengan mudah mendapatkannya. Salah satu akun Instagram yang memanfaatkannya yaitu @hijabalila. Akun ini berisikan tentang dakwah yang dikemas dengan cara yang unik berupa foto, video dan juga kartun yang menarik dan variatif. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai bagaimana akun @hijabalila memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah dan apa saja pesan-pesan dakwah yang terdapat pada konten-kontennya. Metode yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang akun Instagram @hijabalila

References

Ulfa Fauzia Zahra, “Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah”, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol 1, No. 2 (2016) :60

Monavia Ayu Rizaty, DataIndonesia, "Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022", Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022 (dataindonesia.id),

Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag , Ilmu Dakwah, Jakarta, 2009, cet. 2, hlm. 6.

Muhammad Ivan Alfian, “Dakwah Fardiyah”, STAIN Kudus, Vol. 3 No.1 (2013) :68

Wikipedia, Sosial Media https://id.wikipedia.org › wiki › Media_sosial

Kristina, “Pengertian Dakwah Menurut Bahasa dan Istilah” https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5599206/pengertian-dakwah-menurut-bahasa-dan-istilah

Surat Ibrahim ayat 7 https://tafsirweb.com/4053-surat-ibrahim-ayat-7.html

Surat Al-Isra ayat 23 https://tafsirweb.com/4627-surat-al-isra-ayat-23.html

Surat Al-Maidah ayat 11 https://tafsirweb.com/1895-surat-al-maidah-ayat-11.html

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Hafiza, G. (2022). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH PADA AKUN @HIJABALILA. HIKMAH : Jurnal Dakwah Dan Sosial, 1–10. https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2709

Issue

Section

Articles