EFEKTIVITAS DAKWAH NAHDLATUL ULAMA DALAM APLIKASI NU ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KEISLAMAN NAHDLIYYIN
DOI:
https://doi.org/10.29313/hikmah.vi.2545Keywords:
dakwah, digital media, nu online appAbstract
This study discusses media and da'wah. Along with the times, technology and information have progressed rapidly. Everything that was conventional or traditional can now be done in a modern way, digitally. The same goes for preaching. In the past, da'wah was only carried out by way of sermons, through face-to-face meetings, or through routine recitations at the mosque. Currently, da'wah can be done by adapting to the times. Dakwah can be carried out through digital media that are easily accessible, as is the case with social media Instagram, Tiktok, Twitter, etc. However, this research will discuss da'wah in digital media, namely the NU Online application. Where at this time there are only NU Online applications from various Islamic organizations, as a special digital media for carrying out da'wah, with a variety of adequate features. Therefore, researchers are interested in discussing the effectiveness of Nahdlatul Ulama's da'wah in the NU Online application. The method used by researchers is a quantitative descriptive approach, which has the aim of collecting actual data that describes existing phenomena. The results of this study have illustrated that digital media or NU Online applications are effective in preaching activities. This is because the majority of community issues related to religion are answered in the NU Online application. The NU Online application also helps the majority of people in the religious field, so that NU Online is used as a reference by the community to find answers, ways, or solutions to religious problems
[Penelitian ini membahas terkait media dan dakwah. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi serta informasi mengalami kemajuan yang pesat. Segala sesuatu yang awalnya serba konvensional atau tradisional, kini dapat dilakukan dengan cara yang modern, secara digital. Begitu pula halnya dengan dakwah. Dahulu dakwah hanya dilakukan dengan cara khutbah, melalui tatap muka secara langsung, atau melalui pengajian rutin di masjid. Saat ini, dakwah dapat dilakukan dengan adaptasi terhadap perkembangan zaman. Dakwah dapat dilaksanakan melalui media – media digital yang telah mudah diakses, seperti halnya dalam media sosial Instagram, Tiktok, Twitter, dan lain sebagainya. Namun, pada penelitian kali ini akan membahas terkait dakwah pada media digital, yakni aplikasi NU Online. Di mana pada saat ini hanya terdapat aplikasi NU Online dari berbagai organisasi Islam, sebagai media digital khusus untuk melaksanakan dakwah, dengan beragam fitur yang memadai. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membahas efektivitas dakwah Nahdlatul Ulama pada aplikasi NU Online. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah pendekatan deskriptif kuantitatif, yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan data aktual yang menggambarkan fenomena yang ada. Hasil penelitian ini telah menggambarkan bahwa media digital atau aplikasi NU Online efektif dalam kegiatan berdakwah. Hal ini dikarenakan oleh, mayoritas persoalan masyarakat terkait keagamaan terjawab dalam aplikasi NU Online. Aplikasi NU Online pula membantu mayoritas masyarakat dalam bidang keagamaan, sehingga NU Online dijadikan rujukan oleh masyarakat untuk menemukan jawaban, cara, atau solusi dalam persoalan keagamaan.]
References
Andika Romadani, Y. F. (2021). Peran Media Sosial dalam Dakwah Islam Nahdlatul Ulama (Instagram @Nuonline_id). Prosiding Jurnalistik Volume 7, No. 1.
Aziz, M. A. (2008). Ilmu Dakwah. Surabaya: Kencana.
Darajat, Z. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Eko, S. (2016). "Dakwah Dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi.”. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam.
Japarudin. (2012). “Media Massa Dan Dakwah.”. Jurnal Dakwah XIII.
Lewis, B. K. (2009). Social Media and Strategic Communication Attitudes and Perceptions among College Students. Oklahoma: OSU Dissertations.
Putri, E. C. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH. repository.uinjkt.
Qadaruddin, M. (2019). “Pengantar Ilmu Dakwah”. Parepare: CV. Penerbit Qiara Media.
Ramadani, R. (2020). Efektivitas Dakwah Dalam Media Digital Untuk Generasi Z. OSFPREPRINTS.
Sarwono, B. K. (2018). Komunikasi Massa. 3rd ed. . Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora.
Syamsuddin. (2013). Buku Daras UIN Alauddin "Sosiologi Dakwah". Makassar: Alauddin University Press.
Thoha, H. A. (2006). Pendidikan Aswaja dan Ke-Nu-An. Surabaya: MYSKAT.
Watie, E. D. (2011). Communication and Social Media. The Messenger, 69-75.