Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Sekolah yang Berkualitas
DOI:
https://doi.org/10.29313/jde.v15i2.3976Keywords:
Kurikulum merdeka belajar, Sekolah, Pendidikan berkualitasAbstract
Kurikulum Merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek pada tahun 2020, termasuk kurikulum terbaru diharapkan dapat mendukung pengembangan kompetensi dan karakter yang saling komplementer dari peserta didik. Tujuan penulisan artikel ini yaitu secara khusus untuk mendeskripsikan dan menganalisis kurikulum yang dirancang efektif untuk menciptakan pendidikan berkualitas, serta kesiapan sekolah dalam implementasi merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yang didukung dengan sumber referensi yang relevan. Data sekunder diperoleh dari buku, artikel jurnal, prosiding, dan laporan penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasilnya menunjukkan bahwa Perancangan kurikulum diawali dengan perumusan kerangka kurikulum. Kesiapan sekolah dalam implementasi merdeka belajar terdapat beberapa tantangan yaitu: 1) Ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten; 2) Perubahan mindset guru dan kepala sekolah; 3) Ketersediaan sarana dan prasarana; 4) Keterlibatan pemangku kepentingan. Merdeka Belajar diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik.