Peningkatan Pendidikan Berkualitas pada Gen Z melalui Digitalisasi Berbentuk Algoritma AI
DOI:
https://doi.org/10.29313/jde.v15i2.3973Keywords:
Pendidikan berkualitas, Digitalisasi, Gen zAbstract
TPB/SDGs menargetkan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata pada Generasi Z. Penelitian "Peningkatan Pendidikan Berkualitas Pada Gen Z melalui Digitalisasi Berbentuk Algoritma AI" bertujuan mengembangkan inovasi digital untuk mencapai pendidikan berkualitas sesuai SDGs. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka untuk menyusun konsep dasar dan menjelaskan manfaat praktis digitalisasi dalam pendidikan Generasi Z sesuai dengan SDGs. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa digitalisasi merupakan sarana yang efektif untuk menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan dan keinginan belajar sepanjang hayat untuk semua jenjang pendidikan seperti yang dirumuskan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Adapun inovasi yang diperoleh meliputi inovasi melalui perbaikan cara menggunakan teknologi yaitu dengan mengubah cara pandang guru dan peserta didik terhadap teknologi AI dan inovasi melalui perbaikan teknologi yaitu dengan pembatasan dan kebijakan internet positif untuk mengendalikan teknologi. Dengan demikian penerapan inovasi diperlukan untuk memastikan bahwa teknologi digital dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan.