https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Konsep Waralaba Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Moh. Idil Ghufron Universitas Nurul Jadid
  • Inas Fahmiyah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.6371

Keywords:

Bisnis, Waralaba, Ekonomi Islam

Abstract

Perkembangan dunia industri semakin pesat, beraneka ragam usaha di buka dengan leluasa. Ada banyak kopsep yang digunakan dalam berbisnis, salah satunya ialah konsep waralaba. Konsep ini adalah salah satu model bisnis termudah dan telah terbukti keberhasilannya dalam dunia bisnis. Tulisan ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan bisnis sistem waralaba di Negeri kita Indonesia. Permasalahan yang akan dikaji adalah bagaimana perkembangan bisnis waralaba di Indonesia dan bagaimana perspektif ekonomi Islam tentang bisnis waralaba tersebut. Dalam Islam, sistem waralaba dikenal dengan nama syirkah yakni perserikatan antara dua orang atau lebih dan keuntungan dibagi sesuai kesepakatan bersama. Sistem bagi hasil adalah sistem pembagian keuntungannya menurut konsep syariah Ekonomi Islam.

References

Al-Mushlih, S. A.-S. dan A. (2013). Fikih ekonomi Islam. Jakarta: Darul-Haq.

Chudri, M. syarif. (2012a). Sistem ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Chudri, M. syarif. (2012b). Sistem Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Darmawan, W. (2008). Analisis Sistem Penetapan Franchise Fee Dan Royalty Fee Pada Franchise BRC.

Djazuli, A. (2011). Kaidah-kaidah Fikih (pertama). jakarta: kencana.

Ghufron, M. I. (2017). Konsep Mashlahah Maximizer Pada Hotel Syariah Perspektif Etika Bisnis Islam, 1(2), 131–143.

Idri. (2015). Hadis Ekonomi Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi (pertama). Jakarta: Kencana.

Laila, N. (2012). Pengantar ekonomi islam. malang: Kumi Advertising.

Linda, R. (2015). Ekonomi Islam Teori dan aplikasinya. PT. RadjaGrafindo Persada (Vol. 1).

Malik, C. (2007). Implikasi Hukum Adanya Globalisasi Bisnis Franchise. Hukum, 14(1), 97–113.

Maratun Shalihah. (2016). Konsep Syirkah Dalam Waralaba. Jurnal Tahkim (Vol. XII).

Mayasari, R. E. (2017). 247 waralaba (franchise) dalam sistem hukum islam dan hukum positif di indonesia, 19(2), 247–254.

Muhammad. (2004). Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Puji Sulistyaningsih. (2017). Sistem Bagi Hasil dalam Perjanjian Waralaba (Franchise) perspektif hukum Islam, 8(1), 139.

Rivai, M. M. (2012). Pengaturan Waralaba di Indonesia: Perspektif Hukum Bisnis. Liquidity, 1(2), 159–166.

Rusli, T. (2015). Analisis terhadap perjanjian waralaba (, 6(26).

Setiawan, D. (2013). Kerja Sama (Syirkah) Dalam Ekonomi Islam. Ekonomi, 21(September), 1–8.

Sinn., D. A. I. A. (2006). Manajemen sayriah sebuah kajian historis dan kontemporer. Jakarta: PT. RajdaGrafindo Persada.

Sukirno, Sa. (2006). Makro Ekonomi Pengantar bisnis edisi ketiga.

Suma, M. A. (2015). tafsir ayat ekonomi teks terjemah dan tafsir. jakarta: Amzah.

Syahrani, H. (2012). Bisnis Waralaba Di Indonesia Dalam Perspektif Hukum Bisnis Syariah. At-Taradhi, 3(2), 131–145.

Downloads

Published

2025-02-23