https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Tenaga Kerja terhadap Profitabilitas di PT. Bank Syariah Mandiri

Authors

  • Ira Siti Rohmah Maulida Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.6363

Keywords:

Campaign Costs, Labor Costs, Profitability

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur pengaruh biaya promosi dan biaya tenaga kerja terhadap profitabilitas. Metode pengumpulan data dengan menganalisi laporan keuangan terkait dengan profitabilitas, biaya promosi serta biaya tenaga kerja periode 2011 sampai 2015. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda. Pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan menggunakan sofware  eviews 7. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh biaya promosi serta biaya tenaga kerja secara simultan terhadap tingkat profitabilitas, diketahui bahwa Kemudian Nilai R-Square sebesar 0.677358 menunjukkan bahwa proporsi pengaruh variabel Biaya Promosi (X1) dan Biaya Tenaga Kerja (X2) terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Syariah Mandiri sebesar 67,73%, sedangkan sisanya sebesar 32,27% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam pembahasan ini.

The purpose of this study is to measure the effect of promotion costs and labor costs on profitability. Data collection method is done by analyzing financial statements related to profitability, promotion cost and labor cost period 2011 to 2015. Data analysis model used is multiple linear regression analysis. Hypothesis testing simultaneously or partially done by using software eviews 7. The results showed that the influence of promotion costs and labor costs simultaneously to the level of profitability, it is known that Then R-Square value of 0.677358 indicates that the proportion of influence of Promotion Cost (X1) and Labor Cost (X2) to Profitability (ROA) of Bank Syariah Mandiri of 67.73%, while the rest of 32.27% influenced other factors not examined in this discussion.

References

Sudarmadji, A. M., & Sularto, l. (2007). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan tipe kepemilikan perusahaan terhadap luas voluntary disclosure laporan keuangan tahunan. Seminar Ilmiah Nasional PESAT. Lembaga Penelitian Univers.

Adyani, L. R. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas (ROA). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: dari teori ke praktik. Gema Insani.

Arifin, Z. (2012). Dasar-dasar manajemen bank syariah. Pustaka Alvabet.

Dalfa, S., Tresnati, R., & Srisusilawati, P. (2018). Kajian Bauran Pemasaran Pembiayaan KPR Islamic Banking Menggunakan Analisis Swot (Studi Kasus pada BPRS Al Salaam Cabang Bandung). Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 696-701.

Darmawi, H. (2012). Manajemen Perbankan. jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, L., & Suhandi, S. (2013). Analisis Biaya Produksi dalam Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 1.2, 159-168.

Ibrahim, Z. (2013). HUKUM PENGUPAHAN YANG BERKEADILAN SUBSTANTIF (Kajian Teoritis Terhadap Teori Upah Teladan). Masalah-Masalah Hukum 42.2, 292-301.

Kuncoro, H. (2002). Upah Sistem Bagi Hasil dan Penyerapan Tenaga Kerja. Jurnal Ekonomi Pembangunan 7.1, 45-56.

laporan keuangan bank syariah. (n.d.). Retrieved from (http://www.syariahmandiri.co.id/category/investor-relation/laporan-triwulan/)

Moekijat. (2008). Administrasi Kantor. Bandung: Alumni.

Nurlaelah, & Falah, S. (2017). PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP NET PROFIT MARGIN (NPM) PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). The Asia Pacific Journal Of Management Studies 4.3.

Rahmawati, R. (2015). Strategi peningkatan efisiensi biaya pada bank umum syariah berbasis stochastic frontier approach dan data envelopment analysis. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan 17.4, 1-24.

Setiawan, A. (2013). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJAKARYAWAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KANJURUHAN MALANG. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 1.4.

Sistaningrum, W. (2002). Manajemen penjualan produk. Yogyakarta: kanisius.

Srisusilawati, P. (2017). Kajian Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Jasa Perbankan. AMWALUNA: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah 1.1, 1-18.

Downloads

Published

2019-01-31