https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Kajian Geometri Jalan Angkut dari Lokasi Loading Point Menuju Lokasi Dumping

Authors

  • Arif Mangkusagara Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung.
  • Zaenal Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Noor Fauzi Isniarno Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrtp.v4i2.5144

Keywords:

Produktivitas, Match Factor, Geometri Jalan

Abstract

Abstrak. PT Silva Andia Utama adalah perusahaan tambang batu andesit yang beroperasi di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dengan metode tambang terbuka (surface mining), perusahaan ini menghadapi tantangan dalam mencapai target produksi. Pada September 2023, produksi aktual hanya mencapai 13.654,65 BCM dari target 24.000 BCM, setara dengan 56,89%. Faktor utama yang menghambat adalah geometri jalan yang tidak sesuai standar dan ketidakserasian (match factor) antara alat gali-muat dan alat angkut. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan melakukan evaluasi teknis berbasis Keputusan Menteri ESDM 1827 tahun 2018 dan AASHTO 1965. Fokus evaluasi adalah perbaikan geometri jalan untuk mendukung produktivitas. Awalnya, match factor tercatat sebesar 0,42, dengan produksi 47,74 BCM/jam menggunakan 1 unit excavator Hitachi Zaxis 350 H dan 2 unit dump truck Mitsubishi Fuso 220 PS. Setelah optimasi, match factor meningkat menjadi 0,74, dengan produksi 87,02 BCM/jam. Hasilnya, produksi bulanan mencapai 24.887,94 BCM, melampaui target dengan persentase ketercapaian 103,70%. Kajian ini menunjukkan pentingnya evaluasi teknis dalam meningkatkan efisiensi operasional, terutama terkait geometri jalan dan penggunaan alat mekanis, untuk mendukung pencapaian target produksi perusahaan.

Abstract. PT Silva Andia Utama operates in the andesite stone mining sector, located in Batujajar District, West Bandung Regency, West Java. The company employs surface mining methods and faced challenges in September 2023 when actual production reached only 13,654.65 BCM, achieving 56.89% of the 24,000 BCM target. The shortfall was attributed to substandard road geometry and an inefficient match factor between loading and hauling equipment. To address these issues, a technical evaluation was conducted, referencing the Minister of Energy and Mineral Resources Decree 1827 of 2018 and AASHTO 1965 standards. The evaluation aimed to improve road geometry and optimize equipment performance. Findings revealed a match factor of 0.42 and production of 47.81 BCM/hour using one Hitachi Zaxis 350 H excavator and two Mitsubishi Fuso 220 PS dump trucks. Following optimization efforts, productivity increased to 87.02 BCM/hour, with the match factor improving to 0.74. Monthly production rose to 24,887.94 BCM, exceeding the target with a 103.70% achievement rate. This case highlights the critical role of technical evaluations in optimizing equipment operations and road conditions, ensuring effective and efficient achievement of production goals.

References

Ananda, N. N., & Anaperta, Y. M. (2019). Evaluasi Efisiensi Alat Gali-Muat Terhadap Produktivitas Setelah Delay Shift Change pada Pembongkaran Overburden Bulan Februari 2019 di Pit AB RTS (Roto South) Tambang Batubara PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite PT. Kideco Jaya Agung. Jurnal Bina Tambang, Vol. 4, No. 4.

Anonim. (1993). AASHTO Guide for Design of Pavement Structures. In American Association of State Highway and Transportation Officials.

Anonim. (2013). Hitachi Zaxis 350H – Zaxis-5G Series Specification.

Anonim. (2018). Keputusan Menteri ESDM 1827 K/30/MEM/2018. Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral.

Arif, I., & Adisoma, G. S. (2005). Perencanaan Tambang. Program Studi Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung.

Dimas Gumelar, Zaenal, & Elfida Moralista. (2024). Kajian Pengaruh Geometri Jalan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Alat Angkut. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 31–40. https://doi.org/10.29313/jrtp.v4i1.3817

Dynand, R. R., Linda Pulungan, & Rully Nurhasan. (2022). Evaluasi Produksi Crushing Plant Batu Andesit di PT. XYZ Pamoyanan Purwakarta. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 141–146. https://doi.org/10.29313/jrtp.v2i2.1412

Erlan Adiya Jamil, Indra Karna Wijaksana, & Zaenal. (2024). Kajian Geometri dan Daya Dukung Perkerasan Jalan pada Pengangkutan Batubara. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 73–82. https://doi.org/10.29313/jrtp.v4i1.3894

Eva Indriani Sanggalangi, Shalaho Dina Devy, & Windhu Nugroho. (2022). Analisis Pengaruh Number of Cycles Terhadap Pengujian Durabilitas Batulanau di Sidomulyo Samarinda. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 157–162. https://doi.org/10.29313/jrtp.v2i2.1618

Irham Firmansyah, Solihin, & Rully Nurhasan. (2022). Evaluasi Batas Nilai Efektif Kadar Sn Menggunakan Analisis Mikroskop dan UC Balance. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 9–14. https://doi.org/10.29313/jrtp.v2i1.780

Jamaluddin, F. (2023). Perancangan Geometri Jalan Tambang Pada Pit 3E PT. Aneka Nusantara Internasional. Indonesian Mining Professionals Journal, 5(1), 21–28. https://doi.org/10.36986/impj.v5i1.69

Laksana, V. B., & Iswandaru. (2022). Kajian Pengaruh Geometri Jalan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Alat Angkut pada Penambangan Andesit. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 147–156. https://doi.org/10.29313/jrtp.v2i2.1421

Mariki, I. W. W., Arpilanoor, D., & Heldayanti. (2021). ANALISA PRODUKTIVITAS EXCAVATOR KOMATSU PC 2000 PADA OVERBURDER REMOVAL DI PT. JHONLIN BARATAMA. Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, 6(2), 107–118. https://doi.org/10.20527/sjmekinematika.v6i2.194

Prodjosumanto, P. (1996). Pemindahan Tanah Mekanis.

Prodjosumarto, P. (1993). Tambang Terbuka (Surface Mining). Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung.

Rizki Purnama, Zaenal, & Noor Fauzi Isniarno. (2021). Kajian Teknis dan Ekonomis dalam Merencanakan Penggantian Alat Angkut Lama dengan Alat Angkut Baru di Area Penambangan Andesit PT XYZ Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 1(2), 123–131. https://doi.org/10.29313/jrtp.v1i2.412

Rizky Noor Fitriadi, Iswandaru, & Elfida Moralista. (2024). Pengaruh Geometri Jalan Terhadap Produktivitas Alat Angkut. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 41–48. https://doi.org/10.29313/jrtp.v4i1.3821

Sarmidi, S., Mases, Y., & Nuryanneti, I. (2023). Kajian Produktivitas Alat Gali-Muat dan Alat Angkut pada Pengupasan Overburden di PIT TSBC, Tambang Air Laya, PT. Bukit Asam, Tbk. Jurnal Surya Teknika, 10(2), 900–907. https://doi.org/10.37859/jst.v10i2.6400

Sukirman, S. (2015). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan (2nd ed.). Karyamanunggal Lithomas.

Suwandhi, A. (2004). Perencanaan Jalan Tambang Diktat Perencanaan Tambang Terbuka. Jurusan Teknik Pertambangan UNISBA.

Talawi, K., Sawalunto, K., Rizky, S. B., Putra, N., & Kasim, T. (n.d.). Evaluasi Teknis Geometri Jalan Angkut Produksi Sebagai Upaya Percapaian Target Produksi Batubara 20000 ton/bulan di Tambang Terbuka PT. Allied Indo Coal Jaya (AICJ). Jurnal Bina Tambang, 3.

Downloads

Published

2024-12-29