https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Geometri Jalan terhadap Produktivitas Batubara di Pit 2 Banko

Authors

  • Shoffan Shofa Hamdan Nurullah Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Dono Guntoro Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Indra Karna Wijaksana Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrtp.v4i1.3897

Keywords:

Rimpull, Jalan Tambang, Produktivitas

Abstract

Abstract. PT XYZ is a coal mining company that employs four mining stages in its operations: ripping, digging, loading, and hauling. The digging-loading equipment used is the Volvo 480D, and the hauling equipment is the Volvo FMX400. The hauling process significantly impacts the achievement of production targets. In January, the coal production from Pit 2 fleet 1 reached 93% of the production target. Several road geometry conditions can affect the speed of the hauling equipment, impacting the production targets. To address the issue of slowing hauling equipment, data such as the actual speed of the hauling equipment from each road segment, the weight of the hauling equipment, road geometry, and classification of resistance values are needed to determine the actual rimpull value. Reducing the rimpull value involves evaluating and improving the mining roads, considering factors such as road grade, cross slope, superelevation, and the surface material of the mining roads that affect the rolling resistance. Road grade changes were implemented in segments C-D and J-L. After evaluating and improving the roads, theoretically, the loaded travel time decreased to 3.1 minutes, and the empty travel time decreased to 1.8 minutes. Consequently, coal production increased from 91,826 BCM/month to 127,100 BCM/month, a production increase of 28.8%.

Abstrak. PT XYZ adalah perusahaan pertambangan batubara yang dalam proses penambangannya meliputi empat tahapan: ripping, digging, loading, dan hauling. Alat gali-muat yang digunakan adalah Volvo 480D, sementara alat angkutnya adalah Volvo FMX400. Proses pengangkutan sangat mempengaruhi pencapaian target produksi. Pada bulan Januari, produksi batubara di Pit 2 fleet 1 mencapai 93% dari target produksi. Beberapa kondisi geometri jalan mempengaruhi kecepatan alat angkut saat hauling, yang berdampak pada pencapaian target produksi. Untuk mengatasi perlambatan laju alat angkut, diperlukan data seperti kecepatan alat angkut aktual dari setiap segmen jalan, berat alat angkut, geometri jalan, dan klasifikasi nilai ketahanan untuk mengetahui besaran nilai rimpull aktual. Pengurangan nilai rimpull dilakukan dengan mengevaluasi dan memperbaiki jalan tambang, baik dari geometri jalan seperti grade, cross slope, dan superelevasi, maupun dari material permukaan jalan tambang yang mempengaruhi nilai rolling resistance. Perubahan grade jalan dilakukan pada segmen C-D dan J-L. Setelah evaluasi dan perbaikan jalan, secara teoritis, waktu berangkat bermuatan menjadi 3,1 menit, sedangkan waktu berangkat kosong menjadi 1,8 menit. Produksi batubara pun meningkat dari 91.826 BCM/bulan menjadi 127.100 BCM/bulan, atau terjadi kenaikan produksi sebesar 28,8%.

References

Pratama Erlangga, Studi Faktor Kepadatan Hauling Road Traffic Terhadap Produksi Batubara PT Bukit Asam Tbk. Sumatera: Universitas Sriwijaya, 2020.

Alfian Irviansyah, Identifikasi Batuan PAF, NAF, dan Uncertain. Melak, Indo J Chem, 2020.

Agung, Batu Split untuk Beton. Sulawesi Tenggara: Precast, 2018.

Awang Suwandhi, Perencanaan Jalan Tambang. Bandung: Universitas Islam Bandung, 2004.

Billy & Nyoman, Analisis Karakteristik Traksi serta Redesign Rasio Transmisi Articulated Bus TransJakarta, vol. 8. ITS, 2019.

R. P. Choudhary, Optimasi Sistem Penambangan Haul-Dump Load oleh OEE dan Match Factor untuk Tambang Terbuka. Jurnal Internasional Teknik Terapan dan Teknologi, 2015.

Dede Yusuf, Kajian Teknis Geometri Jalan Angkut Tambang. Yogyakarta: ITN, 2022.

S. Eriyane, Alat Gali Muat dan Angkut. Academia.edu., 2013.

Fahrizal Zulkarnain, Pemindahan Tanah Mekanis dan Peralatan Konstruksi. Medan: Umpsupress, 2020.

R. R. , I. E. , S. F. S. Ilahi, Kajian Teknis Produktivitas Alat Gali Muat (Excavator) Dan Alat Angkut (Dumptruck) Pada Pengupasan Tanah Penutup Bulan September 2013 Di Pit 3 Banko Barat PT Bukit Asam (Persero) Tbk UPTE. Jurnal Ilmu Teknik, 2014.

K. A. Zamhari, Campuran Aspal Untuk Iklim Tropis Indonesia. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan, 1998.

Kusrin, Pemindahan Tanah Mekanis dan Alat Berat. Semarang University Press, 2008.

J. W. Martin, Surface Mining Equipment, 1st ed. Martin Consultant, Inc., 1982.

D. P. , S. A. , S. I. Pramana, Kajian Teknis Produksi Alat Gali-Muat dan Alat Angkut Untuk Memenuhi Target Produksi Pengupasan Overburden Penambangan Batubara PT Citra Tobindo Sukses Perkasa Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi, 2nd ed., vol. 1. Jurnal Teknologi Pertambangan, 2015.

Putra Desandra, Pengaruh Perbaikan Rolling Resistance pada Jalan Angkut. UIN Syarif Hidayatullah, 2020.

Rehardjo Suparto, Lapisa Perkerasan Komposit Batu Pecah Kontruksi Jalan Hutan. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, 1987.

T. M. T. , Bochori. Sebastian. R., Evaluasi Metode Ripping Terhadap Fragmentasi Batubara Guna Meningkatkan Kinerja Ripper Bulldozer Dan Produktivitas Excavator Backhoe Di Tambang Banko Barat PT Bukit Asam (Persero) Tbk. Jurnal Pertambangan, 2018.

H. Subhan, Analisa Kemampuan Kerja Alat Angkut untuk Mencapai Target Produksi Overburden 240.000 BCM/bulan di Site Project Darmo PT Ulima Nitra Sumatera Selatan. Sumatera: Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, 2014.

Sudrajat, Operasi Penambangan Batubara. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2002.

Syaefudin, Analisis Pemanfaatan fly ash dan bottom ash sebagai material alternatif NAF untuk Pencegahan Air Asam Tambang. Jurnal Geosapta, 2020.

M. , R. N. dan R. B. Toha, Analisis Efisiensi Kerja dan Produktivitas Pengangkutan Batubara Sistem Shovel – Dump Truck, 3rd ed., vol. 3. Jurnal Teknik Pertambangan, 2019.

Weaver, Rippability Rating Chart. New York: ACSESS, 1975.

Tannant & Bruce, Guidelines for mine haul road design. 2001.

A. Tampubolon, “Optimasi Biaya Produksi Overburden dan Kaksa Menggunakan Program Linear dan Bunching Effect,” Jurnal Riset Teknik Pertambangan, pp. 27–34, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrtp.v3i1.1752.

P. Prodjosumarto, Pemindahan Tanah Mekanis. Bandung: Departemen Tambang Institut Teknologi Bandung, 1993.

Rahman, M. Azmi, dkk., Analisa Kelayakan Jalan Angkut Berdasarkan Geometri dan Material Perkerasan Jalan, Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas lambung Mangkurat, Jurnal GEOSAPTA Vol. 2 Juli 2016.

Riyanto, Thoni, dkk., 2016, Evaluasi Jalan Tambang Berdasarkan Geometri dan Daya Dukung pada Lapisan Tanah Dasar Pit Tutupan Area Highwall, Jurnal HIMASAPTA, Vol.1 No.2 50-56.

SKBI - 2.3.26, 1987, Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, Departemen Pekerjaan Umum, Indonesia.

Sukirman, Silvia, 1999, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Penerbit Nova, Bandung.

Sukirman, Silvia, 2010, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung.

Suwandhi, Awang, 2004, Perencanaan Jalan Tambang, Diklat Perencanaan Tambang Terbuka, Universitas Islam Bandung.

Downloads

Published

2024-07-24