https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Kajian Pengaruh Geometri Jalan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Alat Angkut

Authors

  • Dimas Gumelar Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Zaenal Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Elfida Moralista Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrtp.v4i1.3817

Keywords:

Rimpull, Geometri Jalan, Fuel Ratio

Abstract

Abstract. PT XYZ Tbk is a company engaged in the mining industry with one of its commodities in the form of bauxite located in Sanggau Regency, West Kalimantan Province. In the actual conditions in the research area there are several road geometries that are not in accordance with the standards set so that the production target is not achieved. In this research process, the road geometry at Bukit 30 Site is focused on the standardization of the hauling road to the washing plant area. Analysis using the comparative method is carried out on road geometry that refers to the Decree of the Minister of Energy and Mineral Resources No. 1827 of 2018 and the American Association of State Highways and Transportation Officials Based on the actual research results, the actual productivity in the field of hauling equipment is 32.23 BCM / hour / tool with an average fuel consumption of 10.06 liters / hour and a Fuel Ratio of 0.31 liters / BCM. After simulating the road geometry improvement process using software, recommendations are obtained to increase tool productivity and reduce Fuel Ratio with road grade standardization of no more than 8%. Then obtained an increase in productivity of 69.4 BCM / hour / tool recommendations with the achievement of production of 126,469.04 tons / month with an average fuel consumption of 7.35 liters / hour and a Fuel Ratio of 0.1 liters / BCM.

Abstrak. PT XYZ Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha industri pertambangan dengan salah satu komoditasnya berupa bauksit yang berlokasi di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Pada kondisi aktual di daerah penelitian terdapat beberapa geometri jalan yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan sehingga, target produksi tidak tercapai. Dalam proses penelitian ini dilakukan terhadap geometri jalan pada Site Bukit 30 yang berfokus pada standarisasi jalan hauling menuju area washing plant. Analisis menggunakan metode komperatif dilakukan terhadap geometri jalan yang mangacu pada Keputusan Menteri ESDM No. 1827 tahun 2018 dan American Association of State Highways and Transportation Officials Berdasarkan hasil penelitian secara aktual maka didapatkan produktivitas aktual di lapangan alat angkut 32,23 BCM/jam/alat dengan rata-rata konsumsi bahan bakar alat angkut 10,06 liter/jam dan Fuel Ratio sebesar 0,31 liter/BCM. Setelah melakukan proses simulasi perbaikan geometri jalan menggunakan perangkat lunak maka didapatkan rekomendasi untuk peningkatan produktivitas alat dan pengurangan Fuel Ratio dengan standarisasi grade jalan tidak lebih dari 8%. Maka didapatkan peningkatan produktivitas rekomendasi alat angkut 69,4 BCM/jam/alat dengan tercapainya produksi sebesar 126.469,04 ton/bulan dengan rata-rata konsumsi bahan bakar alat angkut 7,35 liter/jam dan Fuel Ratio sebesar 0,1 liter/BCM.

References

Adnyano. A. A. Inung Arie., Keserasian Alat Gali-Muat dan Alat Angkut Pada Kegiatan Pengambilan Lumpur dan Tanah Pucuk di PT. Newmont Nusa Tenggara Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bandung: Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Bandung, 2018.

A. Ramadhani Setiawan, M. Khalid Syafrianto, M. Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Tanjungpura Pontianak, and D. Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Tanjungpura Pontianak, “PERENCANAAN PEMBUATAN JALAN TAMBANG PADA MINE DEVELOPMENT AND SGA PLANT PROJECT PT. ANTAM TBK, KOMODITAS BAUKSIT, KABUPATEN MEMPAWAH, PROVINSI KALIMANTAN BARAT,” 2019.

Anonim, AASHTO guide for Design of Pavement Structures. America: American Association of State Highway and Transportation Officials, 1993.

Anonim, Handbook Hino Ranger FM 260 JD. Japan, 2020.

Anonim, Reliable Solutions Zaxis 350H. Japan, 2019.

Anonim, Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827 K/30/MEM/2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, 2018.

Ahmad Fathurrohman, Perancangan Sequence Backfill Di Lokasi Bukit 7A Baru Studi Kasus PT ANTAM. Tbk UBP Bauksit Tayan. Kabupaten Sanggau. Kalimantan Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.

Astika Prasiddha Sasyri Wilatikta, Kajian Genesa Endapan Bauksit Tambang Tayan. Kalimantan Barat Berdasarkan Karakteristik Geokimia dan Mineralogi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2017.

Fachrul Rozi Ramadhan. Yoga Aribowo. Dian Agus Widiarso. Dedi Sunjaya. Betraz A., Geologi. Karakteristik dan Genesa Endapan Laterit Bauksit PT ANTAM Tbk. Unit Geomin Daerah Kenco Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat. Kalimantan Barat: PT. ANTAM Tbk Unit Geomin Site Landak, 2017.

Indonesianto. Yanto., Pemindahan Tanah Mekanis. UPN “Veteran” Yogyakarta, 2008.

Lesmana. G.. Zaenal. Z.. & Iswandaru. I., Kajian Teknis Produktivitas Alat Gali- Muat dan Alat Angkut pada Kegiatan Penambangan Batubara di PT Rajawali Internusa Desa Muara Laway. Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat. Provinsi Sumatera Selatan, 1st ed., vol. 7. Prosiding Teknik Pertambangan, 2021.

Musryatun, Kajian Teknis Alat Muat dan Alat Angkut Pada Pengupasan Overburden di Front Wangler UBPN Sultra Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka. Provinsi Sulawesi Tenggara. UPN ”Veteran” Yogyakarta, 2019.

P. S. W. Muhammad Mayadi, Perolehan Al2O3 dan SiO2 pada Pencucian Bijih Bauksit di PT Dinamika Sejahtera Mandiri Kecamatan Toba. Kabupaten Sanggau. Provinsi Kalimantan Barat. Universitas Islam Bandung, 2019.

M. Farhan Hidayat, Zaenal, and K. Wijaksana, “Prosiding Teknik Pertambangan Analisis Geometri Jalan pada Penambangan Andesit PT,” 2021, doi: 10.29313/pertambangan.v0i0.30847.

S. Ais Fatmi Sitangger and M. Khalid Syafrianto, “KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT HINO FM 260 JD PADA PENAMBANGAN GALENA PT KAPUAS PRIMA COAL, TBK KABUPATEN LAMANDAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH,” 2019.

A. Noorraya and I. Karna Wijaksana, “Prosiding Teknik Pertambangan Perencanaan Jalan Transportasi Batubara dari Stockpile Menuju Dermaga oleh PT Atrya Swascipta Rekayasa di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Hauling Design for Coal Transportation from Stockpile to Dock by PT Atrya Swascipta Rekaya at Tapin Regency Province,” 2019.

D. Tannant, “Guidelines for Mine Haul Road Design,” 2001.

Partanto. Prodjosumarto, Pemindahan Tanah Mekanis. Departemen Pertambangan Institut Teknologi Bandung, 1993.

Partanto. Prodjosumarto, Tambang Terbuka (Surface Mining). Departemen Pertambangan Institut Teknologi Bandung, 1993.

Zailani. M. A., Kajian Teknis Peningkatan Korelasi Rencana Cycle Time Alat Angkut Di Pit Kwest PT. Kaltim Prima Coal Kalimantan Timur, 1st ed., vol. 2. Jurnal Ilmu Teknik Sriwijaya, 2014.

Sufriadin, F. Mawardi, and Sri Widodo, “Analisis Pengaruh Ukuran Butir Terhadap Desulfurisasi dan Deashing Batubara Menggunakan Larutan NaOH,” Jurnal Riset Teknik Pertambangan, pp. 15–26, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrtp.v3i1.1681.

Downloads

Published

2024-07-23