Pengaruh Geometri Jalan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Pengupasan Overburden Tambang Batubara

Authors

  • Tendi Fernando Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Zaenal Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Sriyanti Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrtp.v3i1.2144

Keywords:

Geometri Jalan, Bahan Bakar, Fuel Ratio

Abstract

Abstract. Overburden loading activities use Liebherr 9200 with actual production of 721.43 BCM/hour while the production target is 800 BCM/hour, transportation uses Komatsu HD 785 with 720.56 BCM/hour while the production target is 800 BCM/hour, and fuel ratio the actual is 0.28 liters/BCM while the target fuel ratio is 0.20 liters/BCM. The purpose of this study is to determine the condition of the road geometry, the production of mechanical devices, the average fuel consumption, and the value of the fuel ratio. The road geometry analysis is guided by the AASHTO (American Association of State Highway and Transportation Officials) theory by observing the width of the road in straight conditions, the width of the road in bend conditions, and the slope of the road which is 12%, in addition, data on fuel consumption, circulation time, holding time, filling factor, and expansion factor. The road geometry in the study area is the width of the road in straight conditions for segments A-B, C-D, D-E, E-F, F-G, and I-J while the road width for bends in segments A-B, D-E, F-G, H-I, J-K, and M-N, the slope of the road in the F-G segment i.e. 14.22% is still not in accordance with AASHTO standards so it needs to be repaired. The production of transportation equipment repairs was 980.48 BCM/hour, so that the production target was achieved. The average fuel consumption for loading equipment is 51.2 liters/hour. The fuel ratio value after repair was obtained at 0.20 liters/BCM.

Abstrak. Kegiatan pemuatan overburden mengunakan Liebherr 9200 dengan produksi aktual sebesar 721,43 BCM/jam sedangkan target produksi sebesar 800 BCM/jam, pengangkutan menggunakan Komatsu HD 785 dengan sebesar 720,56 BCM/jam sedangkan target produksi sebesar 800 BCM/jam, dan fuel ratio aktual 0,28 liter/BCM sedangkan target fuel ratio sebesar 0,20 liter/BCM. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kondisi geometri jalan, produksi alat mekanis, rata-rata konsumsi bahan bakar, dan nilai fuel ratio. Analisis geometri jalan berpedoman pada teori AASHTO (American Association of State Highway and Transportation Officials) dengan mengamati lebar jalan pada kondisi lurus, lebar jalan pada kondisi tikungan, dan kemiringan jalan yaitu sebesar 12%, selain itu diperlukan data konsumsi bahan bakar, waktu edar, waktu hambatan, faktor pengisian, dan faktor pengembangan. Geometri jalan pada daerah penelitian seperti pada lebar jalan pada kondisi lurus segmen A-B, C-D, D-E, E-F, F-G, dan I-J sedangkan lebar jalan pada kondisi tikungan segmen A-B, D-E, F-G, H-I, J-K, dan M-N, kemiringan jalan pada segmen F-G yaitu 14,22% masih belum sesuai dengan standar AASHTO sehingga perlu dilakukanya perbaikan. Produksi perbaikan alat pengangkutan sebesar 980,48 BCM/jam, sehingga target produksi tercapai. Rata-rata konsumsi bahan bakar alat pemuatan yaitu sebesar yaitu sebesar 51,2 liter/jam. Nilai fuel ratio setelah perbaikan didapatkan sebesar 0,20 liter/BCM.

References

Anonim, 1973, “AASHTO Guide for Design of Pavement Structures”, America, American Association of State Highway and Transportation Officials Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003.
[2] Anonim, 2019 , “Data Curah Hujan Kabupaten Kotabaru”, Badan Pusat Statistik, Kotabaru, Kalimantan Selatan.
[3] Anonim, 2016, “Komatsu Specifications & Application Handbook”, Japan.
[4] Anggraini, Mila, 2019, “Perhitungan Perbandingan Fuel Ratio Plan dan Fuel Ratio Aktual Alat Angkut Articulated Dump Truck Cat D400E Kegiatan Stripping Overburden”, Politeknik Akamigas Palembang.
[5] Banerjee, 2010, “Energy Performance of Dump Truck in Openchas Mine”, Lausane, Switzerland.
[6] Effendi, Kadir, 2008, “Pemindahan Tanah Mekanis”, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.
[7] Kurniawan, Andi, 2019, “Pengaruh Geometri Jalan Sebelum dan Setelah Perbaikan Jalan Terhadap Produktivitas dan Konsumsi Bahan Bakar serta Rasio Bahan Bakar”, Jurnal Pertambangan, Universitas Sriwijaya, Palembang.
[8] Laksana, Vidy, Bayu, 2022, “Kajian Pengaruh Geometri Jalan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Alat Angkut Pada Penambangan Andesit”, Spesia, Universitas Islam Bandung.
[9] Nabella, Merlin, 2016, “Analisis Kemiringan Jalan dan Jarak Angkut Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Fuel Ratio pada Kegiatan Penambangan Batuan Andesit di PT Gunung Sampurna Makmur, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat”, Spesia, Universitas Islam Bandung.
[10] Nurochman, Bama, 2019, “Analisis Konsumsi Bahan Bakar Alat Angkut Komatsu HM 400-3R Pada Pengupasan Overburden Bulan Maret 2019 Tambang Batubara di Pit GS Jobsite LHI PT Mitra Indah Lestari, Kota Samarida, Provinsi Kalimantan Timur”, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta.
[11] Prodjosumarto, Partanto, 1993, “Pemindahan Tanah Mekanis”, Institut Teknologi Bandung.
[12] Prodjosumarto, Partanto, 1993, “Tambang Terbuka (Surface Mining)”, Institut Teknologi Bandung.
[13] Rochmanhadi, 1985, “Alat Berat dan Penggunaanya”, Departemen Pekerjaan Republik Indonesia, Jakarta.
[14] Sukiman, Silvia, 1999, “Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan”, Nova, Bandung.
[15] Tenriajeng, A.T, 2003, “Pemindahan Tanah Mekanis atau Alat Berat”, Gunadarma, Depok.
[16] Wedhanto, Sonny, 2009, “Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis”, Universitas Negeri Malang.
[17] Wincono, R, Rinaldi, 2019, “Analisis Pengaruh Kemiringan Jalan Angkut Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dump Truck Hino 500 FG 235 JJ”, Jurnal Penelitian Tambang, Universitas Papua.
[18] Winukir, Gesang, 2022, “Kajian Geometri Jalan Angkut Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Alat Angkut Dump Truck Pada Penambangan Batu Andesit di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta”, Jurnal Pertambangan dan Lingkungan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta.
[19] Yanto, 2014, “Pemindahan Tanah Mekanis”, Program Studi Teknik Pertambangan Veteran UPN, Yogyakarta.
[20] Zara, M & Prabowo, H, 2020, “Kajian Teknis Geometri Jalan Angkut dan Pengaruhnya Terhadap Produksi Alat Angkut Pada Penambangan Batu Andesit”, Jurnal Bina Tambang.

Downloads

Published

2023-07-20