Analisis Lamanya Penimbunan Terhadap Swabakar pada Stockpile Produk Batubara PT. XYZ

Authors

  • Dandi Maulana Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Solihin Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrtp.v2i2.1191

Keywords:

Stockpile, Swabakar, Lama Penimbunan

Abstract

Abstract. PT XYZ is a company engaged in the mining sector with coal mining commodities. In meeting consumer needs, the products sold must be based on an agreement between the company and the consumer. This agreement covers the quality, quantity and selling price. To meet the quality that must be done, it is necessary to control and maintain from the start of the mining process until it is accepted by consumers. Coal that has been mined is generally not directly distributed to consumers, but there are several stages that must be passed. In this stage it is stored in a storage area called a stockpile. One of the things that affect the quality and quantity of coal in stock is the problem of self-burning (spontaneous combustion). Self-burning occurs due to coal that has been stacked for too long so that it is exposed to air. Because basically the longer the coal is exposed to air, the more likely it is that the coal will undergo oxidation, which means the greater the possibility of self-burning. The sampling technique is to make 3 artificial piles, each pile as much as 1 Bucket Wheel Loader and then stockpiled in a clean area and tested. The tests carried out are temperature monitoring and coal quality testing. From the tests carried out, it is proven that the length of stockpiling affects the self-burning and changes in quality.

Abstrak. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dengan komoditas yang ditambang nya berupa batubara. Dalam memenuhi kebutuhan konsumen, hasil produk yang di jual harus berdasarkan pada kesepakatan antara perusahaan dan konsumen. Kesepakatan ini meliputi kualitas, kuantitas dan harga jual. Untuk memenuhi kualitas yang telah di sepakati maka perlu adanya pengontrolan dan perawatan dari mulai proses penambangan berlangsung hingga diterima oleh konsumen. Batubara yang telah di tambang umumnya tidak langsung didistribusikan ke pihak konsumen, namun terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui. Dalam tahapan tersebut batubara disimpan di tempat penyimpanan yang disebut dengan stockpile. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas batubara pada stockpile yaitu permasalahan swabakar (spontaneous combustion). Swabakar terjadi akibat batubara yang ditumpuk terlalu lama sehingga terekspose dengan udara. Karena pada dasarnya semakin lama batubara terekspos dengan udara, akan semakin besar kemungkinan batubara tersebut mengalami oksidasi yang berarti semakin besar pula kemungkinan terjadinya swabakar. Teknis pengambilan sampel yaitu membuat 3 timbunan buatan, masing-masing timbunan sebanyak 1 Bucket Wheel Loader kemudian di timbun di area yang clean dan dilakukan pengujian. Pengujian yang dilakukan yaitu monitoring temperatur dan pengujian kualitas batubara. Dari pengujian yang dilakukan terbukti bahwa lama penimbunan mempengaruhi swabakar dan perubahan kualitas.

References

Sukandarrumidi, Batubara dan Gambut. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1995.

Ilya Rahma Putri dan Dudi Nasrudin Usman, “Analisis Kualitas Batubara Berdasarkan Korelasi Nilai HGI, Moisture Content, dan Volatile Matter,” Jurnal Riset Teknik Pertambangan, hlm. 57–64, Jul 2022, doi: 10.29313/jrtp.v2i1.997.

D. Hiventa Widodo, “Evaluasi Manajemen Stockpile Batubara untuk Mencegah Terjadinya Swabakar (Studi Kasus: PT. Miyor Pratama Coal),” Padang, 2018.

A. JolO, “Manajemen Stockpile untuk Mencegah Terjadinya Swabakar Batubara di PT. PLN (Persero) Tidore,” Jurnal Teknik Dintek, vol. 10, no. 02, 2017.

R. A. Rusyada, D. P. W. Adji, T. A. Cahyadi, E. Nursanto, K. Gunawan, dan R. Darmawan, “Kajian Teknis Kesiapan ROM Stockpile untuk Rencana Peningkatan Produksi Batubara,” Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara, vol. 18, no. 1, hlm. 23–33, Jan 2022, doi: 10.30556/jtmb.Vol18.No1.2022.1180.

F. Rahmadani, “Analisis Pengaruh Suhu pada Pola Timbunan Terhadap Potensi Swabakar pada Skala Laboratorium,” 2020.

A. Alfarisi dan D. M. Asyik, “Analisis Potensi Self Heating Batubara pada Live Stock dan Temporary Stockpile Banko Barat PT. Bukit Asam,” 2017.

F. I. Sugianto dkk., “Quality Control Batubara dari Channelpit Menuju Stockpile PT. Kuasing Inti Makmur,” 2020.

A. Vito Palox, R. Abdullah, dan Y. Mingsi Anaperta, “Kajian Teknis Penimbunan Batubara pada ROM Stockpile Untuk Mencegah Terjadinya Swabakar Di PT. Prima Dito Nusantara, Job Site KBB, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi,” Jurnal Bina Tambang, vol. 3, no. 3.

M. N. Filah, E. Ibrahim, Y. B. Ningsih, dan J. T. Pertambangan, “Analisis Terjadinya Swabakar dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Batubara pada Area Timbunan 100/200 pada Stockpile Kelok S di PT. Kuansing Inti Makmur,” 2020.

Downloads

Published

2022-12-20