https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Produk Cacat Kemeja PDH di PT. XYZ

Authors

  • Resfi Panji Swara Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Puti Renosori Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Iyan Bachtiar Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrti.v4i2.5489

Keywords:

Kualitas, Produk Cacat, Pengendalian Kualitas Statistik

Abstract

Abstrak. PT XYZ adalah perusahaan konveksi yang menghasilkan berbagai produk seperti seragam kerja dan Kemeja PDH. Penelitian ini fokus pada faktor-faktor penyebab cacat produk Kemeja PDH di PT. XYZ, menggunakan metode statistical quality control dengan menggunakan peta kendali, diagram pareto dan diagram sebab akibat. Data primer dikumpulkan melalui observasi langsung, sementara data sekunder diperoleh dari wawancara dan studi dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa cacat mayor dan minor pada produk disebabkan oleh faktor manusia, mesin, material, metode, dan lingkungan. Faktor-faktor ini meliputi kebersihan kerja yang buruk, bahan baku cacat, maintenance mesin yang kurang, SOP yang tidak lengkap, dan kondisi lingkungan yang tidak optimal. Usulan perbaikan meliputi peningkatan pengawasan, pengelolaan bahan baku yang lebih baik, perawatan mesin, penyusunan SOP yang jelas, dan perbaikan lingkungan kerja. Adanya usulan implementasi perbaikan, diharapkan kualitas produk Kemeja PDH dapat meningkat, mengurangi cacat, dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Abstract. PT XYZ is a garment manufacturing company that produces various products, including work uniforms and PDH (Official Civil Servant) shirts. This research focuses on the factors causing defects in PDH shirts at PT XYZ, using statistical quality control methods such as control charts, Pareto diagrams, and cause-and-effect diagrams. Primary data were collected through direct observation, while secondary data were obtained from interviews and document studies. The analysis results show that major and minor defects in the products are caused by human factors, machinery, materials, methods, and the environment. These factors include poor work cleanliness, defective raw materials, inadequate machine maintenance, incomplete SOPs, and suboptimal environmental conditions. Improvement suggestions include enhanced supervision, better raw material management, machine maintenance, clear SOP development, and workplace environment improvements. With the proposed implementation of these improvements, it is expected that the quality of PDH shirts will improve, defects will be reduced, and the company's operational efficiency will increase.

References

A. Kholil, “Analisis Dinamika Struktur Swing Arm Sepeda Motor Jenis Suspensi Monoshock Menggunakan Metode Elemen Hingga,” Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, 2013.

I. , dan S. I. H. , Muhammad, “Analisis manajemen risiko K3 dalam industri manufaktur di Indonesia,” pp. 335–343, 2021.

A. Kadim, Penerapan Manajemen Produksi & Operasi di Industri Manufaktur. Bogor: Mitra Wacana Media, 2017.

H. Tannady, Pengendalian kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.

Muhammad Yudio Saralino and Puti Renosori, “Usulan Perbaikan Kualitas Produk Menggunakan Metode SQCdan TRIZ,” Jurnal Riset Teknik Industri, pp. 49–58, Jul. 2024, doi: 10.29313/jrti.v4i1.3841.

R. Renaldi and D. S. Mulyati, “Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Restoran Menggunakan Metode Servqual dan Kano,” Jurnal Riset Teknik Industri, pp. 109–116, Dec. 2022, doi: 10.29313/jrti.v2i2.1245.

R. Renaldi and D. S. Mulyati, “Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Restoran Menggunakan Metode Servqual dan Kano,” Jurnal Riset Teknik Industri, pp. 109–116, Dec. 2022, doi: 10.29313/jrti.v2i2.1245.

Nadia Adzkia, D. S. Mulyati, and Selamat, “Usulan Perbaikan Kualitas Layanan di Bengkel Motor dengan Pendekatan Metode Servqual,” Jurnal Riset Teknik Industri, pp. 107–112, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrti.v3i2.2850.

Rizky Ferdiansyah, Iyan Bachtiar, and Selamat, “Pengendalian Kualitas dengan Metode Taguchi pada Produk Cat Tembok di Pt XYZ,” Jurnal Riset Teknik Industri, pp. 129–138, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrti.v3i2.2890.

P. Renosori, H. Oemar, and S. Fauziah, “Combination of FTA and FMEA methods to improve efficiency in the manufacturing company,” Acta logistica, vol. 10, no. 3, pp. 487–495, Sep. 2023, doi: 10.22306/al.v10i3.422.

C. V. dan T. H. Gunawan, Analisis kinerja proses dan identifikasi cacat dominan pada pembuatan bag dengan metode Statistical Proses Control, 1st ed., vol. 11. Bandung: Jurnal Riset Teknik Industri, 2016.

D. Rachmawati and ; M Mujiya Ulkhaq, “Aplikasi Metode Seven Tools Dan Analisis 5w+1h Untuk Mengurangi Produk Cacat Pada PT. BERLINA, TBK,” 2016.

Downloads

Published

2024-12-31