https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Perancangan Sistem Informasi Terintegrasi Berbasis Enterprise Resource Planning menggunakan Software Odoo di CV. XYZ

Authors

  • Aurellya Fadhilla Tunjung Sari Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Otong Rukmana Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Ahmad Arif Nurrahman Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrti.v4i2.5486

Keywords:

Enterprise Resource Planning (ERP), metode Framework for Application of System Thinking (FAST), Software Odoo

Abstract

Abstrak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk merancang sistem informasi terintegrasi berbasis ERP dengan software Odoo. Metodologi yang digunakan adalah Framework for the Application of System Thinking dan Commercial Application Package Implementation Strategy. Observasi dilakukan pada proses bisnis perusahaan untuk mengumpulkan data terkait pemesanan, produksi, penjualan, dan pengiriman produk. Kustomisasi Odoo dilakukan dengan mempertimbangkan modul website, live chat, e-commerce, CRM, sales, purchasing, accounting, project, manufacturing, dan inventory. Implementasi ERP menggunakan Odoo melibatkan berbagai modul untuk mengelola situs web, komunikasi pelanggan, penjualan online, pembukuan, pembelian, hubungan pelanggan, stok, dan produksi, yang diharapkan meningkatkan efisiensi dan akurasi operasional perusahaan.

Abstract. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk merancang sistem informasi terintegrasi berbasis ERP dengan perangkat lunak Odoo. Metodologi yang digunakan adalah Kerangka Kerja Penerapan Pemikiran Sistem dan Strategi Implementasi Paket Aplikasi Komersial. Observasi dilakukan terhadap proses bisnis perusahaan untuk mengumpulkan data terkait pemesanan, produksi, penjualan, dan pengiriman produk. Kustomisasi Odoo dilakukan dengan mempertimbangkan modul website, live chat, e-commerce, CRM, penjualan, pembelian, akuntansi, proyek, manufaktur, dan inventori. Implementasi ERP dengan menggunakan Odoo melibatkan berbagai modul untuk mengelola website, komunikasi pelanggan, penjualan online, pembukuan, pembelian, hubungan dengan pelanggan, stok, dan produksi, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan keakuratan operasional perusahaan.

References

H. M. Jogiyanto, Sistem Teknologi Informasi, 3rd ed. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2008.

Zulkifli, “Implementasi Metode Information Economics (IE) Untuk Menganalisis Manfaat Investasi Sistem Dan Teknologi Informasi USNI,” Jurnal Satya Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 65–81, 2016.

R. Akbar and J. Juliastrioza, “Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi Pembelian, Persedian dan Penjualan Barang pada Toko EMI GROSIR dan ECERAN,” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 7–17, Oct. 2015, doi: 10.25077/TEKNOSI.v1i1.2015.7.

L. Widodo, N. Erni, and R. S. Nuranisa, “Usulan Perbaikan Rancangan Tata Letak Penyimpanan Bahan Baku Berdasarkan Kriteria Pemakaian Bahan,” Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, vol. 2, no. 2, p. 69, Sep. 2013, doi: 10.36722/sst.v2i2.127.

P. Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks, 2005.

S. Djaslim, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, 2003.

A. A. Adiyatama, O. Rukmana, and A. A. Nurrahman, “Rancangan Implementasi Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) Menggunakan Software Odoo pada CV Nur Rahmat Teknik,” Bandung Conference Series: Industrial Engineering Science, vol. 3, no. 1, Jan. 2023, doi: 10.29313/bcsies.v3i1.6357.

Muhammad Satrio, A. Nana Supena, and A. Arif Nurrahman, “Penyelarasan Proses Bisnis Perusahaan dengan Sistem Enterprise Resource Planning Menggunakan Software Odoo,” Jurnal Riset Teknik Industri, pp. 139–146, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrti.v3i2.2894.

M. Weske, Business Process Management. London: New York: Springer, 2012.

A. Lathifah and Y. Sugiarti, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Madrasah Berbasis Web dengan Metode Rapid Application Development,” Applied Information System and Management (AISM), vol. 5, no. 1, pp. 33–36, Apr. 2022, doi: 10.15408/aism.v5i1.23984.

W. Bentley, System Analysis and Design for the Global Enterprise, 7th ed. New York: McGraw-Hill, 2007.

Downloads

Published

2024-12-31