Usulan Strategi Pemasaran UKM Meal Box dengan Marketing Mix Porter
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrti.v4i2.4656Keywords:
Matriks IE, Bauran Pemasaran, SWOTAbstract
Abstrak. Pertumbuhan UMKM di sektor makanan dan minuman yang menunjukkan persaingan yang ketat. UMKM saat ini berkompetisi untuk mendominasi pasar dengan perencanaan pemasaran yang baik untuk memperoleh citra yang positif di mata konsumen serta mempertahankan pelanggan yang ada. Melalui penjabaran faktor internal dan eksternal perusahaan menggunakan Bauran Pemasaran (marketing mix) dan Porter’s Five Forces, dihasilkan strategi pemasaran yang dapat membantu perusahaan meningkatkan penjualan, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan yang dapat meningkatkan penjualan, serta merancang strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan angka penjualan bagi UKM Meal Box Indonesia. Hasil perhitungan memperoleh 29 faktor yang mempengaruhi peningkatan penjualan UKM Meal Box Indonesia terdiri dari faktor internal meliputi 10 faktor pada strength dan 7 faktor pada weakness, sedangkan faktor eksternal terdapat 6 faktor pada opportunities dan 6 faktor pada threats. Serta adanya 18 alternatif berdasarkan hasil brainstorming menggunakan matriks SWOT.
Abstract. The growth of MSMEs in the food and beverage sector shows intense competition. MSMEs are currently competing to dominate the market with good marketing planning to obtain a positive image in the eyes of consumers and retain existing customers. By describing the company's internal and external factors using the Marketing Mix and Porter's Five Forces, a marketing strategy is produced that can help the company increase sales. This research aims to identify the company's internal and external factors that can increase sales, as well as designing the right marketing strategy. to increase sales figures for Indonesian Meal Box SMEs. The calculation results obtained 29 factors that influence the increase in sales of Indonesian Meal Box SMEs consisting of internal factors including 10 factors on strengths and 7 factors on weaknesses, while external factors include 6 factors on opportunities and 6 factors on threats. And there are 18 alternatives based on the results of brainstorming using the SWOT matrix.
References
Badan Pusat Statistik, Industri Mikro dan Kecil di Masa Pandemi Covid 19 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2021.
S. A. Nurfaidah and N. P. A. Hidayat, “Reduksi Waste dan Peningkatan Kualitas pada Proses Produksi Brownies Kukus Cokelat dengan Menggunakan Metode Lean Six Sigma,” Jurnal Riset Teknik Industri, vol. 1, no. 2, pp. 180–188, Feb. 2022, doi: 10.29313/jrti.v1i2.510.
M. Rusdi, “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya,” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 83–88, Dec. 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6686.
M. A. Firmansyah, “Pemasaran (Dasar dan Konsep),” 2019. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/334057497
T. P. M. J. M. Santoso, “Analisis strategi pemasaran produk kerajinan sepatu pada UKM Galaksi, Desa Ciapus, Ciomas,” 2016.
S. Arlandi, S. Nugraha, F. Achmadi, and D. Gustopo, “Implementasi Strategi Line Extension Berdasarkan Marketing Mix Dan Analisa SWOT Di PT. Velesia (Wisata Tas Rajut KABOKI),” Malang, 2016.
J. L. Hartono, I. Budiman, and A. C. Sembiring, “Journal Knowledge Industrial Engineering Replanning Strategis Plan for Marketing Product with SWOT Analysis, QSPM, Marketing Mix 4P and KPI Methods During the COVID-19 Pandemic,” Journal Knowledge Industrial Engineering, vol. 8, no. 2, pp. 98–106, 2021, doi: 10.35891/jkie.
Fendy Hariatama, “Analisis SWOT Terhadap Pelaksanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Lembaga Pendidikan Prima Mandiri Utama Palangka Raya,” Edunomics Journal, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, Jan. 2021, doi: 10.37304/ej.v2i1.2078.
Azwar Saifuddin, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
F. R. D. F. R. N. P. L. N. P. David, Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Salemba Empat, 2019.
A. Mujahidin and I. Khoirianingrum, “Universitas Muhammadiyah Semarang Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro The Analysis of Segmentation, Targeting, Positioning (STP) on Zakiyya House Bojonegoro,” 2019. [Online]. Available: http://prosiding.unimus.ac.id
D. P. Pamungkas, “Analisis Competitive Force Dan Competitive Strategy Sistem Informasi Kuliner Di Indonesia (Studi Kasus : Kulina.id),” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), vol. 1, no. 2, pp. 118–127, May 2016, doi: 10.21831/elinvo.v1i2.10760.
H. Wijaya and H. Sirine, “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap,” 2016. [Online]. Available: http://rajapresentasi.com