Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis di Puskesmas Manggari Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrti.v4i1.3846Keywords:
Sistem Informasi, Metode Prototype, Rekam MedisAbstract
Abstract. The Community Health Center (Puskesmas) is one of the most important health service facilities in Indonesia. According to the Ministry of Health of the Republic of Indonesia (2004), the Puskesmas is a Regency/City Regional Technical Implementation Unit (UPTD) which is responsible for implementing Health development in a work area. The Manggari Health Center which is one of the health service centers in Kuningan Regency is one of the health agencies that is being developed Patient data collection and medical record archiving is an important thing that needs attention. Based on the results of observations and interviews conducted with Puskesmas employees, it was stated that treatment services at the Puskesmas in terms of patient data collection from patient registration to archiving patient medical records were still done manually. This means that everything is still written down on piles of paper and stored on storage shelves, so that when the puskesmas needs patient data, as well as visit reports, it takes quite a long time to find where the data is stored.
Abstrak. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang sangat penting di Indonesia. Berdasarkan Kemenkes RI (2004), Puskesmas merupakan Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Kabupaten / Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan Kesehatan di suatu wilayah kerja.Puskesmas Manggari yang menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan di Kabupaten Kuningan merupakan salah satu instansi kesehatan yang sedang dikembangkan. Pendataan pasien dan pengarsipan catatan medis merupakan suatu hal penting yang perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang diakukan dengan pegawai Puskesmas, menyebutkan bahwa pelayanan berobat di Puskesmas dalam hal pendataan pasien dari mulai pendaftaran pasien sampai pengarsipan catatan medis pasien masih dilakukan secara manual. Artinya semuanya masih ditulis pada tumpukan-tumpukan kertas dan di simpan pada rak-rak penyimpanan, sehingga ketika pihak puskesmas membutuhkan data-data pasien, dan juga laporan kunjungan, perlu waktu yang cukup lama untuk mencari dimana data tersebut disimpan.
References
A. , & M. A. Nugroho, Sistem Informasi Data Kependudukan Berbasis Web Di Kantor Kecamatan Cikarang Timur, 2nd ed., vol. 9. SIGMA - Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 2018.
Tarwaka, Keselamatan dan kesehatan kerja, Manajemen dan implementasi K3 di tempat kerja, 2nd ed. Surakarta: Harapan Press, 2017.
Kemenkes RI, Keputusan Menteri Kesehatan Tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat. 2004.
K. P. Ningsih and S. N. Adhi, “Analisis Kelayakan Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Berbasis Web,” Jurnal Kesehatan Vokasional, vol. 5, no. 4, p. 196, 2021, doi: 10.22146/jkesvo.60572.
Muhammad Zaki An Naufal and Rakhmat Ceha, “Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan dengan Menggunakan Metode Servqual – Fuzzy (Studi Kasus: Instalasi Rawat Jalan RSUD Arjawinangun),” Jurnal Riset Teknik Industri, pp. 67–76, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrti.v3i1.1975.
D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, Aug. 2017, doi: 10.37438/jimp.v2i2.67.
I. Susanti, “EVALUASI KUALITAS LAYANAN JASA SERTIFIKASI TINGKAT KOMPONEN DALAM NEGERI (TKDN) DI PT. SUCOFINDO (PERSERO),” Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri), vol. 10, no. 1, pp. 89–97, 2016.
S. , & K. D. M. Adi, Strukturisasi Entity Relationship Diagram Dan Data Flow Diagram Berbasis Business Event-Driven, 4th ed., vol. 5 No.1. Information Systems Department, School Of Information Systems, Binus University, 2014.
A. Herwinanti, Z. Z. A, and D. F. Azizah, “ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PERSEDIAAN BAHAN HABIS PAKAI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN (Studi Kasus Pada PT. Wiranas Laundry and Dry Clean Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 12, no. 2, pp. 1–7, 2014.
I. Rahmayuni, H. Humaira, and D. Defni, “Pemanfaatan Metode Kano Untuk Menilai Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Fungsionalitas Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus : AKNP Pelalawan),” INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, vol. 1, no. 2, p. 133, Nov. 2016, doi: 10.35314/isi.v1i2.132.