https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Perancangan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode TOPSIS

Authors

  • Shafa Assylla Teknik Industri, Universitas Islam Bandung
  • Nugraha Teknik Industri, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrti.v2i2.1283

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Technique for Order Preference by Similarity Ideal Solution (TOPSIS)

Abstract

Abstract. A Bakery is one of the many micros, small and medium enterprises that do not yet understand the importance of a marketing strategy in competing with other competitors. The problem that occurred at A Bakery was not achieving the sales target of 80% of the monthly production volume. The purpose of this research is to identify the company's environmental factors that can increase sales volume and propose the right marketing strategy to A Bakery based on the ranking results using the TOPSIS method. The design strategy is carried out using SWOT analysis, calculating the IFE and EFE matrices, creating a SWOT matrix, and conducting SWOT quadrants, then determining alternative marketing strategies using TOPSIS to obtain A Bakery's marketing priority strategy. This study resulted in A Bakery's condition in the SWOT quadrant being in quadrant 2 (diversification). This makes the suitable strategy for A Bakery is to utilize and maintain its strengths to avoid and deal with the impact of various external threats. The resulting strategic alternatives are improving good relations with suppliers and customers (A1), creating a special social media account for A Bakery (A2), registering A Bakery products with online food delivery services (A3). The results show that the priority strategy to be used by A Bakery is A2.

Abstrak. A Bakery merupakan salah satu dari sekian banyak usaha mikro, kecil dan menengah yang belum memahami pentingnya strategi pemasaran dalam bersaing dengan kompetitor lainnya. Permasalahan yang terjadi pada A Bakery adalah tidak tercapainya target penjualan sebesar 80% dari volume produksi bulanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor lingkungan perusahaan yang mampu meningkatkan volume penjualan dan mengusulkan strategi pemasaran yang tepat kepada A Bakery berdasarkan hasil pemeringkatan menggunakan metode TOPSIS. Strategi perancangan dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT, menghitung matriks IFE dan EFE, membuat matriks SWOT, dan melakukan kuadran SWOT, kemudian menentukan alternatif strategi pemasaran menggunakan TOPSIS untuk mendapatkan strategi prioritas pemasaran A Bakery. Penelitian ini menghasilkan kondisi A Bakery pada kuadran SWOT berada pada kuadran 2 (diversifikasi). Hal ini membuat strategi yang cocok untuk A Bakery adalah dengan memanfaatkan dan mempertahankan kekuatannya untuk menghindari dan menghadapi dampak dari berbagai ancaman eksternal. Alternatif strategi yang dihasilkan adalah meningkatkan hubungan baik dengan pemasok dan pelanggan (A1), membuat akun media sosial khusus A Bakery (A2), mendaftarkan produk A Bakery ke layanan pesan antar makanan online (A3). Hasil pemeringkatan menggunakan metode TOPSIS diketahui bahwa strategi prioritas yang akan digunakan oleh A Bakery adalah A2.

References

F. R. David, Strategic management a competitive advantage approach concepts and cases. Pearson Education Limited, 2017.

P. Kotler and K. . Keller, Marketing Management , 15th ed. Pearson Education Limited, 2016.

S. Assauri, Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo, 2018.

F. Tjiptono, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, 2014.

Suliyanto, Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis. Andi Offset, 2013.

F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan Ocai. PT. Gramedia Pustaka Utama, 2018.

F. N. A. . Fatimah, Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia, 2016.

M. . Porter, Competitive Strategy: Techniques For Analyzing Industries and Competitors. CreateSpace Independent Publishing Platform, 2017.

H. M. Ritonga, M. Fikri, S. N. Siregar, R. R. Agustin, and R. Hidayat, Manajemen Pemasaran. Medan: CV Manhaji, 2018.

N. G. Perdana and T. Widodo, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Kepada Peserta Didik Baru Menggunakan Metode TOPSIS,” J. Semant., vol. 3, no. 1, 2013.

Downloads

Published

2022-12-21