Selang Kepercayaan Koefisien Korelasi Berdasarkan Empirical Likelihood dan Penerapannya pada Data Rata-Rata Lama Sekolah dan Penduduk Miskin Kota/Kabupaten di Indonesia

Authors

  • Anisa Nur Fitriani Prodi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrs.v1i1.146

Keywords:

Koefiesien Korelasi, Selang Kepercayaan, Metode Z-Transformation, Metode Empirical Likelihood

Abstract

Abstract. The correlation coefficient is an analysis that studies the relationship between two variables. Hu, et al (2018) introduce the Empirical Likelihood method as an alternative that can be used to build a confidence interval for the correlation coefficient if the distribution nonnormal or unkown. In this paper, we apply the empirical probability method from Hu, et al (2018) in constructing a confidence interval for the Pearson correlation coefficient of Average Length of Schooling and Poor Population in Cities/Regencies in Indonesia in 2020. The results of the confidence interval for the average data years of schooling and poor population of Cities/Regencies in Indonesia in 2020 is [-0.6231173;-0.4599864]. That means there is a significant linear relationship between the Average Length of Schooling and the City/Regency Poor Population Rate in Indonesia in 2020.

Abstrak. Koefisien korelasi adalah suatu analisis yang mempelajari tentang hubungan antara dua variabel. Untuk membangun selang kepercayaan pada koefisien korelasi, yang biasa digunakan adalah Metode Z-Tranformation dimana data harus berdistribusi normal, Hu, dkk (2018) memperkenalkan metode Empirical Likelihood sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk membangun selang kepercayaan pada koefisien korelasi jika data tidak berdistirbusi normal. Dalam makalah ini akan menerapkan metode empirical likelihood dari Hu, dkk (2018) dalam membangun selang kepercayaan untuk koefisien korelasi Pearson pada data Rata-rata Lama Sekolah dan Penduduk Miskin di Kota/Kabupaten di Indonesia tahun 2020. Hasil selang kepercayaan untuk data rata-rata lama sekolah dan penduduk miskin Kota/Kabupaeten di Indonesia tahun 2020 adalah [-0.6231173 ; -0.4599864]. Dalam pengujian hipotesisnya disimpulkan bahwa ada hubungan linier yang signifikan antara Rata-rata Lama Sekolah dengan Tingkat Penduduk Miskin Kota/Kabupaten di Indonesia tahun 2020.

Downloads

Published

2021-10-26