Studi Citra Kawasan Punclut Kota Bandung

Authors

  • Muhammad Izzan Rahman Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Islam Bandung
  • Verry Damayanti Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpwk.v2i2.1404

Keywords:

Punclut, Kuliner, Keindahan Alam

Abstract

Abstract. Image of Punclut area is an area that has culinary potential and natural beauty to be used as a tourist attraction. The existence of culinary in the Punclut area is one of the potentials for economic improvement and promotion of the area for Ciumbuleuit Village. However, Punclut Culinary Area is still lacking in accessibility, amenities, and accommodation. Identity as a culinary area that has attractiveness needs to be improved for attract more tourists and uplevel branding of the Punclut tourism area. The method used is the Mixed Method. With the aim of studying the characteristics of the image elements of the Punclut Region city which can become a potential for the Region. The analytical method used is image analysis of the Punclut Tourism Area using Kevin Lynch's theory which is divided into 5 elements. The results of this study indicate that the Punclut area is still far from having a clear regional identity which is a tourist area. The Punclut area is only remembered as a culinary tourism area with beautiful natural nuances, but for supporters in terms of beauty, culture, charm, and authenticity, it still needs more mature improvements, both infrastructure and physical form in the Punclut area.

 

Abstrak. Citra Kota pada Kawasan Punclut merupakan kawasan yang memiliki potensi kuliner dan keindahan alam untuk dijadikan daya tarik wisata. Keberadaan kuliner pada Kawasan Punclut ini merupakan salah satu potensi peningkatan ekonomi serta promosi Kawasan bagi Kelurahan Ciumbuleuit. Namun keberadaan Kawasan Kuliner Punclut masih kurang dalam aksesibilitas, amenitas, dan akomodasi. Identitas sebagai Kawasan kuliner yang memiliki daya tarik perlu dikembangkan lebih baik agar dapat menarik lebih banyak wisatawan sekaligus meningkatkan citra Kawasan Punclut sebagai salah satu tujuan destinasi wisata Bandung. Metode yang digunakan yaitu mixed method. dengan tujuan untuk mengkaji karakteristik elemen citra kota Kawasan Punclut yang dapat menjadi suatu potensi kawasan. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis Citra Kawasan Wisata Punclut dengan menggunakan teori Kevin Lynch yang dibagi kedalam 5 elemen citra kota. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kawasan Punclut masih jauh untuk memiliki suatu identitas Kawasan yang jelas yang dimana sebagai kawasan wisata. Kawasan Punclut hanya di ingat sebagai Kawasan wisata kuliner dengan nuansa alam yang indah namun untuk pendukung dari segi keindahan, budaya, pesona, dan otentik masih perlu pembenahan yang lebih matang baik infrastruktur dan bentuk fisik pada Kawasan Punclut.

References

A. Luthfi and A. I. Widyaningrat, “Konsep city branding sebuah pendekatan ‘the city brand hexagon’ pada pembentukan identitas kota,” Semin. Nas. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 2013, pp. 315–323, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9178

M. A. Vamala, “Analisis Elemen-Elemen Pembentuk Citra Kota Di Kawasan Kota Tua Ampenan,” no. 416130038, 2021.

BPS, “CIDADAP BADAN PUSAT STATISTIK KOTA BANDUNG,” Bandung, 2015.

Hasrianti, Surianti, R. S. Puti, Damis, M. R. Rahmat, and S. H. Arif, “ISSN 2302-3708 (online),” EnviroScienteae, vol. 16, no. 3, pp. 382–388, 2020.

K. Endah, “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : MENGGALI POTENSI LOKAL DESA,” J. Ilm. Ilmu Pemerintah., vol. 6, no. 1, 2020.

Pramono and R. Widodo, Perencanaan Tapak dan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, 2018.

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta, 2010.

K. Lynch, A Theory of Good City Form. The MIT Press.

Irwan, R. Tahir, M. L. Suryadana, N. A. M. Siregar, F. Junizar, and A. F. Juliansyah, “PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN DI KAWASAN PUNCLUT BANDUNG,” EnviroScienteae, vol. 16, no. 3, pp. 397–407, 2020.

Downloads

Published

2022-12-22