Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Return on Assets Bank Umum Syariah
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrps.v3i2.5147Keywords:
CSR, ROA, Bank Umum SyariahAbstract
Abstrak. Praktik dan pengungkapan Corporate Social Responsibility yang dilakukan pihak manajemen (agen) di bank umum syariah berangkat dari teori agensi sebagai bagian atas pemenuhan kepentingan para stakeholder lainnya selain pemilik diharapkan mampu meminimalisir biaya keagenan dengan menguatnya kepercayaan para stakeholder terhadap perusahaan yang berdampak pada meningkatnya Return on Assets yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Return on Assets pada Bank Umum Syariah Periode 2018-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data sekunder laporan tahunan Bank Umum Syariah Periode 2018-2022 dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 4 Bank Umum Syariah yaitu Bank Mega Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank Panin Dubai Syariah dan BCA Syariah. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda yang diolah menggunakan program aplikasi EViews 12. Hasil penelitian menunjukkan nilai Uji F sebesar 0,012563 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukkan Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Return On Assets Bank Umum Syariah.
Abstract. The practice and disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) by management (agents) in Islamic commercial banks stem from agency theory, aiming to fulfill the interests of various stakeholders aside from the owners. This approach is expected to minimize agency costs by strengthening stakeholders' trust in the company, which in turn impacts the improvement of Return on Assets (ROA). This study aims to determine the effect of CSR on ROA in Islamic Commercial Banks for the period 2018-2022. The research employs a quantitative approach using secondary data sourced from the annual reports of Islamic Commercial Banks for the period 2018-2022 and literature studies. The sampling technique used is purposive sampling, resulting in the selection of four Islamic Commercial Banks: Bank Mega Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank Panin Dubai Syariah, and BCA Syariah. The data analysis technique utilizes multiple linear regression tests processed using the EViews 12 application. The results indicate that the F-test value is 0.012563 < 0.05, which means the null hypothesis is rejected and the alternative hypothesis is accepted, indicating that CSR significantly affects the ROA of Islamic Commercial Banks.
References
Adisaputra, T. F. (2021). Pengaruh Islamic Social Reporting Terhadap Kinerja Keuangan, Zakat Sebagai Intervening Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(3), 733–753. https://doi.org/10.30651/jms.v6i3.7997
Fikri Albaasith, S., Cholid Mawardi, M., & Diah Fakhriyyah, D. (2024). Dampak Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Karakteristik Bank Pada Kinerja Perbankan. E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 13(01), 318–324.
Fitria, S., & Hartanti, D. (2010). Islam dan Tanggung Jawab Sosial : Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto, 46.
Hermawan, A., & Goh, T. S. (2018). Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (1st ed.). Adhi Sarana Nusantara.
Ilyas, R. (2021). Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(1), 42–53. https://doi.org/10.46367/jps.v2i1.295
Mahkota, N. C., & Manggala, I. (2024). Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Kepercayaan Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 43–52. https://doi.org/10.29313/jrps.v3i1.3723
Maulana M, R., Rusdiana, A., & Fitrotul Azizah, U. (2023). Factors Affecting Profitability: Empirical Study of Sharia Commercial Banks in Indonesia for the 2018-2022 Period. Finance and Business Management Journal, 1(2), 37–47. https://doi.org/10.31949/fbmj.v1i2.7818
Maulidia, M. P., & Fahlevi, R. (2022). Pengaruh Intellectual Capital, Islamic Corporate Social Responsibility Dan Zakat Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Periode 2012-2020. MASLAHAH (Jurnal Hukum Islam Dan Perbankan Syariah), 13(1), 65–86. https://doi.org/10.33558/maslahah.v13i1.4454
Meutia, I. (2021). Menata Pengungkapan CSR pada Bank Islam (Pendekatan Teori Kritis). Deepublish.
Muhammad Setyo Bawono. (2022). Peran Islamic Corporate Governance dan Islamic Corporate Social Responsibility terhadap Reputasi Perusahaan Serta Kinerja Keuangan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 5468–5481.
Napitupulu, R. B., Simanjuntak, T. P., Hutabarat, L., Damanik, H., Harianja, H., Sirait, R. T. M., & Tobing, C. E. R. L. (2021). Penelitian Bisnis : Teknik dan Analisa Data dengan SPSS - STATA - EVIEWS. Madenatera.
Nasir, M. (2020). Etika dan Komunikasi dalam Bisnis Dalam Tinjauan Al-Qur’an, Filosofis dan Teoritis (1st ed.). CV. Social Politic Genius (SIGn).
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Priyatno, D. (2022). Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linier Dengan SPSS & Analisis Regresi Data Panel Dengan EViews. Cahaya Harapan.
Rahayu, D. Y., Kurniati, T., & Wahyuni, S. (2020). Analisa Pengaruh Intellectual Capital, Islamicity Performance Index dan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah 2014-2018. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 18(2), 85–98. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v18i2.7688
Santika, A. (2019). Pengaruh Islamic Social Reporting terhadap Profitabilitas (Return on Asset dan Return on Equity) Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 119–131. https://doi.org/10.22219/jes.v4i2.9870
Siswanto, E. (2021). Buku Ajar MANAJEMEN KEUANGAN DASAR. Universitas Negeri Malang.
Suaidah, Y. M. (2020). Good Corporate Governance Dalam Biaya Keagenan Pada Sistem Perbankan Indonesia. Scopindo Media Pustaka.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Wulandari, A., & Ibrahim, M. A. (2024). Pengaruh BOPO, FDR, CAR, dan Modal Intelektual terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.29313/jrps.v3i1.3748
Yuliana, I., & Djalaluddin, A. (2019). Corporate Social Responsibility. UIN-Maliki Press.