https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Kepercayaan Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani

Authors

  • Nelda Citra Mahkota Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung, Indonesia.
  • Intan Manggala Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrps.v3i1.3723

Keywords:

Citra Perusahaan, Kepercayaan Nasabah

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personality, reputation, value dan corporate identity terhadap kepercayaan pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer menggunakan kuesioner dan wawancara. Sampel sebanyak 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Personality (X1) nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,106 > 1,984) bahwa variabel personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani. Reputation (X2)  nilai t hitung lebih besar dari  t tabel (3,245 > 1,984) bahwa variabel reputation mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah terhadap Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani.Value (X3) tidak terbukti dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (1,971 < 1,984) bahwa variabel value tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani. Corporate Identity (X4) nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,107 > 1,984) bahwa variabel corporate identity berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani. Personality, Reputation, Value dan Corporate Identity analisis hipotesis terakhir dapat di buktikan dengan nilai f hitung adalah 47,598 dengan tingkat signifikansi 0,000. maka variabel personality, reputation, value dan corporate identity berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani.

Abstract. The aim of this research is to analyze the influence of personality, reputation, value, and corporate identity on trust in PT Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani both simultaneously and partially. The research employs a quantitative descriptive method using primary questionnaires and interviews from a sample of 100 respondents. The results indicate that Personality (X1 t-value greater than the t-table (2.106 > 1.984), indicating that the personality variable has a positive and significant effect on customer trust in Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani. Reputation (X2), t-value greater than the t-table (3.245 > 1.984), indicating that the reputation variable has a positive and significant effect on customer trust in Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani . Value (X3), is not proven with a t-value smaller than the t-table (1.971 < 1.984), indicating that the value variable does not have a positive and significant effect on customer trust in Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani because there is no partial effect. Corporate Identity (X4), t-value greater than the t-table (2.107 > 1.984), indicating that the corporate identity variable has a positive and significant effect on customer trust in Bank Syariah Indonesia KCP Cilegon Ahmad Yani. In the last hypothesis, Personality, Reputation, Value, and Corporate Identity can be confirmed with an F-value of 47.598 with a significance level of 0.000.

References

Anam, K. (2023). Pengguna Melesat, Transaksi BSI Mobile Diproyeksi Naik 23%. Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230216162859-17-414430/pengguna-melesat-transaksi-bsi-mobile-diproyeksi-naik-23

APJII. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Apjii.or.Id. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang

Aurellya, A., Rojak, A., Manggala, I., Hukum, P., & Syariah, E. (2023). Analisis Fikih Muamalah Terhadap Produk Surety Bond di PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah. https://journal.sbpublisher.com/index.php/imsak

Ayu, M. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023

K Tus, D. S. A. (2021). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KORBAN SERANGAN RANSOMWARE’, VYAVAHARA DUTA. Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Hukum, 16(2).

Lagautu, J., Soegoto, A. S., & Sepang, J. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Matahari Department Store Mantos. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Malo, A. L., Kasim, A., & Besise, J. (2022). PENGARUH CITRA PERSONALITY DAN CITRA REPUTATION TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA RUMAH MAKAN PADANG DUA KOTA KUPANG). Jurnal Bisnis & Manajemen, 14(1).

Muhamad, N. (2023). Mayoritas Masyarakat Tidak Yakin dengan Tingkat Keamanan Siber di Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/10/mayoritas-masyarakat-tidak-yakin-dengan-tingkat-keamanan-siber-di-indonesia

Muhammad, N. (2023). Pengaruh Cyber Crime Terhadap Kepercayaan Nasabah BSI dalam Menggunakan Produk E-Banking. Universitas Islam Negeri Antasari.

Nuraini Salsabila, & Yayat Rahmat Hidayat. (2023). Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Sistem Bagi Hasil pada Titip Lahan di Banjarwaru. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 97–102. https://doi.org/10.29313/jrps.v2i2.2869

Rezki, J. F. (2023). ISU KEAMANAN SIBER PERBANKAN DAN POTENSI BANK RUN.

Rini, A. S. (2023). Daftar Kasus Kebocoran Data Sektor Finansial RI Selain BSI (BRIS) Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Daftar Kasus Kebocoran Data Sektor Finansial RI Selain BSI (BRIS). Finansial.Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20230516/90/1656438/daftar-kasus-kebocoran-data-sektor-finansial-ri-selain-bsi-bris

Setiawan, W., & Muhajirin, M. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Ketepatan Waktu Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Grab: Studi pada Konsumen Kota Bima. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(4).

Shilawati, A. (2020). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Tipar Cakung Jakarta Timur). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Siahaan, T. W. (2012). Pengaruh Kekuatan Corporate Identity Terhadap Corporate Image “The House of Raminten” Kota Baru Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Simatupang, H. B. (2019). Peranan Perbankan Dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma, 6(2).

Y.R.H.Ifa Hanifia Senjiati. (2016). Modul Praktikum Statistika (1st ed.). Mujahid Press.

Zuwardi, Padli, H., & Shahmi, M. A. (2019). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequancy Ratio (CAR), Dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Pembiayaan (Studi Pada BUS Dan UUS Di Indonesia Periode 2014-2018).

Downloads

Published

2024-07-18