Pengaruh Literasi, Minat, dan Demografi terhadap Keputusan Memilih Menjadi Nasabah Perbankan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrps.v3i1.3718Keywords:
Literasi, Minat, DemografiAbstract
Abstrak. Berdasarkan uji parsial pada tabel dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (2,888 >1,984), sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi terhadap keputusan menjadi nasabah, lalu t hitung lebih besar daripada t tabel (2,291 >1,984), sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara minat terhadap keputusan menjadi nasabah, dan t hitung lebih kecil daripada t tabel (1,661<1,984), sehingga disimpulkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima, yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara demografi terhadap keputusan menjadi nasabah. Berdasarkan hasil pengujian secara bersama-sama menunjukan variabel literasi, minat, dan demografi berpengaruh terhadap variabel Y yaitu keputusan menjadi nasabah. Hal ini ditunjukan dengan tabel F hitung adalah 20,741 dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena probabilitas 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi, minat, dan demografi terhadap keputusan menjadi nasabah.
Abstract. Based on the partial test in the table, it can be concluded that the t count is greater than the t table (2.888 > 1.984), so it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant influence between literacy on the decision to become a customer, so the t count is greater than the t table (2.291 > 1.984), so it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, which means there is a significant influence between interest and the decision to become a customer. a customer, and the calculated t is smaller than the t table (1.661 < 1.984), so it can be concluded that Ha is rejected and H0 is accepted, which means there is no significant influence between demographics on the decision to become a customer. Based on the test results together, it shows that literacy, interest and demographic variables have an influence on variable Y, namely the decision to become a customer. This is shown in table F count is 20.741 with a significance level of 0.000. Because the probability of 0.000 is much smaller than 0.05, there is a significant influence between literacy, interest and demographics on the decision to become a customer.
References
Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, Vol.2, No., 43–57.
Chintya, P. (2022). Analisis Keterlibatan Faktor Demografis Dan Psikologis Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Kabupaten Pringsewu. Universitas Islam Raden Intan Lampung.
Fitriani, S. (2023). Analisis Faktor Demografi, Variasi Layanan dan Reputasi Bank Terhadap Minat Menggunakan BSI Mobile (Studi Kasus Masyarakat Kota Malang).
Indonesia 2020-2030: Bonus Demografi atau Bencana Demografi. (n.d.). Dinas Kesehatan Kota Istimewa Jakarta. Retrieved February 11, 2023, from https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/bonus-demografi-indonesia-20202030-bonus-demografi-atau-bencana-demografi
Karmayani, Nurzanti, R., & Pasarela, H. (2023). TINGKAT LITERASI PERBANKAN SYARIAH DI KALANGAN MAHASISWA. Jurnal Invasi Penelitian, 9(3).
Koeswara, S., & Muslimah. (2016). Analisis Besarnya Pengaruh Kinerja Pelayanan (Service Performance) Frontliner Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Prioritas Pt. Bca, Tbk Cabang Permata Buana Dengan Pendekatan Metode Regresi Linear Multiple. Jurnal PASTI, 8(1).
OJK. (2022). Siaran Pers: Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Pratama, N. (2016). Pengaruh Persepsi Nilai Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Dan Persepsi Kelebihan Pada Lembaga Perbankan Syariahterhadap Minat Menabung Di Bank Syariahpada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Lampung. Universitas Lampung.
Puspita, G., & Isnalita, I. (2019). Financial Literacy: Pengetahuan, Kepercayaan Diri dan Perilaku Keuangan Mahasiswa Akuntansi. Owner, 3(2), 117. https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.147
Putri, Y., Solihat, A., Rahmayani, R., Iskandar, I., & Trijumansyah, A. (2019). Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah melalui Penerapan Religiusitas. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 16(1), 77–88. https://doi.org/10.29313/performa.v16i1.4532
Rahmi Kurniadi, A., Permana, I., Firdaus Nuzula, Z., & Hukum Ekonomi Syariah, P. (2023). Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Pelaksanaan Sewa Menyewa dalam Jasa Layanan Rental Mobil Box di D-Trans Logistics Bandung (Vol. 1, Issue 1). https://journal.sbpublisher.com/index.php/imsak
Sandy Rizki Febriadi, & Silfa Fadlilatunnisa. (2023). Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Praktik Jasa Nail Art di Meet.Nails Kota Bandung. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 75–80. https://doi.org/10.29313/jrps.v2i2.2773
Silviany, I. Y., Pratikno, H., Dewi, A. N., As Syakir, M. A., & Huwaida, S. A. M. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Literasi dalam Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cilengkrang. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(2).
Sinaga, F. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Cirendeu).
Srisusilawati, P. (2017). KAJIAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PERBANKAN. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.1993
Srisusilawati, P., Ibrahim, M. A., & Ganjar, R. (2019). Komunikasi Pemasaran Syariah Dalam Minat Beli Konsumen. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 9(1), 65. https://doi.org/10.21927/jesi.2019.9(1).65-71
Sugiarti, Di. (2023). Literasi Keuangan Syariah Generasi Z dan Minatnya pada Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Siswa SMK di Jakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 766–772.
Syahira, S. (2022). Pengaruh Literasi Bank Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah pada Generasi Z Di Jakarta.
Thoyibah, & Mu’alifatut, S. N. (2020). Pengaruh Faktor Demografi Dan Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BRI Syariah KCP POnorogo. IAIN Ponorogo.
Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2022). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), 252–264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207
Hidayat, Y. R., Senjiati, I. H. (2016). Modul Praktikum Statistika (1st ed.). Mujahid Press.
Zaki. (2023, October 14). Wawancara Di SMK Al-Hadi Kota Bandung.