Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Perbankan Syariah terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank X Sukabumi

Authors

  • Kamilah Shalihah Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Deden Gandana Madjakusumah Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrps.v1i2.1565

Keywords:

Religiusitas, Pengetahuan, Minat

Abstract

Abstract. Religiousity is the levelof one's belief and adherence to the religion being believed in.  Consumer knowledge is all information that consumers have about kinds of products and services, also other knowledge about products, services, and information as consumers. This study  aims to determine the  influence of  religiosity and knowledge on the interests of  Bank x customer in Sukabumi partially and simultaneously. The research  method used is quantitative.  The sample was 94 respondents. The sampling technique is simple Random Sampling.  The types of data are primary and secondary data. Data collection techniques use questionnaires and observations. The  data analysis techniques are descriptive analysis, validity test, reability test,  classical assumption test, hypothesis test,  multiple regression analysis test, simultaneous test  and test  partial. The results is processed by SPSS program showed that the interest of Bank x customers in Sukabumi was influenced by religiosity and knowledge.The results of the F test (simultaneously) show the religiosity and knowledge simultaneously  have a significant and positive effect on customer interest. The results of the T test (partial) showed that the knowledge value of X1 hadn’t significant effect on customer interest Y and the knowledge variable  X2 showed that it  had  significant effect on customer interest Y.

 

Abstrak. Religiusitas merupakan tingkat keyakinan dan ketaatan seseorang terhadap agama yang sedang diyakini. Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimilki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap minat nasabah bank x Sukabumi secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 94 responden. Teknik yang digukan dalam pengambilan sampel yaitu simple Random Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunkan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah analisis deeskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji analisis regresi berganda, uji simultan danuji parsial.Hasil penelitian yang diolah dengan menggunakan program SPSS menunjukan bahwa minat nasabah bank x sukabumi yang dipengaruhi oleh religiusitas dan pengetahuan.. Hasil uji F (simultan) menujukan nilai religiusitas dan pengetahuan secara simultan berpengaruh siginifikan dan positif terhadap minat nasabah. Hasil uji T (parsial) menunjukan bahwa nilai pengetahuan X1 tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah Y dan variable pengetahuan X2 menunjukan bahwa berpengaruh siginifikan terhadap minat nasabah Y.

References

Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, Vol.2, No., 43–57.

Astuty, P. & U. (2018). Influence Of Religiosity Towards The Saving Interest At Islamic Banking With The Knowledge Of The People as Moderator Variable (Case Study On The People of South Tangerang City). Journal of Islamic Economics and Business., Vol. 3, hal 1-16.

Badan Pusat Statistik Kota Sukabumi. (2019). Jumlah Penduduk Menurut Agama dan Kecamatan di Kota Sukabumi 2020.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Gunawan. (2021). PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BNI SYARIAH KC SUKABUMI. Jurnal Studi Islam, 2, 93. https://doi.org/https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.29

Gunawan Ce. (2020). Mahir Menguasai SPSS panduan praktis mengolah data penelitian. Deepublish.

J. Supranto. (2000). Metode Ramalan Kuantitatif Untuk Perencanaan Ekonomi dan Bisnis. Pt. Rineka Cipta.

Keuangan, O. J. (2021). Statistik Perbankan Syariah.

Muhammad Alim. (2011). Pendidikan Agama Islam. PT Remaja Rodakarya.

Prof. Dr. Thamrin Abdullah, S. P. . M. M. D. I. S. W. M. M. (n.d.). Bank dan Lembaga keuangan edisi 2.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi, R dan D, dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukabumi, B. P. S. kota. (2021). BERITA RESMI STATISTIK.

Suwarsih, A. A. (n.d.). Identifikasi Potensi Nasabah Baru Bank Syariah Ditinjau Dari Customer Switching Intention. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol. 3, No, 169–190.

Pengaruh Pengetahuan dan Religius Nasabah tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Memilih Produk pada PT. Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Palembang, Palembang: UIN Raden Fatah Palembang. SKRIPSI (2018).

Downloads

Published

2022-12-21