Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR <p><a title="JRPR" href="https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR" target="_blank" rel="noopener"><strong>Jurnal Riset Public Relations (</strong>JRPR)</a> adalah jurnal <em>peer review</em>&nbsp;dan dilakukan dengan&nbsp;<em>double blind review</em> yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian media, strategi PR, dll.&nbsp; <a title="Jurnal Riset Public Relations" href="https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR" target="_blank" rel="noopener"><strong>JRPR </strong></a>ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN <a title="ISSN JRPR" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210715541167011" target="_blank" rel="noopener">2798-6616</a> yang diterbitkan oleh <a title="UPT Publikasi" href="https://publikasi.unisba.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">UPT Publikasi Ilmiah</a>,&nbsp;<a title="unisba" href="https://www.unisba.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Universitas Islam Bandung</a>. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini akan ter-<em>indeks</em>&nbsp;di&nbsp;<a title="GS JRPR" href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;authuser=1&amp;user=NhFbvAQAAAAJ" target="_blank" rel="noopener">Google Schoolar</a>,&nbsp;<a title="Id Garuda" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/25642" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a>,&nbsp;<a title="doi" href="https://search.crossref.org/?q=unisba&amp;from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a>, dan&nbsp;<a title="DOAJ" href="https://doaj.org/search/journals?ref=quick-search&amp;source=%7B%22query%22%3A%7B%22filtered%22%3A%7B%22filter%22%3A%7B%22bool%22%3A%7B%22must%22%3A%5B%7B%22terms%22%3A%7B%22bibjson.publisher.name.exact%22%3A%5B%22Universitas%20Islam%20Bandung%22%5D%7D%7D%5D%7D%7D%2C%22query%22%3A%7B%22query_string%22%3A%7B%22query%22%3A%22universitas%20islam%20bandung%22%2C%22default_operator%22%3A%22AND%22%2C%22default_field%22%3A%22bibjson.publisher.name%22%7D%7D%7D%7D%7D" target="_blank" rel="noopener">DOAJ</a>.&nbsp; &nbsp;Terbit setiap <strong>Juli</strong> dan <strong>Desember</strong>.</p> en-US uptpublikasi@unisba.ac.id (Dadi Ahmadi) JRPR@unisba.ac.id (Unang Arifin) Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0800 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Marketing Public Relations dalam Program CSR Kiyopi Kopi melalui Media Sosial https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2332 <p><strong>Abstract. </strong>Competition always comes as a challenge, and so does competition in marketing Kiyopi Kopi products. Therefore, Marketing Public Relations is necessary because many businesses see it as an important and practical tool to present, attract customers, and improve the reputation of Kiyopi Kopi through the planning, implementation, and evaluation stages, programs carried out through special publications, participation in CSR (corporate social responsibility) The purpose of this research is to describe the role of Marketing Public Relations in its implementation. Corporate Social Responsibillity (CSR), The research methodology used in this research is descriptive using a qualitative approach. The informants of this research are Rafi Perwira as the Owner of Kiyopi Kopi, Kiyopi Kopi Admin and three Kiyopi Kopi customers. The steps of observation, in-depth interviews, and documentation were used to obtain data. Reduction, data presentation, and conclusion were used in data analysis. The findings of this study show how PR Marketing can improve Kiyopi Kopi's reputation through MPR activities that involve consumers. Customer and community satisfaction with the implemented program has been proven.</p> <p><strong>Abstrak. </strong>Persaingan selalu hadir sebagai tantangan, demikian juga persaingan dalam memasarkan produk Kiyopi Kopi. Oleh karena itu, Marketing Public Relations diperlukan karena banyak bisnis melihatnya sebagai alat yang penting dan praktis untuk menghadirkan, memikat pelanggan, dan meningkatkan reputasi Kiyopi Kopi melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi, program yang dilakukan melalui publikasi khusus, partisipasi dalam kegiatan CSR (corporate social responsibility). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Marketing Public Relations dalam pelaksanaannya. Corporate Social Responsibillity ( CSR ), Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah Rafi Perwira selaku Owner Kiyopi Kopi, Admin Kiyopi Kopi dan tiga orang pelanggan Kiyopi Kopi. Langkah-langkah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Reduksi, penyajian data, dan kesimpulan digunakan dalam analisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bagaimana PR Marketing dapat meningkatkan reputasi Kiyopi Kopi melalui kegiatan MPR yang melibatkan konsumen. Kepuasan pelanggan dan masyarakat terhadap program yang dilaksanakan telah terbukti.</p> Pedro Bautista, Ririh Dwiantari Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2332 Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pengaruh Citra Sekolah terhadap Keputusan Orangtua Memilih Sekolah di SDIT Zaid bin Tsabit https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2482 <p><strong>Abstract. </strong>This study aims to (1) determine the image of SDIT Zaid Bin Tsabit school according to the parents of students (2) to determine parents' decisions in choosing educational services at SDIT Zaid Bin Tsabit (3) to analyze the effect of school image on parents' decisions to choose a school at SDIT Zaid Bin Thabit. This research is a quantitative study using SPSS 25. Using a simple linear regression analysis technique. The population and sample in this study were parents of SDIT Zaid Bin Tsabit students. The population is 288 parents of students. The sample used was 81 samples using the non-probability sampling technique. The results showed (1) the image of the school at SDIT Zaid Bin Tsabit obtained the average value of the variable in the very good category from parents. This can be seen from the results that have been determined. (2) parents' decision to make a decision to choose a school at SDIT Zaid Bin gets the variable average score in the very good category. (3) based on the results of data analysis and field research, it is known that school image has a real influence on parents' decisions to choose a school. The effect of school image on parents' decision to choose a school at SDIT Zaid Bin Tsabit is 63%, while the remaining 37% is influenced by other factors not examined in this study.</p> <p><strong>Abstrak. </strong><span lang="SV" style="letter-spacing: .1pt;">Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui citra sekolah SDIT Zaid Bin Tsabit menurut orang tua siswa (2) untuk mengetahui keputusan orang tua dalam memilih jasa pendidikan di SDIT Zaid Bin Tsabit (3) untuk menganalisa pengaruh citra sekolah terhadap keputusan orang tua memilih sekolah di SDIT Zaid Bin Tsabit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan SPSS 25. Menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu orangtua siswa SDIT Zaid Bin Tsabit. Populasi sebanyak 288 orangtua siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 81 sampel dengan teknik nonprobability sampling, Hasil penelitian menunjukan (1) citra sekolah di SDIT Zaid Bin Tsabit mendapatkan nilai rataan variabel dengan kategori sangat baik dari orangtua siswa. hal tersebut dilihat dari hasil yang telah ditentukan. (2) keputusan orangtua terhadap pengambilan keputusan memilih sekolah di SDIT Zaid Bin mendapatkan nilai rataan variabel dengan kategori sangat baik. (3) berdasarkan hasil analisis data dan penelitian dilapangan diketahui bahwa citra sekolah memiliki pengaruh yang nyata terhadap keputusan orangtua memilih sekolah. Pengaruh citra sekolah terhadap keputusan orangtua memilih sekolah di SDIT Zaid Bin Tsabit sebesar 63% sedangkan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada pada penelitian kali ini.</span></p> Muhamad Aulia Mahbub, Roni Jayawinangun, Diana Amaliasari Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/2482 Fri, 22 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Konstruksi Kesan Positif tentang Protokoler Unisba https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3015 <p><strong>Abstract. </strong>The rapid development of technology is very fast due to the presence of new media such as social media which is very popular among people today, namely Instagram. It is not easy to convey information, impressions and a good image in the eyes of the public. The Unisba Protocol tries to take advantage of Instagram social media in building a positive impression about the Unisba Protocol through its Instagram account @protokolerunisba by creating content that is interesting, consistent, informative and also educative for Unisba students. The purpose of this study is to examine the use of Instagram social media in the construction of positive impressions about the Unisba Protocol, to find out how to build information and content concepts on the Unisba Protocol Instagram social media, to find out how to manage information in building a positive impression of the Unisba Protocol, to find out how visual design of the Unisba Protocol Instagram feed display, to find out how to find solutions to limitations/obstacles when building positive impressions through the Unisba Protocol Instagram.</p> <p><strong>Abstrak. </strong><span lang="SV" style="letter-spacing: 0pt;">Pesatnya perkembangan teknologi yang sangat cepat dikarenakan hadirnya media baru seperti media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat saat ini yaitu Instagram. Tidak mudah menyampaikan informasi, kesan dan citra yang baik di mata masyarakat. Protokoler Unisba mencoba memanfaatkan media sosial Instagram dalam konstruksi kesan positif tentang Protokoler Unisba melalui akun instagramnya @protokolerunisba dengan membuat konten-konten yang menarik, konsisten, informatif dan juga edukatif bagi mahasiswa Unisba. Tujuan dari penelitian ini meneliti tentang pemanfaatan media sosial Instagram dalam konstruksi kesan positif tentang Protokoler Unisba, untuk mengetahui bagaimana cara membangun konsep informasi dan konten di media social Instagram Protokoler Unisba, untuk mengetahui bagaimana cara pengelolaan informasi dalam membangun kesan positif Protokoler Unisba, untuk mengetahui bagaimana perancangan visual tampilan feed Instagram Protokoler Unisba, untuk mengetahui bagaimana solusi dari keterbatasan/hambatan pada saat membangun kesan positif melalui Instagram Protokoler Unisba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.</span></p> Friska Eldianita Nur, Nova Yulianti Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3015 Fri, 22 Dec 2023 00:00:00 +0800 Program Corporate Social Responsibility pada Perusahaan BUMN https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3112 <p><strong>Abstract. </strong>Merging companies in carrying out CSR activities is a claim for losses experienced by society, especially in environmental damage. PT Kereta Api Indonesia has a superior program with organic waste management using the Black Soldier Flyes (BSF) system. This research was conducted with the aim of analyzing the process of CSR activities carried out by PT Kereta Api Indonesia in the Indonesian Railroad Cares for the Environment activity and to find out the supporting and inhibiting factors in each process of its implementation at the PT KAI company. In this study, the researcher chose to use the case study method, using a constructivism approach or paradigm. Data collection techniques used interview and pbservation methods with informants who were CSR staff at PT KAI’s CSR activities. The results of this study are expected to be useful for both researchers and for other researchers who will conduct similar research. The results of this study are that PT Kereta Api Indonesia’s corporate social responsibility activities were formed by going through eight stages, starting form receiving proposals, conducting surveys, reporting surveys results, applying for disbursement of funds, disbursing funds, implementing activities, evaluating, and finally reporting activity results.</p> <p><strong>Abstrak. </strong><span lang="SV" style="letter-spacing: 0pt;">Keterlibatan perusahaan dalam melakukan kegiatan CSR merupakan tuntutan atas dampak kerugian yang dialami masyarakat khususnya pada kerusakan lingkungan. PT Kereta Api Indonesia memiliki program unggulan dengan pengelolaan sampah organik menggunakan sistem Black Soldier Flyes (BSF). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis mengenai proses dari kegiatan CSR yang dilaksanakan PT Kereta Api Indonesia dalam kegiatan Kereta Api Indonesia Peduli Lingkungan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan juga penghambat dalam setiap proses penyelenggaraannya pada perusahaan PT KAI. Dalam penelitian ini, peneliti memilih untuk menggunakan metode studi kasus, dengan menggunakan pendekatan atau paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai dengan narasumber yang merupakan staff CSR di PT KAI dan juga masyarakat yang terlibat dengan kegiatan CSR PT KAI. Hasil dari penelitian ini yaitu kegiatan corporate social responsibility PT Kereta Api Indonesia dibentuk dengan melewati delapan tahapan yang dilalui yakni, dimulai dari penerimaan proposal, pelaksanaan survey, pelaporan hasil survey, pengajuan pencairan dana, pencairan danam, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, dan yang terakhir pelaporan hasil kegiatan.</span></p> <p> </p> <p> </p> <p> </p> Syahdan Silmi Nurzaman, Sophia Novita Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3112 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0800 Strategi Komunikasi PT. G dalam Menangani Isu Negatif di Media Sosial https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3116 <p><strong>Abstract. </strong>PT G is a state-owned company engaged in the exploitation and exploration of geothermal energy and is in the stage of the Geothermal Power Plant (PLTP) development project. With the development project underway, it is not uncommon for negative issues to befall . The purpose of this article is to find out how analyzes issues on social media, find out how planning is done after the identification of negative issues on social media, find out how the implementation of strategies is done in dealing with issues and find out the reasons for choosing these communication strategies in the case of pad 38 rejection. This research uses a qualitative method with a case study approach. The results of this study found that uses two categories in analyzing issues, namely external social media analysis conducted by third parties and internal social media analysis conducted by employees themselves in analyzing issues, in planning communication strategies conducts audience understanding, platform selection and interaction with audiences, then the implementation practices carried out by are media action and non-media action, and the reasons for using the implementation carried out by are wide ranging reasons and specific reasons.</p> <p><strong>Abstrak. </strong><span lang="SV" style="letter-spacing: -.1pt;">PT G merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang eksploitasi dan eksplorasi panas bumi dan sedang dalam tahap proyek pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Dengan berjalannya proyek pengembangan tersebut, tak jarang isu negatif menimpa . Tujuan dilakukannya artikel ini untuk mengetahui bagaimana dalam menganalisis isu di media sosial, mengetahui bagaimana perencanaan yang dilakukan setelah teridentifikasinya isu negatif di media sosial, mengetahui bagaimana implementasi strategi yang dilakukan dalam menangani isu dan mengetahui alasan pemilihan strategi komunikasi tersebut pada kasus penolakan pad 38. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa menggunakan dua kategori dalam menganalisis isu yaitu <em>external social media analysis</em> yang dilakukan oleh pihak ketiga dan <em>internal social media analysis</em> yang dilakukan oleh karyawan itu sendiri dalam menganalisis isu, dalam perencanaan strategi komunikasi melakukan pemahaman khalayak, pemilihan platform dan interaksi bersama khalayak, lalu praktik implementasi yang dilakukan yaitu <em>media action</em> dan <em>non media action, </em>dan alasan penggunaan implementasi yang dilakukan yaitu <em>wide ranging reasons</em> dan <em>specific reasons.</em></span></p> Falih Dwi Musyaffa, Dadi Ahmadi Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3116 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0800 Hubungan antara Aktivitas Instagram Alfamart Gema Budaya Balaraja dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3125 <p><strong>Abstract. </strong>This research is based on a phenomenon that occurred regarding the fulfillment of information needs of the employees in a company. This research aims to determine the relationship between the social media activities of the @alfamartgemabudaya_balaraja Instagram account and the fulfillment of the employees’ information needs at the Sumber Alfaria Trijaya Inc., Tbk Balaraja Branch. This research used a quantitative method with a correlational study approach. The respondents’ population of this research is active employees from Sumber Alfaria Trijaya Inc., Tbk Balaraja Branch. The sampling taken was 99 samples. The data collection was carried out in the form of a questionnaire distributed via Google Forms. The result of this research shows that there is a relationship between the social media activities of the @alfamartgemabudaya_balaraja Instagram account and the fulfillment of the employees’ information needs at the Sumber Alfaria Trijaya Inc., Tbk Balaraja Branch. The data shows a correlation test result of 0.892. The relationship category is very strong, significant, positive, and unidirectional. Thus, it can be concluded that the more frequent the social media activities of the Instagram account @alfamartgemabudaya_balaraja in providing information, the more fulfilled the fulfillment of the information needs and can build a better relationship between the company and its employees.</p> <p><strong>Abstrak. </strong><span lang="SV">Penelitian ini didasarkan pada suatu fenomena yang terjadi mengenai pemenuhan kebutuhan informasi pada karyawan dalam suatu perusahaaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas media sosial akun instagram @alfamartgemabudaya_balaraja dengan pemenuhan kebutuhan informasi pada karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk Cabang Balaraja. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Populasi responden pada penelitian adalag karyawan aktif yang berasal dari PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Balaraja. Sampel yang diambil sebanyak 99 sampel. Mengenai pengambilan data yaitu berupa kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Hasil mengenai penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas media sosial akun Instagram @alfamartgemabudaya_balaraja dengan pemenuhan kebutuhan informasi karyawan yang ada di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Balaraja, data menunjukan hasil uji korelasional sebesar 0,892. Kategori hubungan yang sangat kuat, signifikan, postif serta searah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin sering aktivitas media sosial akun Instagram @alfamartgemabudaya_balaraja dalam memberikan informasi, maka akan semakin terpenuhi pemenuhan kebutuhan serta dapat membangun hubungan yang lebih baik lagi antara perusahaan dengan para karyawannya.</span></p> <p> </p> Gia Tamaya Bilqis, M. E. Fuady Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3125 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0800 Tinjauan Kognisi Sosial Mahasiswa Fikom Unisba https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3126 <p><em><strong>Abstract.</strong></em></p> <p>Dressing can be defined as a characteristic of human civilization, as a highly regarded existence in life compared to adhere to the principles of wearing clothing that is in other creatures. As Muslims, it is necessary to accordance with Islamic law. Campus life is certainly not exempt from these principles. Therefore, the issue of campus dress code also needs to be maintained and adjusted according to Sharia law. In this context, the social cognition of Fikom Unisba students in understanding the rules of Muslim attire needs to be further examined. Therefore, this research will investigate how the social cognition of Fikom Unisba students influences their perception of the rules of Muslim attire at Fikom Unisba. This study uses a quantitative descriptive approach to collect and analyze data on the perceptions of Fikom Unisba students regarding the rules of Muslim attire at Fikom Unisba. Data were collected through questionnaires distributed randomly to Fikom Unisba students. Data analysis was conducted using descriptive statistical techniques. The results obtained showed positive figures. All respondents stated that they did not object to the existence of these rules. This becomes a movement that encourages students to become better individuals after wearing Muslim attire at Fikom Unisba.</p> <p><strong><em>Abstrak. </em></strong><span lang="SV">Berbusana dapat didefinisikan menjadi ciri peradaban manusia, sebagai eksistensi yang dijunjung tinggi dalam suatu kehidupan, dibandingkan dengan makhluk lainnya. Sebagai Muslim, sepatutnya harus mematuhi kaidah-kaidah dalam memakai pakaian yang selaras terhadap Syari’at Islam. Kehidupan kampus tentunya tidak terlepas dari kaidah-kaidah tersebut.. Oleh karena itu, masalah tata busana kampus juga perlu dipertahankan dan disesuaikan dengan hukum Syariah. Dalam konteks ini, peran kognisi sosial mahasiswa dalam memahami aturan berbusana Muslim di Fikom Unisba perlu ditinjau lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini akan melihat bagaimana kognisi sosial mahasiswa Fikom Unisba mempengaruhi persepsi mereka terhadap aturan berbusana Muslim di Fikom Unisba. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang persepsi mahasiswa Fikom Unisba terhadap aturan berbusana Muslim di Fikom Unisba. Data diambil melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Fikom Unisba secara acak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan angka yang positif. Dari seluruh item pernyataan semua responden menyatakan bahwa mereka tidak merasa keberatan dengan adanya aturan tersebut. Hal ini menjadi suatu gerakan yang mendorong mahasiswanya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi setelah memakai busana muslim di Fikom Unisba.</span></p> Muhammad Givansyah, Maya Amaliah Oesman Palapah Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3126 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0800 Pemanfaatan Konten Kuliner sebagai Promosi UMKM pada Platform Media Informasi https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3127 <p><strong>Abstract. </strong>Instagram account that always provides informational content related to information about the Bandung area is Info, which is shortened to Infobdgcom. In the culinary content presented is the content "Enak Nih", in informative forms such as the meaning of a food, and infobdgcom also recommends the best culinary places choices from parties infobdgcom itself. The purpose of this research is to find out the style of message presented in packaging "Enak Nih" culinary content, to find out the use of Instagram features in presenting culinary content, to find out why culinary information is used as one of the mainstay content. This study uses qualitative methods and a case study approach by Robert k.Yin. In the style of the message presented in the packaging of the Enak Nih content itself, it is based on several things, the first is public segmentation where the segmentation targeted by Infobdg itself is all audiences, so the message style and language style presented use common language and the second is the character of the company itself which is a company that struggles in the field of information so that in the style of the message given it must really be accepted by the wider community, the third is Sundanese culture which is the source of the reason why Enak Nih is made the main diction for culinary content because the initial diction was ngabibita and also ngareunah euy that's where the base for the creation of the Enak Nih diction.</p> <p><strong>Abstrak. </strong><span lang="SV">Salah satu akun Instagram yang selalu memberikan konten informasi terkait informasi seputar daerah Bandung adalah Info yang disingkat menjadi Infobdgcom. Dalam konten kuliner yang disajikan adalah konten “Enak Nih”, berbentuk informatif seperti pengertian sebuah makanan, dan infobdgcom juga merekomendasikan tempat-tempat kuliner terbaik pilihan dari pihak infobdgcom sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya pesan yang disajikan dalam mengemas konten kuliner “Enak Nih”, untuk mengetahui pemanfaatan fitur Instagram dalam menyajikan konten kuliner, untuk mengetahui mengapa informasi kuliner dijadikan sebagai salah satu konten andalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus Robert k.Yin. Dalam gaya pesan yang disajikan dalam mengemas konten Enak Nih sendiri di dasari oleh beberapa hal yang pertama segmentasi public, jadi gaya pesan maupun gaya bahasa yang disajikan menggunakan bahasa umum dan yang kedua adalah karakter perusahaan sendiri yang dimana merupakan sebuah perusahaan yang bergelut dalam bidang informasi sehingga dalam gaya pesan yang diberikan harus benar-benar dapat diterima oleh masyarakat luas, yang ketiga dalah budaya sunda menjadi sumber penyebab kenapa Enak Nih di jadikan diksi utama konten kuliner karena yang awal diksinya adalah ngabibita dan juga ngareunah euy disitulah dasar terciptanya diksi Enak Nih.</span></p> Daffa Adnan Ghifari, Zulfebriges Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3127 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0800 Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3128 <p><strong>Abstract. </strong><span style="font-size: 0.875rem;">JX has a social media Tiktok with a number of followers of around 800 thousand followers. And having around 15 million likes. The method used in this study is a qualitative research method with a case study approach. This study examines contemporary phenomena which are studied in depth regarding online media marketing communication strategies. By using data collection techniques observation, interviews, and documentation. The results of the research show that PT. JX uses Tiktok social media in carrying out marketing communication activities because Tiktok social media increases sales and increases brand awareness. The constraints faced by PT. JX is a time constraint, Tiktok social media system, and customers. Despite the constraints of the Tiktok system, JX continues to learn about the provisions and rules made by the Tiktok social media. In the event that JX's customers always make reliable products so that customers are more confident and interested in JX perfume products, compared to other competitors or competitors who sell counterfeit products. PT strategy JX Akbar's work in optimizing marketing communications through Tiktok social media is to create clear and structured content planning and create a special schedule or timeline so that the content is spread out in a timely manner.</span></p> <p><strong>Abstrak. </strong><span lang="SV" style="letter-spacing: .1pt;">PT. JX memiliki social media Tiktok dengan jumlah pengikut sekitar 800 ribu pengikut. Dan memiliki jumlah sekitar 15 juta like. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini meneliti fenomena kontemporer yang dikaji secara mendalam mengenai strategi komunikasi pemasaran media online. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Alasan PT. JX menggunkan media sosial Tiktok dalam melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran adalah karena media sosial Tiktok meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Kendala yang dihadapi oleh PT. JX adalah kendala waktu, system media sosial Tiktok, dan customer. Dalam kendala system Tiktok Jayrosse terus mempelajari tentang ketentuan dan aturan-aturan yang dibuat oleh media sosial Tiktok. Dalam kendala customer Jayrosse selalu membuat produk yang terpercaya agar customer lebih yakin dan tertarik pada produk parfum Jayrosse, dibandingkan pesaing lainnya maupun pesaing yang menjual produk palsu. Strategi PT. JX dalam mengoptimalisasikan komunikasi pemasaran melalui media sosial Tiktok adalah dengan membuat content planning dengan jelas dan terstruktur dan membut jadwal atau timeline khusus agar konten tepat tersebar pada waktunya</span><span lang="SV" style="letter-spacing: 0pt;">.</span></p> Rofy Anggiana Putra, Doddy Iskandar Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3128 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0800 Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023 https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3210 <p><strong>Abstract. </strong><span lang="SV">The beauty industry is one of the industries that is considered dynamic and is required to continue to grow, and must always be ready to adapt to changes. After recording growth of seven percent throughout 2019, the Ministry of Industry is targeting the cosmetic industry to grow above nine percent in 2020. Hanasui as a brand in the digital realm has proven it by achieving more than 350 thousand users, sales of more than 290 thousand transactions, and 260 thousand more product reviews with an average rating of 4.9 across the top two marketplaces. This encourages the need for media monitoring as a form of business tracking and monitoring brand and product insights on the internet. Netnography as a type of research method from descriptive to qualitative utilizes social media monitoring analytics tools by collecting data based on timeline segmentation through applications or Brand duration24. The data collected by the Brand24 application includes Twitter, blogs, videos, forums, news, and websites.</span></p> <p><strong>Abstrak. </strong><span lang="SV">Industri kecantikan termasuk salah satu industri yang dinilai dinamis dan dituntut untuk terus berinovasi, serta harus selalu siap beradaptasi dengan perubahan yang ada. Setelah mencatat pertumbuhan tujuh persen sepanjang 2019, Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri kosmetik di atas sembilan persen pada tahun 2020. Hanasui sebagai salah satu <em>brand</em> di ranah digital telah membuktikan dengan tercapainya lebih dari 350 ribu pengguna, penjualan lebih dari 290 ribu transaksi, dan 260 ribu lebih ulasan produk dengan rating rata-rata 4,9 di dua marketplace teratas. Hal tersebut mendorong perlu adanya media monitoring sebagai bentuk usaha pelacakan dan pemantauan insights <em>brand</em> dan produk di internet. Netnografi sebagai jenis metode penelitian dari deskriptif kualitatif memanfaatkan <em>social media monitoring analytical tools</em> dengan mengumpulkan data yang berbasis segmentasi lini masa melalui aplikasi atau lama Brand24. Data yang dihimpun oleh aplikasi Brand24 adalah Twitter, <em>blog, video</em>, forum, berita, serta <em>website</em>.</span></p> Farley Rafa Aurellia, Hanny Hafiar, Centurion Chandratama Priyatna Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3210 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0800