https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/issue/feed Jurnal Riset Public Relations 2024-07-19T00:00:00+08:00 Dadi Ahmadi uptpublikasi@unisba.ac.id Open Journal Systems <p><a title="JRPR" href="https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR" target="_blank" rel="noopener"><strong>Jurnal Riset Public Relations (</strong>JRPR)</a> adalah jurnal <em>peer review</em>&nbsp;dan dilakukan dengan&nbsp;<em>double blind review</em> yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian media, strategi PR, dll.&nbsp; <a title="Jurnal Riset Public Relations" href="https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR" target="_blank" rel="noopener"><strong>JRPR </strong></a>ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN <a title="ISSN JRPR" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210715541167011" target="_blank" rel="noopener">2798-6616</a> yang diterbitkan oleh <a title="UPT Publikasi" href="https://publikasi.unisba.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">UPT Publikasi Ilmiah</a>,&nbsp;<a title="unisba" href="https://www.unisba.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Universitas Islam Bandung</a>. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini akan ter-<em>indeks</em>&nbsp;di&nbsp;<a title="GS JRPR" href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;authuser=1&amp;user=NhFbvAQAAAAJ" target="_blank" rel="noopener">Google Schoolar</a>,&nbsp;<a title="Id Garuda" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/25642" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a>,&nbsp;<a title="doi" href="https://search.crossref.org/?q=unisba&amp;from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a>, dan&nbsp;<a title="DOAJ" href="https://doaj.org/search/journals?ref=quick-search&amp;source=%7B%22query%22%3A%7B%22filtered%22%3A%7B%22filter%22%3A%7B%22bool%22%3A%7B%22must%22%3A%5B%7B%22terms%22%3A%7B%22bibjson.publisher.name.exact%22%3A%5B%22Universitas%20Islam%20Bandung%22%5D%7D%7D%5D%7D%7D%2C%22query%22%3A%7B%22query_string%22%3A%7B%22query%22%3A%22universitas%20islam%20bandung%22%2C%22default_operator%22%3A%22AND%22%2C%22default_field%22%3A%22bibjson.publisher.name%22%7D%7D%7D%7D%7D" target="_blank" rel="noopener">DOAJ</a>.&nbsp; &nbsp;Terbit setiap <strong>Juli</strong> dan <strong>Desember</strong>.</p> https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3302 Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB 2024-07-16T10:59:15+08:00 Azis Iskandar azisiskandar239@gmail.com Muhammad Ryanto azisiskandar239@gmail.com Tria Patrianti azisiskandar239@gmail.com <p>Dalam menghadapi persaingan ketat di industri Food and Beverage (F&amp;B), PT MAP boga, melalui merek unggulannya Pizza Marzano, berhasil mengimplementasikan <em>strategi </em><em>digital </em><em>public </em><em>relations</em> yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teori <em>digital public relations</em>. Dalam menghadapi persaingan ketat di industri <em>Food and Beverage (F&amp;B),</em> PT MAP boga, melalui merek unggulannya Pizza Marzano, berhasil mengimplementasikan <em>strategi </em><em>digital </em><em>public </em><em>relations</em> yang efektif. Analisis mendalam terhadap lingkungan industri <em>F&amp;B</em> memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teori <em>digital public relations</em>. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang di lakukan oleh pizza marzano berhasil karena melalui media instagram banyak konsumen yang antusias dalam menunggu informasi yang di berikan oleh pizza marzano dalam bentuk postingan. Strategi Pizza Marzano bukan hanya membantu membangun citra positif dan meningkatkan keterlibatan konsumen, tetapi juga memperkuat posisi perusahaan di pasar <em>F&amp;B </em>yang kompetitif. Terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren konsumen akan menjadi kunci untuk mempertahankan daya saing di era digital yang terus berkembang.</p> <p class="09StyleKeywords" style="margin-left: 0in; text-indent: 0in;"><span lang="EN-US">In the face of fierce competition in the Food and Beverage (F&amp;B) industry, PT MAP boga, through its flagship brand Pizza Marzano, has successfully implemented an effective digital public relations strategy. This research uses qualitative methods as well as digital public relations theory. In the face of fierce competition in the Food and Beverage (F&amp;B) industry, PT MAP boga, through its flagship brand Pizza Marzano, has successfully implemented an effective digital public relations strategy. In-depth analysis of the F&amp;B industry environment allows companies to tailor this research using qualitative methods as well as digital public relations theory. The results of this study show that the strategy carried out by pizza marzano is successful because through Instagram media many consumers are enthusiastic in waiting for information provided by pizza marzano in the form of posts. Pizza Marzano's strategy not only helps build a positive image and increase consumer engagement, but also strengthens the company's position in the competitive F&amp;B market. Continuing to adapt to technological developments and consumer trends will be key to maintaining competitiveness in the ever-evolving digital era.</span></p> 2024-07-21T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3679 Destination Branding Desa Wisata Alamendah Melalui Media Sosial Instagram 2024-07-15T08:50:13+08:00 Tiara Kristiani Tanditha tiara18021@mail.unpad.ac.id Anwar Sani anwar.sani@unpad.ac.id Hanny Hafiar hanny.hafiar@unpad.ac.id <p>Desa Wisata Alamendah adalah desa wisata yang terletak di Desa Alamendah, Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap rekomendasi analisis dan strategi pencarian pasar, tahap mengembangkan identitas <em>brand</em>, tahap memperkenakan <em>brand, </em>tahap mengimplementasikan <em>brand,</em> dan tahap <em>monitoring, evaluasi </em>dan <em>review brand </em>pada <em>destination branding </em>Desa Wisata Alamendah melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tahap rekomendasi analisis dan strategi pencarian pasar belum optimal karena belum menetapkan segmentasi secara spesifik dan tidak melaksanakan proses rekomendasi. (2) Tahap mengembangkan identitas <em>brand </em>telah dilakukan cukup optimal dengan menetapkan nilai inti <em>brand</em> dan visi yang tepat, tetapi belum optimal pada hal <em>brand guideline.</em> (3) Tahap memperkenalkan <em>brand </em>belum optimal karena tidak menentukan target audiens secara rinci. (4) Tahap mengimplenentasikan <em>brand</em> belum optimal karena belum memiliki kerja sama mengenai <em>destination branding </em>dalam media sosial Instagram. (5) Tahap <em>monnitoring, evaluasi, </em>dan <em>review brand </em>pada <em>destination branding </em>belum optimal karena belum melakukan pemantauan <em>like, views, </em>dan <em>engagement, </em>belum melakukan evaluasi secara khusus, dan belum melakukan <em>review.</em></p> <p>Alamendah Tourism Village is a tourist village located in Alamendah Village, Bandung Regency. This research aims to determine the stage of recommendation analysis and market search strategy, the stage of developing brand identity, the stage of introducing the brand, the stage of implementing the brand, the stage of monitoring, evaluating, and reviewing the brand in the destination branding of Alamendah Tourism Village via Instagram. Ths research uses descriptive research methods. Data collection techniques were carried out using observation, interviews, and documentation studies. The result of this research show that (1) The analysis, recommendation stage, and market research strategy are not optimal because they have not determined specific segmentation and did not carry out the recommendation process. (2) The developing brand identity stage has been carried out quite optimally by determining the brand’s core value and vision correctly, but not optimally in terms of brand guidelines.(3) The introduction of the brand stage is not optimal because it does not determine the target audience in detail. (4) The implementation of the brand stage is not yet optimal because there is no cooperation regarding destination branding on Instagram social media. Relationship are established in the form of asssistance, not cooperation. (5) The monitoring, evaluating, and reviewing brands stage in destination branding is not yet optimal because they have not monitored likes, views, and engagement, have not carried out specific evaluations, and have not carried out reviews.</p> 2024-07-21T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3747 Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret – April 2024 2024-07-16T11:01:57+08:00 Erika Ilyas erika19001@mail.unpad.ac.id <p class="07StyleBodyAbstrak" style="line-height: normal;"><span lang="SV" style="letter-spacing: .2pt;">Industri makanan merupakan industri yang sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidup manusia dimuka bumi. Makanan menjadi sumber energi bagi manusia untuk beraktivitas. Salah satu produk makanan yang sering dikonsumsi sebagai asupan harian adalah roti. Di Indonesia, <em>brand</em> Sari Roti menjadi produsen roti yang masih bertahan sejak tahun 1995 hingga hari ini. Perubahan zaman dan perkembangan teknologi menuntut Sari Roti untuk terus beradaptasi dan berinovasi. Hal ini yang membuat Sari Roti harus menggunakan media <em>monitoring</em> sebagai alat untuk memantau produknya di masyarakat Indonesia. Netnografi merupakan jenis penelitian dari deskriptif kualitatif yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan analisis dan pengumpulan data. Dalam melakukan media monitoring, penulis menggunakan Brand24 yang terhubung dengan media Twitter, Tiktok, Blog, <em>Videos, News, Podcast,</em> Forum, dan <em>Website</em>.</span></p> <p>The food industry is an industry that has a big influence on human survival on earth. Food is a source of energy for humans to carry out activities. One food product that is often consumed as daily intake is bread. In Indonesia, the Sari Roti brand has been a bread producer that has survived since 1995 until today. Changing times and technological developments require Sari Roti to continue to adapt and innovate. This is what makes Sari Roti have to use media monitoring as a tool to monitor its products in Indonesian society. Netnography is a type of qualitative descriptive research that uses social media as a tool for analyzing and collecting data. In conducting media monitoring, the author uses Brand24 which is connected to Twitter, Tiktok, Blogs, Videos, News, Podcast, Forums, and Websites.</p> 2024-07-21T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3761 Beauty Standard dalam Komunitas : Sudut Pandang Remaja Berniqab dalam Memandang Body Goals 2024-07-11T09:09:30+08:00 Tania Putri Dzahabiyyah taniaputri227@gmail.com Tri Nur Aini Noviar tri.nur@unisba.ac.id <p>Munculnya standarisasi kecantikan dikehidupan sosial masyarakat mendorong setiap orang untuk memiliki padangan tubuh ideal berdasarkan standarisasi ini. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi body goals bagi remaja muslimah berniqab ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek pada penelitian ini ditentukan secara purposive bagi para remaja muslimah berniqab dengan kriteria tertentu, yaitu remaja perempuan akhir yang memiliki rentang usia 18-24 tahun, aktif menggunakan media sosial Instagram, dan minimal sudah selama dua tahun memakai niqab. Tahapan analisis data yaitu pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, lalu data direduksi dengan menjadikan beberapa bagian melalui pertanyaan yang disesuaikan dengan penelitian, menyajikan data dimana data direduksi dalam bentuk uraian deskriptif berupa kata-kata agar data-data mudah dipahami, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pemaknaan body goals sebagai sebuah beauty standard yang mencakup kedalam tiga hal yaitu: kesehatan jasmani karena body goals bukan hanya sekedar bentuk fisik yang ideal, tapi diperlulan kesehatan dari dalam diri juga. Selain itu, body goals juga disertai dengan kesehatan rohani seperti berdoa, beribadah, meningkatkan iman, dan hal hal yang mendekatkan diri kepada sang kuasa, yang akan menghasilkan inner beauty atau kecantikan yang terpancar dengan adanya akidah, akhlak dan keimanan yang terjaga.</p> <p>The emergence of beauty standardization in social life encourages everyone to have an ideal body image based on this standardization. This research, which aims to find out how the perception of body goals for Muslim women iniqab, uses a qualitative research method with a phenomenological approach. The subjects in this study were determined purposively for Muslimah teenagers wearing niqab with certain criteria, namely late adolescent girls who have an age range of 18-24 years, actively use Instagram social media, and have worn niqab for at least two years. The stages of data analysis are data collection through in-depth interviews, observation, and documentation, then the data is reduced by making several parts through questions tailored to the research, presenting data where the data is reduced in the form of descriptive descriptions in the form of words so that the data is easy to understand, and drawing conclusions. This study concludes that the meaning of body goals as a beauty standard that includes three things, namely: physical health because body goals are not just an ideal physical form, but health from within is also needed. In addition, body goals are also accompanied by spiritual health such as praying, worshiping, increasing faith, and things that bring you closer to the power, which will result in a healthy body.</p> 2024-07-21T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3764 Hubungan antara Citra Merek Universitas Al – Azhar Mesir dengan Minat Santri Melanjutkan Studi 2024-06-07T10:50:01+08:00 Akbar Hanf Zuhdi akbarhanifzuhdi@gmail.com Tia Mutia Umar muthiahumar@gmail.com <p>Universitas Al-Azhar mempunyai reputasi yang sangat baik di kalangan umat muslim di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya hubungan antara citra merek Universitas Al-Azhar Mesir dengan minat santri untuk melanjutkan studi. Teori yang diuji pada penelitian ini adalah teori citra merek Aaker &amp; Biel (2009) dengan indikator yaitu citra universitas, citra pendidikan, citra alumni yang dikorelasikan dengan teori minat Gie (2014). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian ini didapat dengan para santri Pondok Modern Tazakka sebanyak 77 orang. Penelitian ini menggunakan uji validitas Pearson R dan uji reliabilitas alpha Cronbach dengan teknik analisis data Rank Spearmann. Hasil dari uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa data valid dan reliabel. Berdasarkan koefisien korelasional Rank Spearman semua variabel X menunjukkan nilai yang positif dan nilai signifikansi 0,00&lt;0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Hasil diperoleh nilai X sebesar 0,659 hal ini berarti citra merek yang terdiri dari citra universitas, citra pendidikan, dan citra alumni mempunyai hubungan dengan minat santri melanjutkan studi. Hal ini menjadi bukti bahwa citra merek Universitas Al-Azhar dapat membentuk minat pada santri di Indonesia.</p> <p class="07StyleBodyAbstrak"><span lang="SV">Al-Azhar University has an excellent reputation among Muslims in the world This research aims to determine the relationship between the brand image of Al-Azhar University in Egypt and students' interest in continuing their studies. The theory tested in this research is Aaker &amp; Biel's (2009) brand image theory with indicators namely university image, education image, alumni image which are correlated with Gie's (2014) interest theory. The method used is quantitative with a correlational approach. This research data was obtained from 77 students of Pondok Modern Tazakka. This research uses the Pearson R validity test and Cronbach's alpha reliability test with the Spearmann Rank data analysis technique. The results of the validity test and reliability test show that the data is valid and reliable. Based on the Spearman Rank correlation coefficient, all X variables show positive values ​​and the significance value is 0.00&lt;0.05, which indicates that the relationship that occurs is significant. The results obtained an X value of 0.659, this means that the brand image consisting of the university image, education image and alumni image has a relationship with students' interest in continuing their studies. This is proof that the brand image of Al-Azhar University can shape interest among students in Indonesia </span></p> 2024-07-22T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3824 Ekofeminisme dalam Film Dokumenter “Our Mother’s Land” 2024-06-07T11:15:06+08:00 Annisa Rahyanatuqolbi annisa.rayhanatuqolbi15@gmail.com Doddy Iskandar doddy.iskandar.cn@gmail.com Dadi Ahmadi dadi.ahmadi@unisba.ac.id <p>Film menjadi media massa untuk merepresentasikan sebuah empiris yang terjadi dalam masyarakat. Film dokumenter “Our Mothers Land” memberitakan ekofeminisme yang dirilis pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk ekofeminisme yang terdapat pada scene-scene film dokumenter Our Mothers’ Land dengan menggunakan semiotika John Fiske. Tulisan ini akan membahas perihal film Our Mother’s Land yang rilis di tengah berita lingkungan yang mencuat pasca sahnya Undang-Undang Minerba dan Omibus Law Cipta Kerja. Film ini hadir pada format dokumenter yang mendeskripsikan perjuangan warga norma pada mempertahankan tanahnya berasal eksploitasi korporat. Our Mother’s Land penekanan mengangkat kisah-kisah gerakan perlawanan yang digagas serta diorganisir langsung oleh para wanita. Pada film ini terdapat scene-scene yang ingin dicari memahami makna nya melalui teori semiotika milik John Fiske, menggunakan melalui tiga level proses pengkodean asal teori <em>The Codes of Television</em> yaitu level empiris, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ekofeminisme dalam film<em> Our Mothers’ Land </em>digambarkan oleh sosok para perempuan yang semangat dan tidak pantang menyerah dalam setiap peristiwa melawan perusahaan yang akan mengambil hak warga, seorang yang mampu menjadi pemimpin di dalam masyarakat, walaupun dengan labelnya yang seorang perempuan.</p> <p class="07StyleBodyAbstrak"><span lang="SV">Film is a mass media representing a reality in society. Documentary film “Our Mothers Land” released in 2020 tells about ecofeminism. This study aims to analyze the forms of ecofeminism that exist in the scenes of the documentary film Our Mothers' Land using John Fiske's semiotics. This article will discuss the film Our Mother's Land, released amid environmental issues that arose after the Minerba Law and Job Creation Omnibus Law came into force. This film is presented in a documentary format that depicts the struggle of indigenous peoples in defending their land from corporate exploitation. Our Mother's Land focuses on stories of resistance movements initiated and directly organized by women. In this film there are scenes whose meaning you want to find out through John Fiske's semiotic theory, by going through three levels of the coding process of The Codes of Television theory, namely the level of reality, the level of representation, and the level of ideology. The results of the research show that ecofeminism in the film Our Mothers' Land is depicted by the figures of women who are enthusiastic and never give up in every incident against companies that will take away citizens' rights, someone who is able to become a leader in society, even though she is labeled as a woman.</span></p> 2024-07-22T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3826 Hubungan Personal Branding pada Instagram @Ganjar_Pranowo dengan Minat Memilih Ganjar sebagai Presiden 2024-07-06T17:57:45+08:00 Shifa Putri Mardianti shifaputrimardianti@gmail.com Maman Suherman mamansuherman.unisa@gmail.com <p class="07StyleBodyAbstrak"><span lang="SV">Indonesia merupakan salah satu negara berdemokrasi, sejumlah tokoh dan politisi mulai aktif menggunakan media sosial. Salah satunya, Ganjar Pranowo yang turut menggunakan media sosial instagram pribadinya sebagai alat personal branding menjelas capres 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya hubungan antara Personal Branding di akun Instagram @ganjar_pranowo dengan Minat memilih Ganjar sebagai calon presiden RI 2024, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian ini didapatkan dari Mahasiswa Fikom Unisba angkatan 2020,2021, dan 2022 yang mengikuti Instagram @ganjar_pranowo sebanyak 70 orang menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Penelitian ini menggunakan uji validitas Pearson R dan uji reliabilitas alpha Cronbach dengan teknik analisis data Rank Spearman. Hasil dari uji validitas dan uji reliabilitas menunjukan bahwa data valid dan reliabel. Berdasarkan koefisien korelasional Rank Spearman semua variabel X menunjukan nilai yang positif dan nilai signifikansi 0,00&lt;0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Dari penelitian ini diperoleh nilai X sebesar 0,659 hal ini berarti Personal Branding yang terdiri dari kekhasan, relevansi, dan konsistensi memiliki hubungan dengan minat memilih Ganjar sebagai Presiden RI.</span></p> <p>Indonesia is a democratic country which a number of figures and politicians have begun to actively use social media. one of them, Ganjar Pranowo who also uses his personal Instagram social media as a personal branding tool to explain the 2024 presidential candidate. This research aims to determine the relationship between personal branding on the Instagram account @ganjar_pranowo and interest in choosing Ganjar as the 2024 Indonesian presidential candidate. The method used in this research is a quantitative method with a correlational approach. This research data was obtained from 70 Fikom Unisba students from the 2020, 2021 and 2022 classes who follow Instagram @ganjar_pranowo using data collection techniques in the form of a questionnaire. This research uses the Pearson R validity test and Cronbach's alpha reliability test with the Spearman Rank data analysis technique. The results of the validity test and reliability test show that the data is valid and reliable. Based on the Spearman Rank correlation coefficient, all X variables show positive values ​​and the significance value is 0.00&lt;0.05, which indicates that the relationship that occurs is significant. From this research, an X value of 0.659 was obtained, this means that Personal Branding, which consists of distinctiveness, relevance and consistency, has a relationship with interest in electing Ganjar as President of the Republic of Indonesia.</p> 2024-07-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3827 Komunikasi Keluarga dalam Keluarga dengan Orang Tua Entrepreneur 2024-07-06T18:01:13+08:00 Rose Rahma Dewi roserdp802@gmail.com Oji Kurniadi oji.kurniadi@gmail.com <p>Dinamika keluarga bergantung pada komunikasi yang kuat antara orang tua dan anak. Komunikasi adalah cara orang tua memberikan pelajaran hidup, kebiasaan, dan prinsip kepada anak-anak mereka. Ini juga menjadi tempat di mana anak-anak dapat mengungkapkan curahan hati, kekhawatiran, atau kegembiraan mereka kepada orang tua mereka. Komunikasi yang baik membantu memperkuat hubungan emosional antara orang tua dan anak dan memberikan rasa dukungan dan keamanan yang sangat penting untuk pertumbuhan anak. Penelitian ini mengkaji tentang analisis komunikasi orang tua yang berprofesi sebagai <em>entrepreneur</em> dengan anaknya. Penelitian ini berfokus pada komunikasi keluarga yang terjadi di dalam keluarga di mana kedua orang tua merupakan seorang <em>entrepreneur</em>. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif melalui hasil observasi dan hasil wawancara dengan narasumber terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang tua memiliki peran krusial dalam membentuk karakter anak-anak dengan mengajarkan nilai-nilai spiritual, seperti cinta kepada Tuhan, menanamkan rasa hormat kepada orang tua dan orang lain, mengembangkan kesadaran tanggung jawab, dan membangun rasa percaya diri pada anak. Ini dilakukan melalui komunikasi terbuka, pendidikan agama, teladan, komunikasi santun, pembentukan lingkungan keluarga yang penuh kasih, pendekatan holistik dalam memberikan tugas dan pengajaran konsekuensi, serta memberikan dukungan dalam pengambilan keputusan.</p> <p>Family dynamics depend on strong communication between parents and children. Communication is how parents impart life lessons, habits, and principles to their children. It is also a place where children can express their feelings, worries or joy to their parents. Good communication helps strengthen the emotional connection between parents and children and provides a sense of support and security that is essential for a child's growth. This research examines the analysis of communication between parents who work as entrepreneurs and their children. This research focuses on family communication that occurs in families where both parents are entrepreneurs. The method used in this research is descriptive qualitative through observations and interviews with related sources. The results of this research show that parents have a crucial role in shaping children's character by teaching spiritual values, such as love of God, instilling respect for parents and other people, developing a sense of responsibility, and building self-confidence in children. . This is done through open communication, religious education, role models, polite communication, the formation of a loving family environment, a holistic approach in giving assignments and teaching consequences, as well as providing support in decision making.</p> 2024-07-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/3898 Pengelolaan Media Sosial Instagram dalam Gerakan Aksi Kemanusiaan dan Pendidikan 2024-07-11T09:30:28+08:00 Nabila Zariharja Darajat nabilazarijahrad@gmail.com Nova Yulianti nova_yulianti@yahoo.com <p>Persoalan masalah sampah dewasa ini menjadi sebuah tamparan tidak hanya bagi pemerintahan namun juga bagi masyarakat sekitar. Sampah tersebut dikelola dengan beragam cara agar lingkungan kehidupan menjadi lebih baik. Isu sampah ini lalu dilihat dari perspektif kemanusiaan dan pendidikan yang diserap kedalam media sosial Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk memalhami bagaimana pengelolaan media sosial <em>Instagram</em> yang membedakan komunitass Jabar Bergerak Zillenial dengan berfokus pada masalah sampah melalui pesan edukasi. Penulis menggunakan teori New Media oleh Pierre Levy. Metode yang digunalkan dalam penelitian ini adalalh kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial <em>Instagram</em> @Jaberzillenial ini selama prosesnya melibatkan identifikasi identifikasi informasi, seleksi konten relevan, dan pembentukkan realitas media.</p> <p>The issue of waste today is a slap in the face not only for the government but also for the surrounding community. The waste is managed in various ways so that the living environment becomes better. This waste issue is then seen from a humanitarian and educational perspective that is absorbed into the social media Instagram. The purpose of this research is to analyse the balgalimalnal management of Instagram social media that differentiates the Jabar Bergerak Zillenial Communities by focusing on the waste problem through educational messages. The author uses the theory of New Media by Pierre Levy. The method used in this research is quallaltif with a case study approach. The results showed that the management of Instagram @Jaberzillenial social media during the process involved the identification of information identification, selection of relevant content, and the formation of media reality.</p> 2024-07-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPR/article/view/4015 Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Kecanduan Game Online 2024-07-11T09:14:59+08:00 Raihan Naufal 10080019075@unisba.ac.id Anne Maryani anmar2005@gmail.com <p><em>Game online</em> merupakan permainan yang dimainkan oleh orang banyak dengan waktu yang bersamaan melalui jaringan online. Namun <em>game online</em> memberikan dampak yang cukup besar bagi para penggunanya baik dampak positif ataupun negatif. Komunikasi antarpribadi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah komunikasi antarpribadi orang tua dan anak di lingkungan Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung yang dimana komunikasi jenis ini terjadi secara tatap muka dan bersifat interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah agar orang tua tetap bisa mengawasi anak-anak mereka untuk tidak mengalami dampak kecanduan <em>game online</em> yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik analisis data berbentuk reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teori Substantif digunakan oleh penulis dengan harapan dapat memudahkan penulis dalam proses pengkajian data dan dalam proses menganalisa data yang sudah didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi orang tua dan anak menghasilkan dua pola komunikasi yaitu pola komunikasi <em>permissive </em>dan pola komunikasi<em> authoritative. </em></p> <p>Online games are games played by many people at the same time via an online network. However, online games have quite a big impact on their users, both positive and negative impacts. The interpersonal communication referred to in this thesis is interpersonal communication between parents and children in the Dago Village environment, Coblong District, Bandung City, where this type of communication occurs face to face and is interpersonal in nature. The aim of this research is so that parents can continue to supervise their children so that they do not experience the effects of online game addiction which can interfere with daily activities. The method used in this research is a qualitative descriptive method using observation, interviews, documentation and literature studies with data analysis techniques in the form of data reduction, data presentation and data verification. Substantive theory is used by the author in the hope that it will make it easier for the author in the process of reviewing data and in the process of analyzing the data that has been obtained. The research results show that interpersonal communication between parents and children produces two communication patterns, namely permissive communication patterns and authoritative communication patterns.</p> 2024-07-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Public Relations