Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.896Keywords:
Loose Parts, Konsep Ukuran, Media PembelajaranAbstract
Abstract. Loose parts are one of the media used in learning activities. This study aims to determine the extent to which the use ofmedia loose parts in developing the ability to recognize the concept of size in children aged 4-5 years at TK X The data collection techniques carried out at the time of the research were observation, interviews, and documentation techniques. And the data analysis technique used Huberman's descriptive analysis steps which included data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data sources of this study were 11 children aged 4-5 years and teachers of group A. The results of this study indicate that the use ofmedia loose parts in TK X in developing the ability to recognize the concept of size in children aged 4-5 years has been implemented quite well. good. The preparation and steps for usingmedia loose parts carried out by the teacher are quite mature and refer to the theory of the stages of using loose parts, by applying apperception, introducing playing strategies, getting used to tidying up toys, as well as playing methods that can develop the ability to recognize the concept of size. The results of learning the concept of size usingmedia loose parts show that the learning is effective in making children able to classify and sort differences in the size of an object.
Abstrak. Loose parts menjadi salah satu media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media loose parts dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia 4-5 tahun di TK X. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada saat penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan langkah analisis deskriptif Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dari penelitian ini adalah 11 anak usia 4-5 tahun dan guru kelompok A. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media loose parts di TK X dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia 4-5 tahun sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Persiapan dan langkah penggunaan media loose parts yang dilakukan oleh guru sudah cukup matang dan mengacu pada teori tahapan penggunaan loose parts, dengan cara menerapkan apersepsi, pengenalan strategi bermain, pembiasaan membereskan mainan, serta metode bermain yang dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep ukuran. Hasil dari pembelajaran konsep ukuran menggunakan media loose parts menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut efektik membuat anak mampu mengklasifikasi dan mengurutkan perbedaan ukuran suatu benda.