Implementasi Permainan Mini Outbound dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Kelompok A
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.713Keywords:
Permainan Mini Outbound, Motorik Kasar, Anak Usia DiniAbstract
Abstract. The purpose of this study was to determine whether children could develop gross motor skills through outbound mini games after being given a treatment on gross motor skills in experimental group children. The research design used was a non-equivalent control group design (pre-test-post-test design) because this research design provided pretest before being given treatment to the experimental and control groups to determine the success and effectiveness of this experimental study. The population of this research is the children of group A TK X. This research uses instruments, namely direct practice test sheets about gross motor skills and outbound mini games. The data obtained from the test results were analyzed using the normality test, homogeneity test, and independent sample T test (T test). Based on the results of data analysis using the T test, it can be seen that by giving treatment using outbound mini games (treatment) there was a significant increase in the treatment using outbound mini games which affected the gross motor skills of group A children in TK X.
Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah anak dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui permainan mini outbound setelah diberikan perlakuan (treatmeant) pada kemampuan motorik kasar pada anak kelompok eksperimen. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian nonequivalent control group design (rancangan tes awal-tes akhir) karena rancangan penelitian ini memberikan pretest terlebih dahulu sebelum diberikan treatmeant pada kelompok eksperimen dan kontrol untuk mengetahui keberhasilan dan efektivitas pada penelitian eksperimen ini. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok A TK X. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu lembar tes praktik langsung tentang motorik kasar dan permainan mini outbound. Data yang diperoleh dari hasil tes di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample T test (uji T). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji T dapat dilihat bahwa dengan memberikan perlakukan menggunakan permainan mini outbound (treatment) terjadi peningkatan yang signifikan dengan adanya perlakuan menggunakan permainan mini outbound yang mempengaruhi kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK X.