Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di RA X
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.534Keywords:
pola asuh, kemandirian, anakAbstract
Abstract. Educating children through the parenting approach is aimed at the children's success in the future, though parents’ status and education are influential in educating early childhood. Those determine the children's parenting pattern in independence education. Because children's independence is necessary for them, so they can do things without help. The aims of this study are (1) determining the students' independence level at Nabila Islamic early childhood education; and (2) understanding the relationship between parenting approaches in creating the students' independence early childhood at Nabila Islamic early childhood education. This research uses a quantitative method with a correlational approach. in addition, the researcher uses this method, for the researcher will discuss two interrelated variables to test the current hypothesis. The results of the study are (1) the lowest value of parents' parenting approach is at 8, and the highest value is at 15. The average value is 12.26 and, the standard deviation is 1.65; and (2) in addition, the Independence value shows 30.0% in the high category, 50% in the medium category, and 20.0% in the low category. Looking at the previous value, the researcher hopes this research is able to help parents in understanding the importance of parenting aspects inside of a family. in addition, parents should adjust the parenting applied in their family by adopting appropriate parenting patterns, in order to increase the independence of early childhood and instil noble values in forming children's independence and character.
Abstrak. Mendidik anak dengan pola pengasuhan dapat diberikan orang tua pada anaknya sebaik- baiknya agar menjadi anak yang berguna walaupun status pekerjaan dan pendidikan orang tua berpengaruh dalam mendidik anak usia dini. Hal ini melatar belakangi khususnya pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak mengenai kemandirian. Sebab kemandirian sangatlah penting bagi anak, karena anak mampu melakukan suatu hal tanpa bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui tingkat kemandirian Anak Usia Dini di RA X (2) Untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dalam membentuk kemandirian Anak Usia Dini di RA X. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan memakai pendekatan korelasional, metode ini dipilih karena berdasarkan judul penelitian, peneliti akan membahas dua variabel yang saling terhubung, yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian yang dapat disajikan sebagai berikut : (1) Pola Asuh Orang Tua, mendapat nilai terendah sebesar 8, nilai tertinggi 15, nilai rata-rata sebesar 12.26 serta simpangan baku sebesar 1.65. (2) Kemandirian diperoleh temuan penelitian bahwa dari 30 responden penelitain terdapat 9 (30.0%) responden yang memiliki kemandirian dengan kategori tinggi, 15 (50%) responden yang memiliki kemandirian dengan kategori sedang, serta 6 (20.0%) responden dengan kategori kemandirian dengan kategori rendah. Serta saran yang diberikan yaitu diharapkan dari hasil penelitian diharapkan dapat membantu orang tua untuk memahami bahwa pentingnya mengasuh anak dalam keluarganya guna menanamkan nilai-nilai dan meningkatkan kemandirian anaknya. Pada temuan studi, agar orang tua dapat menyesuaikan pola asuh yang diterapkan pada keluarganya dengan menerapkan pola asuh yang sesuai dalam rangka meningkatkan kemandirian anak usia dini menanamkan nilai-nilai luhur.