https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa

Authors

  • Raden Jihan Fauzianti Achsan Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i2.5135

Keywords:

Kemampuan Motorik Kasar, Egrang Batok Kelapa

Abstract

Abstrak. Penelitian ini membahas peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisional egrang batok kelapa. Tujuan penelitian meliputi: 1) gambaran umum kemampuan motorik kasar anak, 2) cara meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, dan 3) efektivitas permainan egrang batok kelapa dalam meningkatkan motorik kasar. Subjek penelitian adalah anak usia 5–6 tahun di TK AISYIYAH 2, dengan objek berupa kemampuan motorik kasar. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas kolaboratif, teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, serta analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada pra-siklus tidak ada anak dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Pada akhir siklus 1, anak rata-rata masuk kategori mulai berkembang (MB), dan pada siklus 2 mencapai kategori BSH dengan peningkatan 170%. Permainan ini efektif karena menggabungkan keseimbangan dan gerakan lokomotor yang merangsang motorik kasar, sehingga cocok untuk anak usia dini.

Abstract. This study focuses on improving gross motor skills through the traditional coconut shell stilt game. The research aims to: 1) describe children’s gross motor abilities, 2) identify methods to enhance gross motor skills, and 3) evaluate the effectiveness of the coconut shell stilt game. The subjects were children aged 5–6 years at AISYIYAH 2 Kindergarten, with the focus on gross motor skills. A collaborative classroom action research method was used, with data collected through observation and documentation, analyzed descriptively and qualitatively. The results showed no children in the "developing as expected" (BSH) category in the pre-cycle phase. By the end of cycle 1, most children were in the "beginning to develop" (MB) category, and by cycle 2, they achieved BSH with a 170% improvement. This success is attributed to the combination of balance and locomotor movements, making the game suitable for early childhood development.

References

Kotler P. Manajemen Pemasaran [Internet]. Jakarta: Indeks; 2005. Available from: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=618936

Rahma, H. (2018). (2018). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui permainan tradisional kelompok B di RA Al- Mukhlisin Darma Bakti Jl. Karya UJun g Dusun 1 Helvetia Tahun Ajaran 2017/2018 ( Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan. Rahma, H. (2018), 1-206.

Ahmad , S. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Pernebit Kencana. jakarta.

AMALIA, R, &. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR DENGAN PERMAINAN EGRANG BATOK KELAPA KELOMPOK A DI BA AISYIYAH DALEMAN Q KEC. TULUNG KKAB. KLATEN TAHUN

Marselyna,, A. (2016). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Seni Melipat Kertas di PAUD Tunas Asa Kemiling Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). 1-105.

ajeng, M. (2016) MENINGKATKAN MOTORIK Halus Anak Usia Dini MElalui Seni Melipat Kertas Di PAUD Tunas Asa Kemiling Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan keguruan : lain raden intan lampung

Asrita,. (2020). Peningkatan Kemampuan Intrapersonal Anak Dengan Menerapkan Reggio Emilia Approach Di TK Nurul Takwa KabupatenGowa.Makassar : Universitas Muhammasiyah Makassar,

Buku Panduan Penulisan Skripsi (2021). Edisi Revisi. EKIP. Universitas Muhammadiyah Makassar

Devi, Fratya Puspita. (2014).Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Kolase Pada Anak Kelompok B2 Di Tk Aba Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasanah . (2016).Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permaianan tradisional bagi anak usia dini. STAIN Juro Siwo Metro Lampung. Jurnal Pendidikan Anak, ( Online) Vol.5, Edisi 1, Herdianti, I. M.Psi,. Dkk. 2016,Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Penerbit Kencana. (http://www.journal.uny.ac.id diakses 02 september 2021).

Hasanah . (2016).Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permaianan tradisional bagi anak usia dini. STAIN Juro Siwo Metro Lampung. Jurnal Pendidikan Anak, ( Online) Vol.5, Edisi 1, Herdianti, I. M.Psi,. Dkk. 2016,Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Penerbit Kencana. (http://www.journal.uny.ac.id diakses 02 september 2021).

Hidayanti, (2013).Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permaianan bakiak. paud Pps Universtitas Negeri Jakarta. JurnalPendidikan usia dini ( online) Vol. 7 Edisi .1.

Khadijah, dan Nurul Amelia, M.Pd. 2020.).PengembanganFisik motorik Anak Usia Dini Teori Dan Praktik. Jakarta : Penerbit Kencana.

Mutia S, D.2020. Penggunaan Permainan Tradisional Egrang Batok KelapaDalam Perkembangan Motorik Kasar Anak usia 5-6 tahun.fakultas tarbiyah dan keguruan : uin sultan syarif kasim pecan baru

Permendikbud nomor 137 tahun 2014, (2015).Standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan permendikbud nomor

146 tahun 2014. 2015.Standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Rahma, (2018). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Kelompok B Di RA Al-Mukhlisin DarmaBhakti Jl. Karya Ujung Dusun 1 Helventia Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia

Setyawan, Dkk. 2018.Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TkNegeri Pembina Kota Surakarta. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial Dn Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, Ilmu Pendidikan.

Siahaan, Dkk. 2019.Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia DiniMelalui Metode Bermain Egrang Batok Kelapa Di RA Al-Hidayah Medan. Jurnal Tematik (Online) Vol 9 No.1 (Http://Www.Jurnal.Unimed.Ac.Id Diakses 15 Juli 2021)

Vicky A.S. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Pada

Kelompok B Di RA Taqwal Ilah Semarang. Journal Of EST (Online), Hal. 1-13, (Http://Www.Journal.Upgris.Ac.Id Diakses 15 Juli 2021)

ROFI'AH, Darojatir; ROHMAN, Taufiqur.. Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui permainan egrang batok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023, 9.14: 240 – 255

Putri, D. (2023). .MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PERMAINAN TRADISIONAL ANAK 5 – 6 TAHUN DI PAUD ARIEF RAHMAN DESA SINDANG ANOM KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR(Doctoral Dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).Ilmu Pendidikan.Jurnal Penjakora (Online) Vol. 5 No,1 (Http://Www.Ejournal.Undiksha.Ac.Id Diakses 15 Juli 2021)

Mahmud, Bonita. “Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12.1 (2019): 76-87.

Fauziah, Nadia. "Penggunaan media bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak." JIV-Jurnal Ilmiah Visi 8.1 (2013): 23-30.

Downloads

Published

2024-12-30