Pola Pengasuhan Ibu sebagai Orang Tua Tunggal dalam Membina Kemandirian Fisik Anak
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i2.5108Keywords:
Kemandirian Fisik, Ibu Tunggal, PembinaanAbstract
Abstrak. Kemandirian anak usia dini penting dikembangkan sejak dini, namun banyak anak usia 5-6 tahun masih belum mandiri secara fisik. Berdasarkan pengamatan, kemandirian fisik anak dipengaruhi oleh pola pengasuhan orang tua, khususnya ibu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melibatkan tiga anak dengan orang tua tunggal (ibu) dan guru kelas sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan ibu bervariasi, mulai dari mengajarkan, memanjakan, hingga membiarkan. Pembinaan kemandirian fisik dapat dilakukan dengan pengasuhan sesuai cara Rasulullah, seperti memberi teladan baik, menanamkan adab, membangun rasa percaya diri, memberi pujian dan motivasi, serta tidak mencela atau marah. Salah satu bentuk pembinaan adalah memisahkan tempat tidur anak, sebagaimana hadis riwayat Abu Daud yang menganjurkan orang tua memerintahkan anak salat pada usia tujuh tahun dan memisahkan tempat tidur pada usia sepuluh tahun. Hasil penelitian menunjukkan dua dari tiga anak sudah mandiri secara fisik, mampu melakukan aktivitas harian tanpa bantuan. Sementara satu anak belum mandiri karena kurangnya pembiasaan dan minimnya kesempatan dari ibu untuk mencoba melakukan aktivitas secara mandiri.
Abstract. Early childhood independence is important to develop early, but many children aged 5-6 years are still not physically independent. Based on observations, children's physical independence is influenced by parenting patterns, especially mothers. This research uses a qualitative approach with a case study type, involving three children with a single parent (mother) and a class teacher as subjects. Data were collected through observation, interviews, and documentation studies. The results showed that mothers' parenting patterns varied, ranging from teaching, pampering, to allowing. Fostering physical independence can be done by parenting according to the Prophet's way, such as setting a good example, instilling adab, building self-confidence, giving praise and motivation, and not criticizing or getting angry. One form of guidance is to separate the child's bed, as the hadith narrated by Abu Daud which recommends parents to order children to pray at the age of seven and separate the bed at the age of ten. The results showed that two of the three children were physically independent, able to do daily activities without assistance. While one child is not yet independent due to lack of habituation and lack of opportunities from the mother to try to do activities independently.
References
Aprianti, Y., & Yunita, M. (2023). Peran perempuan dalam memenuhi kebutuhan keluarga. 20(1), 39–45.
Dalita, R., Hayati, F., & Fitriani. (2021). Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Rukoh Lorong Banna Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).
Daviq, C. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9.
Fauziah, P. Y., & Amira, A. U. (2020). Identifikasi Pola Asuh Orang Tua Tunggal Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 153–160. https://doi.org/doi.org/10.21009/JIV.1502.7 Volume
Fauziyyah, G., & Nurul Afrianti. (2024). Toilet Training Melalui Buku Cerita Digital untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Menjaga Kebersihan Diri. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i1.3730
Febriani, E., Muhammad, I., Mayasari, R., & Akib, N. (2022). Pola Asuh Single Parent Dalam Pembentukan Karakter Anak (Studi Kasus Di Kabupaten Kolaka). Jurnal Mercusuar: Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 2(1). https://doi.org/10.31332/jmrc.v2i1.4387
Haifa Ridha Nur Fajrin, Dinar Nur Inten, & Ayi Sobarna. (2023). Implementasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Kemandirian Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 69–74. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3005
Nurprikhatin, R. E. (2019). Kemandirian Anak ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua (studi pada orang tua yang memiliki anak tk di kec.petarukan kab.pemalang).
Permendikbud. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. Permendikbud Repblik Indonesia, 8(33), 37.
Restiana, A. E. (2019). Peran Ganda Ibu Single Parent Dalam Keluarga Penyapu Jalan Di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Sosiologi, 7(3), 184–186.
Setiawati, Syur’aini, & Ismaniar. (2019). Keterampilan Hidup Mandiri Sejak Dini.
Suwaid, M. N. A. H. (2010). Propethetic Parenting: Cara Nabi SAW Mendidik Anak (Y. Maulana, Ed.). Pro-U Media.
Zuriati, N., & Marnelly, T. R. (2021). Pola Asuh Single Parent (Studi Kasus Single Parent (Ibu) Bekerja di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru). Jom Fisip, 8(2), 1–13.