https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Kegiatan Pembacaan Cerita Buku Pilar Karakter terhadap Perilaku Proposial Peserta Didik

Authors

  • Nadhira Putri Mulyana Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Erhamwilda Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Eko Surbiantoro Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i2.5106

Keywords:

Perilaku Prososial, Metode Bercerita, Buku Pilar Karakter

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses serta hasil pembelajaran menggunakan metode bercerita menggunakan buku pilar karakter untuk dapat meningkatkan perilaku prososial peserta didik disalah satu Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Bandung Wetan dengan subjek penelitian berjumlah 8 anak. Indikator perilaku prososial yang diteliti adalah dermawan, jujur, menolong dan bekerja sama. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah action research dengan jenis penelitian collaborative action research dan menggunakan model kemmis & Mc Taggart. Temuan penelitian secara deskriptif kuantitatif, menggambarkan persentase perilaku prososial peserta didik mengalami peningkatan dari 54,01% menjadi 62,05% pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 76,33%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pengembangan perilaku prososial pada anak dapat berkembang melalui metode bercerita menggunakan buku pilar karakter.

Abstract. The purpose of this study is to describe the process and results of learning using the storytelling method using the character pillar book to be able to improve the prosocial behavior of students in one kindergarten in Bandung Wetan District with research subjects totaling 8 children. The indicators of prosocial behavior studied are generous, honest, helpful and cooperative. The method used in this research is action research with the type of collaborative action research and using the Kemmis & Mc Taggart model. The research findings are descriptively quantitative, describing the percentage of students' prosocial behavior has increased from 54.01% to 62.05% in cycle I and has increased again in cycle II to 76.33%. Based on these results, it can be concluded that in the process of developing prosocial behavior in children can develop through storytelling methods using character pillar books.

References

Aisah, I. (2012). Strategi Penumbuhan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita (Studi Kasus Di Pendididkan Anak Usia Dini (Paud) Matahari Rw X1v Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi) . Jurnal EMPOWERMENT, 121–129.

Ajarita, S., & Hayati, F. (2021). Analisis Perilaku Anti Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Washliyah Banda Aceh. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Vol. 2, Issue 1).

Anggraini, N. F. (2016). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islamiyah Pontianak. Edukasi Jurnal Pendidikan Anak Usiaa Dini, 22–30.

Apriani, D. (2023). Manfaat Dan Tujuan Mendongeng Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Di Balai Layanan Perpustakaan Dpad Daerah Istimewa Yogyakarta (Diy). SIGNIFICANT : Journal of Research And Multidisciplinary, 02, 139–147.

Asiyah, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. Journal of Basic Education Research, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.82

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustina, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , 04(1), 181–190.

Fauziyyah, G., & Nurul Afrianti. (2024). Toilet Training Melalui Buku Cerita Digital untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Menjaga Kebersihan Diri. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i1.3730

Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Harahap, I. M. S. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Di Tk Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung Sikripsi Pembimbing Skripsi I Pembimbing Skripsi II. Universitas Islam Negeri .

Harmalis. (2023). Perilaku Prososial Dalam Persfektif Islam. Journal on Education, 06(01).

Hasanah, N., & Drupadi, R. (2020). Perilaku Prososial Anak selama Pandemi Covid-19. Buana Gender, 5.

Hasnawati, S. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Bagi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kualitas Pemahaman Peserta Didik. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 149–158. https://doi.org/10.35905/alishlah.v21i2.2630

Hidayat, Y., & Rosi, N. (2023). Metode Bernyanyi dalam meningkatkan kecakapan berbahasa anak usia dini . ResearchGate, 07, 21–26.

Izzati, R. N. (2016). Hubungan Perilaku Prososial Dengan Kebermaknaan Hidup Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Angaktan 2015/2016.

Kementrian Agama. (n.d.). Al-Qur’an Kemenag . Quran.Kemenag.Go.Id.

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , 4.

Lestari, A. T., hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengembangan media storybook pic-pop berbasis budaya lokal Palembang untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 1, 92–102.

Mukarromah, A. (2022). Pendidikan dan Moral Pada Anak Usia Dini. JSER Journal of Science and Education Research, 1(1). https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/

Murzian, W. (2013). Penerapan Metode Bercerita Berbasis Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Pikir Dan Mendengarkan. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 94–103.

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti , 7.

Rahman, A., Ru’iya, S., & Abid, D. F. (2022). Tahap Perkembangan Moral Anak Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. AKHLAQUL KARIMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 1, 38–50.

Rahmatillah, R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51.

Razak, A. I. M. (2015). Efektivitas Program Cerita Prososial Aktif Untuk Meningkatkan Tingkah Laku Prososial Pada Anak Prasekolah [Universitas Indonesia]. https://www.researchgate.net/publication/333184732

Rofi’ah, U. A., Maemonah, & Lestari, P. I. (2023). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Fredwrich Wilhelm Froebel. Generasi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni , 01, 23–47. http://generasi.staiku.ac.id

Santi Nurbayani, Asep Dudi Suhardini, & Dinar Nur Inten. (2023). Pengaruh Media Roda Baca Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Usia 4-5 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 97–102. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3078

Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, Rif’ain Ali, & Ardian. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini .

Syukria, & Siregar, N. S. S. (2018). Buku Cerita Si Kancil dan Perilaku Meniru Siswa Taman Kanak-kanak. . Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya , 2(2), 90–102.

Wulandari, Amanda, Chairilsyah, D., & Soldiah, Y. (2019). “Hubungan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 99–107.

Downloads

Published

2024-12-28