Minat Belajar Musik pada Anak di Gereja HKBP Ressort Pengembangan Medan
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i1.4559Keywords:
Minat Belajar, Musik, AnakAbstract
Abstrak.
Minat merupakan suatu kecenderungan yang menetap untuk memperhatikan dan mengingat suatu kegiatan. Seseorang yang tertarik pada suatu kegiatan akan dengan senang hati memperhatikannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui minat musik pada anak usia 8-12 tahun di gereja HKBP Ressort Pengembangan Medan. Pada hasil penelitian didapatkan minat anak belajar bermain musik dikarenakan beberapa faktor yaitu faktor minat dari anak itu sendiri, faktor keluarga, dan faktror lingkungan sosial.
Abstract. Interest is a persistent tendency to pay attention to and remember an activity. Someone who is interested in an activity will be happy to pay attention to it. This research uses qualitative research with the aim of finding out the interest in music in children aged 8-12 years at the HKBP Resort Development Medan church. The research results showed that children's interest in learning to play music was caused by several factors, namely the child's own interest, family factors, and social environmental factors.
References
Ashoer, M., Revida, E., Dewi, I. K., Simarmata, M. M., Nasrullah, N., Mistriani, N., Samosir, R. S., Purba, S., Islahuddin, I., Meganingratna, A., Permadi, L. A., Purba, B., Murdana, I., & Simarmata, H. M. P. (2021). Ekonomi Pariwisata (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Dubois, D. D., Rothwell, W. J., Stern, D. J. K., & Kemp, L. K. (2004). Competency-Based Human Resource Management. Davies-Black Publishing.
Iswara, P. D. (2021). Pendidikan musik (2nd ed.). Bandung : UPI Press.
Marti’in, Wicaksono, L., & Purwanti, P. (2019). ANALISIS TENTANG RENDAHNYA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7). https://doi.org/10.26418/jppk.v8i7.33958
Ningsih, R., & Ningsih, R. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754
Prastya, A. K. (2012). PROSES PEMBELAJARAN MUSIK BAGI KELOMPOK BAND JUST 4_U DI SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8120
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (5th ed.). Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT Alfabet.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (7th ed.). Bandung : Remaja Rosdakarya.
Utami, U., Liliek, H., & Nur, K. (2018). Buku Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Umum. Universitas Islam Negeri Maluna Malik Ibrahim.