Mengenal Gangguan Speech Delay pada Anak Usia Dini Menurut Kajian Psikolungustik
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i1.4075Keywords:
Speech Delay, Anak Usia Dini, BahasaAbstract
Abstrak. Bahasa merupakan aspek perkembangan terpenting dalam kehidupan terutama pada perkembangan anak usia dini. Perkembangan pada anak usia dini merupakan periode yang sensitif karna dapat memengaruhi kehidupan masa dewasanya dan aspek perkembangan satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi. Dalam perkembangan kadang tidak selalu berjalan mulus ada beberapa masalah yang tidak sesuai dengan semestinya. Salah satunya permasalahan perkembangan bahasa atau biasa dikenal dengan Speech delay merupakan masalah yang sering ditemui dan kurang diperhatikan oleh orang tua sehingga menimbulkan masalah yang serius pada perkembangan anak. Jenis penelitian ini menggunakan metode Study kepustakaan di mana penulis mengkaji Kembali informasi dari beberapa sumber yang relevan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai permasalah Speech delay pada anak usia dini.
Abstract. Language is the most important aspect of development in life, especially in early childhood development. Development in early childhood is a sensitive period because it can influence adult life and aspects of one's development influence each other. In development, sometimes it doesn't always run smoothly, there are several problems that are not as they should be. One of them is the problem of language development, or commonly known as speech delay, which isa problem that is often encountered and is not paid enough attention by parents, causing serious problems in children's development. This type of research uses the literature study method in which the author reviews information from several relevant sources with the aim of providing knowledge to readersregarding the problem of speech delay in early childhood.
References
Almira, D. R., & Hakim, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP), 3(2). https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3019
Aminah, S., & Ratnawati. (2022). Mengenal Speech Delay sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara pada Anak (Kajian Psikolinguistik). JALADRI: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 8(2).
Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda, P. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay pada Anak. Jurnal Al-Shifa, 1(2).
Hidayat, A. (2022). Interaksi Sosial Anak Speech Delay Di Sekolah Raudhatul Athfal Al Barkah Kecamatan Citeras Kabupaten Serang. Jurnal Anak Bangsa, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.46306/jas.v1i1.1
Muhaditsah, F. Z., Asep Dudi Suhardini, & Nurul Afrianti. (2023). Dukungan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 3(2), 109–114. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3081
Saputra, A., & Kuntarto, E. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia Prasekolah. Repository Unja.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Tsuraya, I. (2013). Kecemasan pada Orang Tua yang Memiliki Anak Terlambat Bicara (Speech Delay) di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang. Developmental and Clinical Psychology, 2(2). https://doi.org/10.15294/dcp.v2i2.2574
Van Tiel Julia, M. (2011). Pendidikan Anak Terlambat Bicara. Jakarta: Prenada Media Group.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung : Remaja Rosda Karya.