https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Efektivitas Program Living Values Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nurul Syaefani Universitas Islam Bandung
  • Arif Hakim PGPAUD, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i1.3739

Keywords:

Living Values Education, Kemampuan Pemecahan Masalah, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Abstrak.

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ada pada anak-anak Kelompok B RA X, yaitu ketidakoptimalan kemampuan pemecahan masalah anak. Salah satu upaya yang dilakukan RA X yaitu dengan menerapkan nilai-nilai karakter anak sejak usia dini dengan menggunakan pendektan program Living Values Education. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif kuasi eksperimen lemah. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental design menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh, mencakup seluruh siswa RA X kelompok B yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data uji Normalitas, uji Wilcoxon, dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest 18,58 dan nilai rata-rata posttest 27,76 adanya peningkatan setelah diberikannya perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa program Living Values Education terhadap kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun kelompok B di RA X. Hal ini dapat dilihat dari Uji Mann-Whitney memperoleh hasil Sig.(2-tailed) 0,000<0,05. Dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan yang jelas dalam sebelum dan sesudah diberikan perlakuan sehingga efektif dalam penggunaan program Living Values Education untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 Tahun di RA X.

Abstract.

This research was carried out based on suboptimal problem-solving abilities of children Group B RA X. One of the efforts made by RA X is to apply children's character values from an early age using the Living Values Education program approach. The research method used in this research is a weak quantitative quasi-experimental method. This research design is a pre-experimental design using a one group pretest-posttest design. This sampling technique research was a saturated sampling technique, covering all 26 students RA X group B. The data collection research is observation and documentation used the Normality test, Wilcoxon test, and Mann-Whitney test analysis techniques. The results showed that average pretest score was 18.58 and average posttest score was 27.76, an increase after the treatment was given. It can be concluded that the Living Values Education program affects problem solving abilities in children aged 5-6 years in group B at RA X. Mann-Whitney Test obtained Sig.(2-tailed) 0.000<0.05. It can be concluded that there is a clear difference in before and after treatment is given so that it is effective in using the Living Values Education program to improve the problem solving abilities of children aged 5-6 years in RA X.

References

Adinda, S. D., & Suhardini, A. D. (2022). Pengaruh Kegiatan Sains Pencampuran Warna untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelompok A2. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 28–33. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.716

Nugroho, P. (2020). Peran Sekolah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).

Putri, K. (2020). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak TK B di Gugus IV Kecamatan Banguntapan, Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/16968

Singgih, S. (2005). Menggunakan SPSS untuk Statistik Non Parametrik. Gramedia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kulitatif (Sutopo (ed.); kedua). ALFABETA, cv.

Sulaiman Saat, S. M. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian (Muzakki (ed.)). PUSAKA ALMAIDA.

Syaodih, E., Setiasih, O., Romadona, N. F., & Handayani, H. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Anakk Usia Dini dalam Pembelajaran Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1). https://doi.org/10.21009/JPUD.121

Tilman, D. H. & D. (2004). Living Values Activities for Children Ages 3-7.

Wahyuti, E., Purwadi, & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis dan Numerasi pada Anak Usia Dini. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2).

Yuriansa, A. (2022). Kemampuan Problem Solving pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Pola (Pattern) di PAUD Arrasyid Kajhu Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Teungku: Jurnal Islam Pesantren, Pendidikan, Dan Sosial, 1(1). https://jurnal.staidarulhikmah.ac.id/index.php/jip/article/download/4/4/15

Downloads

Published

2024-07-28