Toilet Training Melalui Buku Cerita Digital untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Menjaga Kebersihan Diri
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i1.3730Keywords:
Toilet Training, Kemandirian Anak, Kebersihan DiriAbstract
Abstrak. Toilet training merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan guru dalam perkembangan kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) dalam melatih kemandirian anak pada kelompok A usia 4-5 tahun. Penelitian ini merukapakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen. Sumber data diambil dari hasil observasi dan dokumentasi di kelas serta hasil observasi siswa kelompok A usia 4- 5 tahun di PAUD X. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengujian yaitu mengubah skor mentah ke dalam z dan t skor, melakukan uji statistik, dan pengujian hipotesis. Kemampuan kognitif anak kelompok A setelah diterapkan model pembelajaran menunjukan adanya peningkatan berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil rata-rata kelompok kontrol pre test 21,37 dan post test kelompok eksperimen 28,25 artinya terjadi peningkatan anak setelah mendapatkan perlakuan model pembelajaran tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian model pembelajaran buku cerita digital memberikan peningkatan secara signifikan terhadap perkembangan anak kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian maka model pembelajaran buku cerita digital dengan judul “Aku Ingin ke Toilet Sendiri” untuk menjadi salah satu medel yang digunakan dalam meningkatkan kemandirian anak dalam kebersihan diri.
Abstract.
Toilet training is one way that teachers can develop children's independence. This research aims to determine the urinating (BAK) or defecating (BAB) in training children's independence in group A aged 4-5 years. This research is field with a quasi-experimental quantitative approach. Data sources were taken from observations and documentation in class as well as observations from group A students aged 4-5 years at PAUD X. The data collection techniques used in testing are converting raw scores into z and t scores, carrying out statistical tests, and hypothesis testing. The cognitive abilities of group A after the learning model was implemented showed an increase based on research results showing that the average result for the control group was 21.37 for the pretest and the posttest for the experimental group was 28.25, meaning that there was an improvement in the children after receiving the learning model treatment. Thus, it can be concluded that providing a digital storybook learning model provides a significant improvement in the development of children in the experimental group. Based on the research results, the digital storybook learning model with the title "Aku Ingin ke Toilet Sendiri" is one of the models used to increase children's independence in personal hygiene.
References
Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2013). Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning, 7(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.226
Ariyanti, T. (2016). PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK THE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATION FOR CHILD DEVELOPMENT. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN DASAR, 8(1). https://doi.org/10.30595/DINAMIKA.V8I1.943
Christina, A., Akhsani, O., & Primadipta, D. (2021). Tuntas Toilet Training (1 (ed.)). Sidoarjo : Filla Press.
Gilbert, J. (2003). Latihan Toilet : Panduan Melatih Anak untuk Mengatasi Masalah Toilet (1st ed.). Jakarta : Erlangga.
Himawati, D. (2017). EFEKTIVITAS TOILET TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK (Penelitian pada Siswa BA ‘Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang) [Universitas Muhammadiyah Magelang]. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/437
Kabang, M. S. (2014). PENGARUH TOILET TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PONTIANAK SELATAN. http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/207
Nurfuati, R., & Amelia, Z. (2020). Pengembangan Model Video Interaktif Dalam Mengembangkan Keterampilan Toilet Training Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2). http://u.lipi.go.id/1541133256
Rahman, U. (2009). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1). https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach) (1st ed.). Yogyakarta : Deepublish.
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (4th ed.). Jakarta: Indeks.
Syari, E. (2015). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Pelaksanaan Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Kerja Posyandu Desa Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau, 12(2).
Untari, D. T. (2018). METODOLOGI PENELITIAN: Penelitian Kontemporer Bidang Ekonomi dan Bisnis (1st ed.). CV. Pena Persada.