https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Pengaruh Media Audio Visual untuk Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Sabiyla Fauzi Pendidikan Guru PAUD, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Hayati PGPAUD, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v4i1.3707

Keywords:

Media Audio Visual, Membaca Permulaan, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Abstrak.

Peneliti menumukan bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK X masih rendah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual untuk meningkatkan kemampuan membaca pemulaan anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK X. Sampel dalam penelitian ini siswa kelompok B TK X yang berjumlah 19 anak. metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen control group pre test-post test design. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pada pre test pada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan rata-ratanilai 42,5% sedangkan kelompok kontrol dengan rata-rata nilai 36,1% dan setelah dilakukan perlakuan berbeda maka nilai post test pada kedua kelompok memiliki nilai yang berbeda yaitu kelompok eksperimen dengan rata-rata nilai 85,5% sedangkan kelompok kontrol 64,1% adanya peningkatan dari masing-masing kelompok. Dapat disimpulkan bahwa media audio visual terdapat pengaruh untuk kelompok B di TK X. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung 8,016 > t tabel 1,739 dengan penelitian yang telah dilaksanakan diterima dan terbukti kebenarannya.

Abstract.

Reasearchers found that the initial reading ability of children aged 5-6 years group B in Kinderganten was still low, this study aimed to determine the effect of audio visual media to improve early reading skill of childern age 5-6 years group B in X Kinderganten. The sample in this study was group B students of X Kinderganten which amounted to 19 childern. The method in this study is the experimental method Control Group Pre test-Post test Design. The data collection used in this study is observation, test, and documentation with data analysis tehniques validity test, reality test, normality test, homogeneity test, and hypothesis test. The results showed the average score on the pre test in two groups, namely the experimental group with an average value of 42,5% while the control group with an average value of 36,1%, and after different treatment, the post test scores in both groups, namely the experimental group with an average value of 85,5% while the group, while the control group 64,1% increased from each group. It can be concluded that audio visual media has an influence to improve early reading skills in children aged 5-6 years group B in X Kinderganten. This can be seen from the calculated value of 8.016 > t table 1.739, with this the research that has been carried out is accepted and proven to be true.

References

Amalia, E., & Ibrahim. (2017). Efektivitas Pembelajaran Fiqih dengan Mengunakan Metode Demonstrasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Penggage-Muba. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1). https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Lierasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2). https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p120-134.646

Dewi, Y. A. S. (2019). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Membaca Pada Permainan Kartu Kata. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2). https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.452

Heinich, R. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning. New York: Company.

Hisniati. (2019). Melalui Pemanfaatan Gambar dan Simbol Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak di PAUD Terpadu Al-Ijtihad Danger. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 1(2). https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.219

Inten, D. N. (2016). Teknik Literasi yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Putra, P. A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Indeks.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widyastuti, A. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2024-07-27