https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Analisis Nilai Proposal Anak Usia Dini dalam Film Animasi "Nussa The Movie"

Authors

  • Nadzira Salma Fauziyah PGPAUD, Univeritas Islam Bandung
  • Aep Saepudin PGPAUD, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3099

Keywords:

Analisis Semiotika, Nilai Prososisal, Nussa The Movie

Abstract

Abstract.

Today's children prefer to look at cellphones rather than listen to lectures from their own mothers. Cellphones are part of our lives today. Including the lives of our children, the use of mobile phones by children under the age of 18 months is not a good habit. Children usually borrow cellphones because they want to watch YouTube. From YouTube, children and adults can learn many things. Especially the prosocial attitude that is taught in films on YouTube. On Youtube there are lots of shows for early childhood, one of which is the film starring Nussa and Rara. This film is perfect for young children, because the cast is not far from the children. This research is a qualitative method using descriptive semiotic analysis. The results of the study show that there is a general description of the animated film Nussa The Movie, the prosocial values contained in the animated film Nussa The Movie and the relevance of the animated film Nussa The Movie.

Abstrak. Anak-anak saat ini lebih suka melihat handphone dari pada mendengarkan ceramah dari ibu mereka sendiri. Handphone adalah bagian dari kehidupan kita saat ini. Termasuk kehidupan anak-anak kita, penggunaan handphone oleh anak-anak di bawah usia 18 bulan bukanlah suatu kebiasaan yang baik. Anak-anak biasanya meminjam handphone karena ingin melihat youtube. Dari youtube anak maupun orang dewasa dapat belajar banyak hal. Terutama sikap prososial yang diajakarkan pada film yang ada di youtube. Di Youtube banyak sekali tontonan anak usia dini , salah satu nya adalah film yang diperankan oleh Nussa dan Rara. Film ini sangat cocok untuk anak usia dini, karena pemeran nya yang usianya tidak jauh dengan anak-anak. Penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat, gambaran umum dari film animasi Nussa The Movie, nilai-nilai prososial yang terkandung dalam film animasi Nussa The Movie dan relevansi film animasi Nussa The Movie.

 

References

Adnan, Z., & Rachman, H. A. (2019). Pengembangan Panduan Pembelajaran Motorik Kasar Siswa Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Kurikulum PAUD. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64299

Akilasari, Y., Risyak, B., & Sabdaningtyas, L. (2015). Faktor Keluarga, Sekolah, dan Teman Sebaya Pendukung kemampuan Sosial Anak Usia Dini. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Anggraeni, S. W. (2021). Pengaruh Intensitas Menonton Film Kartun Anak-Anak Terhdap Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Universitas Jember.

Febriyanti, W. M. (2023). Perkembangan Film di Batavia tahun 1900 - 1942 dan Dampaknya terhadap gaya Hidup Masyarakat Batavia. Univeesitas Lampung.

Nadya Khoirul Jannah. (2022). Representasi Pesan Moral Remaja Dalam Film Animasi “Luca.” In Suparyanto dan Rosad (2015. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Nurjanah, S., Rachmah, H., & Hakim, A. (2022). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP), 2(1), 131–136. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1429

Nurkamelia. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2). https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Raharjo, S. S. C., & Khotimah, N. (2017). Kontribusi Tontonan Film Kartun Terhadap Perilaku Prososial Anak pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Medalem dan Sudimoro Sidoarjo Tahun Ajaran 2015/2016. PAUD Teratai, 6(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/issue/view/1134

Yuwandi, I. (2018). Analisis Sinematografi Dalam Film Polem Ibrahim Dan Dilarang Mati Di Tanah Ini [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh]. In Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5237/2/Izar Yuwandi.pdf

Downloads

Published

2023-12-23