https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Dukungan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan di TK X

Authors

  • Fathimah Zahwa Muhaditsah PGPAUD, Univeritas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3081

Keywords:

Orang Tua, Kedisiplinan, Anak Usia Dini

Abstract

Abstract.

Discipline in early childhood is very important in the development of children. Educating children with discipline helps children develop self-control, child discipline as an effort by parents to guide children's behavior in a better direction so that children pay attention and behave obediently. This study aims to analyze the support provided by parents in instilling discipline in children aged 5-6 years at X Kindergarten, Bandung Regency. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was collected through in-depth interviews with parents of class b children at X Kindergarten and direct observation in the school environment and using documentation. Data analysis follows the procedure of data collection, data reduction, data presentation, conclusion and verification. Based on the results of this study, it is stated that the support given by parents to children in instilling discipline is by providing appreciation and information support. The form is in the form of giving gifts, praise, motivation, and giving knowledge to children. Where parents instill discipline in children by creating rules, being good role models and giving rewards and punishments.

Abstrak. Kedisiplinan pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Mendidik anak dengan disiplin membantu anak mengembangkan pengendalian diri, disiplin anak sebagai upaya orang tua untuk membimbing tingkah laku anak ke arah yang lebih baik agar anak memperhatikan dan berperilaku patuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan yang diberikan oleh orang tua dalam menanamkan kedisiplinan pada anak usia 5-6 tahun di TK X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan orang tua di TK B X dan observasi langsung di lingkungan sekolah serta menggunakan dokumentasi. Analisis data mengikuti prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa dukungan yang diberikan orang tua kepada anak dalam menanamkan kedisiplinan adalah dengan diberikannya dukungan penghargaan dan dukungan informasi. Bentuknya berupa pemberian hadiah, pujian, motivasi, dan memberikan pengetahuan kepada anak. Dimana orang tua menanamkan kedisiplinan kepada anak dengan menciptakan aturan, menjadi teladan yang baik dan adanya pemberian reward dan punishment.

 

References

Alya, A. P., Enoh, E., & Mulyani, D. (2023). Analisis Penyebab Keterlambatan Berbicara pada Salah Satu Anak Usia Dini. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP), 3(1). https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i1.1778

Gutman, L. M., & McLoyd, V. C. (2000). Parents management of their childrens education within the home, at school, and in the community: An examination of african-american families living in poverty.

Harahap, R. D. E., & Yus, A. (2019). Hubungan Kerjasama Orang Tua dan Guru untuk Mendisiplinkan Anak di TK se- Kecamatan Medan Timur.

Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kurniawati. (2014). Keterampilan Guru Memberi Penguatan kepada Anak dalam Metode Pemberian Tugas.

Kusmiati, E., Sari, D. Y., & M, S. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Disiplin Anak di masa Pandemi.

Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang.

Siska, M., Solfema, S., & Aini, W. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hasil Belajar Santri di MDA Nurul Haq Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Refika Aditama.

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2023-12-23