Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Menggunakan ”Metode Cahaya Indonesia (Fun Calistung)”

Authors

  • Khairunnisa Destiana PGPAUD, Univeritas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3010

Keywords:

Partisipasi, Pembelajaran, Metode Cahaya Indonesia (fun calistung)

Abstract

Abstract.

Learning will be achieved when there is a multidirectional interaction between educators and students. Thus it is expected that learners participate in learning. The use of learning methods and the selection of appropriate learning media is one of the efforts made by a teacher to create an interesting and fun learning atmosphere for children, so as to influence student participation in learning. This study aims to determine the participation of group A students in learning at X Kindergarten. The research method used is descriptive qualitative with a passive participation type of observation. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. TK X has a distinctive learning method, namely the Cahaya Indonesia method (Fun Calistung). The results showed that group A students participated in learning activities, especially on the attitude aspect an attitude of curiosity, an attitude of activeness, an attitude of concentration, and an attitude of responsibility of students and the use of the Cahaya Indonesia method (Fun Calistung) proved to have a very important role in increasing the participation of group A students in learning.

Abstrak.

Pembelajaran akan tercapai apabila terjadi interaksi multi arah antara pendidik dan peserta didik. Dengan demikian diharapkan peserta didik berpartisipasi dalam pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran serta pemilihan media pembelajaran yang sesuai adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh seorang guru untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan bagi anak, sehingga dapat mempengaruhi partisipasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi siswa kelompok A dalam pembelajaran di TK X. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis pengamatan partisipasi pasif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. TK X memiliki metode pembelajaran khas yaitu metode Cahaya Indonesia (Fun Calistung). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelompok A berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran terutama pada aspek sikap rasa ingin tahu, sikap keaktifan, sikap konsentrasi, dan sikap tanggung jawab siswa dan  penggunaan metode Cahaya Indonesia (Fun Calistung) terbukti memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan partisipasi siswa kelompok A dalam belajar.

References

Eleti, S., Utina, S. S., & Talango, S. R. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu Kelompok A1 di Pusat Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PPAUD IT) Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(1), 52–62. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i1.224

Fitri, A. E., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Di Paud IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.33369/jip.2.1

Jefri, J., & Junaidi, J. (2019). Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi 2019. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 2(3), 125. https://doi.org/10.24036/perspektif.v2i3.74

Marhun, M. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional (A. Kholid (ed.); ke-1). Remaja Rosdakarya.

Marhun, M. (2020). Contribution of Indonesia Cahaya Method to the Improvement of Early Childhood Teachers’ Skills. Integration of Education, 24(2), 218–234. https://doi.org/10.15507/1991-9468.099.024.202002.218-234

Michelle, N., Rahminawati, N., & Mulyani, D. (2023). Efektivitas Pengunaan Media Pop Up Book Audiovisual Tata Cara Sholat untuk Anak TK. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP), 3(1), 19–22. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i1.1765

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Noviyanti, A. K., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Partisipasi Pembelajaran Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Classroom Rules. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 65. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10071

Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-12-22