Implementasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Kemandirian Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK X

Authors

  • Haifa Ridha Nur Fajrin PGPAUD, Univeritas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i2.3005

Keywords:

Kemandirian, Profil Pelajar Pancasila, Anak Usia Dini

Abstract

Abstract.

Independence is one of the important characters developed in every human being from an early age, because independence is an ability related to skills to make decisions on everything related to personal activitiesand needs. This study uses qualitative descriptive research methods and data generated through observation, interviews and documentation. The purpose of this study was to determine the implementation of the Pancasila student profile strengthening program on the independence of children aged 5-6 years. Based on the results of the study, it can be concluded that with the strengthening of the pancasila student profile, children's independence has increased not only in the aspect of independence but other aspects have also increased, this is because children not only carry out and complete projects, but children also take part in providing ideas and ideas about what activities the child wants in the project to be held. So that children are able to bring out their ideas into something real and will also carry out activities according to their wishes and interests, these things can certainly improve aspects of development in children, one of which is the aspect of independence.

Abstrak.

Kemandirian ialah salah satu karakter yang penting dikembangkan pada setiap diri manusia sejak usia dini, dikarenakan kemandirian merupakan kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan untuk mengambil keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas dan kebutuhan pribadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implemetasi program penguatan profil pelajar pancasila untuk kemandirian anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa dengan adanya penguatan profil pelajar pancasila, kemandirian anak menjadi meningkat tidak hanya aspek kemandirian melainkan aspek-aspek lainnya pun ikut meningkat, hal ini dikarenakan anak tidak hanya melaksanakan dan menyelesaikan projek, tetapi anak pun ikut andil dalam memberikan ide dan gagasan tentang kegiatan apa saja yang diinginkan anak dalam projek yang akan diadakan tersebut. Sehingga anak mampu mengeluarkan idenya menjadi sesuatu yang nyata dan juga akan melakukan kegiatan sesuai keinginan dan minatnya, Hal-hal tersebut tentunya dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan pada anak salah satunya aspek kemandirian.

References

Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588–600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994

Dhia, H., & Safitri, A. (2022). Seminar nasional manajemen strategik pengembangan profil pelajar pancasila pada pendidikan anak usia dini (paud) dan pendidikan dasar (dikdas)-2022 strategi implementasi pendidikan profil pelajar pancasika pada jenjang paud (studi kasus di kb tunas bangsa. Strategi Implementasi Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang Paud (Studi Kasus Di Kb Tunas Bangsa).

Hutami, S., & Sobarna, A. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di RA X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 124–129. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.534

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Khairunnisa, W. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran Penidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam NKhairunnisa, W. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran Penidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1–63.Egeri Raden Intan Lampung, 1–63.

Kurniastuti, Rahmaniar, D. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287–293.

Lailis, S. (2022). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. 19.

Lestari, R. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Anak. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–68.

Mansipal, M. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Remaja Rosda Karya.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional (A. Kholid (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id

Maulida, K. S. (2021). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PAI SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021. Skripsi.

Ningtyas, R. K. (2021). Konsepsi guru Sekolah Dasar Tentang Profil Pelajar Pancasila [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/70127

Safitri, H. D. A. (2022). Strategi Implementasi Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang Paud (Studi Kasus Di Kb Tunas Bangsa). Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada PAUD Dan Pendidikan Dasar, 1(1). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8828

Sunaini, L. (2022). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19 (Vol. 19). UINFAS Bengkulu.

Downloads

Published

2023-12-22