Analisis Pengelolaan Pembelajaran Hadis pada Anak Usia Dini di TK X

Authors

  • Nada Safira Zahra PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Nurul Afrianti PGPAUD, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i1.1781

Keywords:

Pembelajaran Hadis, Anak Usia Dini

Abstract

Abstract. Education is currently experiencing rapid development, this is because education is one of the character building blocks for every child. At  present the provision of education is not only devoted to children aged over seven years but also children from birth to the age of five or early childhood.(1) Some literature says that the most effective education is through example.(2)Exemplary itself can be given or exemplifield through the behavior of Rasulullah SAW where this behavior in enshrined in the hadith.(3) Providing hadith learning for early childhood is of course very much needed because it has important benefits for children.(4) The benefits of learning hadith for early childhood include a role in spiritual intellingece in early childhood which is firmly entrenched in one’s soul as long as the soul is accustomed to doing commendable deeds and leaving despicable deeds.(5) The purpose of this research is to see the correct teaching of hadith given to children at an early age at Panatagama Cendekia Kindergarten in Subang.(6) This study uses qualitative methods using field studies using interview for data collection.(7) The result of this study indicate that the teaching of hadith conducted by the Panatagama Cendekia Kindergarten Subang has had a good impact on early childhood so that they can gradually pratice the hadith being taught.(8) For future researchers, this can be done by examining comparisons between learning hadith in several kindergartens in certain areas or by adding variables that have never been associated with learning hadith in early childhood.(9)

Abstrak. Pendidikan saat ini terus mengalami perkembangan yang pesat, hal tersebut karena pendidikan menjadi salah satu pembentuk karakter bagi setiap anak.(1) Saat ini pemberian pendidikan bukan hanya dikhususkan kepada anak usia diatas tujuh tahun melainkan juga anak sejak lahir hingga usia lima tahun atau anak usia dini.(2) Beberapa literatur mengatakan bahwa pendidikan yang paling efektif adalah melalui keteladanan.(3) Keteladanan itu sendiri bisa diberikan atau dicontohkan melalui perilaku Rosulullah SAW yang mana perilaku tersebut diabadikan dalam hadis.(4) Memberikan pembelajaran hadist bagi anak usia dini tentunya sangat dibutuhkan kerena memiliki manfaat yang penting bagi anak.(5) Manfaat pembelajaran hadist bagi anak usia dini diantaranya berperan terhadap kecerdasan spiritual pada anak usia dini yang tertanam kuat di dalam jiwa seseorang selama jiwa itu dibiasakan untuk melakukan perbuatan-perbuatan terpuji dan meninggalkan perbuatan tercela.(6) Tujuan penelitian ini untuk melihat pengajaran hadis yang tepat diberikan kepada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Cendekia Panatagama Subang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi lapangan menggunakan wawancara untuk pengambilan data.(7) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya pengajaran hadis yang dilakukan oleh Taman Kanak-Kanak Cendekia Panatagama Subang telah memberikan dampak yang baik terhadap anak usia dini sehingga mereka bisa sedikit demi sedikit mengamalkan hadis yang diajarkan.(8) Bagi peneliti selanjutnya dapat dilakukan dengan meneliti perbandingan antara pembelajaran hadis di beberapa Taman Kanak-Kanak di daerah tertentu atau dengan menambahkan variabel yang belum pernah dikaitkan dengan pembelajaran hadis pada anak usia dini.(9)

References

Agustina, A., & Retnowati, T. H. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1(2), 128–140. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep/article/view/61

Aprilia, W. (2020). Perkembangan pada Masa Pranatal dan Kelahiran. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 40–55. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/download/6684/4246

Arifien, S. A. (2017). PENGGUNAAN BIMBINGAN DAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI PERMASALAHAN TRANSEKSUAL FEMALO TO MALE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FEMINISME (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG) [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2361

Cawelti, J. G. (1969). The Concept of Formula in the Study of Popular Literature.

Chasanah, U. (2018). Urgensi Pendidikan Hadis dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Living Hadis, 2(1), 83. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1357

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. 1–6.

Desti, Y. (2019). Penereapan Metode Bercerita Dalam Pengenalan Hadist Di Tk Raudhatul Ibni Meureubo Aceh Barat.

Jannah, M. (2017). Kemampuan Guru PAUD dalam Mengintegrasikan Nilai pada Rencana Pembelajaran Harian (Rpph) Anak Usia Dini di Kabupaten Pidie Jaya. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27650

Loeziana, U. (2015). The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92. https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Nuryati. (2017). Pembelajaran Hadis untuk Anak Usia Dini. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 2, 273–284.

Pratiwi, V. (2019). Analisis Kompetensi Pedagogik Dosen Pengampu Mata Kuliah Dalam Implementasi Computer Assisted Instruction (CAI). Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(2), 163–172. https://doi.org/10.31537/ej.v3i2.209

Sabri, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar.

Siswanto, S., Zaelansyah, Z., Susanti, E., & Fransiska, J. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1295

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT Alfabet.

Wekke, I. S., Khalifah, R., Habe, S., Harum, A., & Aisya, S. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Zulfa, R. S., & Hakim, A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini melalui Program Hafalan Al-Qur’an. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1225

Downloads

Published

2023-07-20