Program Kerjasama Sekolah dan Orang Tua Melalui Gerakan Literasi di TK/Playgroup X
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i1.1768Keywords:
Sekolah, Orang Tua, Gerakan LiterasiAbstract
Abstrak. Sekolah merupakan tempat anak yang dapat mengembangkan pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan tahapan usianya. orang tua adalah ayah dan ibu yang menginginkan anaknya tumbuh dan kembang sesuai dengan tahapan usianya. Sekolah dan orang tua memiliki tujuan yang sama, maka dari itu diperlukan kerjasama sekolah dan orang tua. Kemudian, gerakan literasi kegiatan bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan hadir untuk dapat melaksanakan tujuan sekolah dan orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memberitahu pembaca tentang program kerjasama sekolah dan orang tua yang dilakukan melalui gerakan literasi kegiatan bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi di TK/PG X. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menggambarkan program kerjasama sekolah dan orang tua melalui gerakan literasi di TK/PG X. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah diperoleh berupa gambaran mengenai persiapan, yakni membuat program kerjasama tahunan dan sosialisasi program kegiatan.
Abstract. School is a place where children can develop their growth and development according to their age stages. Parents are fathers and mothers who want their children to grow and develop according to their age stages. Schools and parents have the same goals, therefore it requires the cooperation of schools and parents. Then, the literacy movement for the month of fond of reading and library visiting days is present to be able to carry out the goals of the school and parents in the growth and development of children. Therefore, this research was conducted with the intention of informing readers about the collaborative program between schools and parents which is carried out through the literacy movement, activities like reading month and library visiting days which include preparation, implementation and evaluation in X TK/PG. The research method used is descriptive qualitative to describe the implementation of the school and parent cooperation program through the literacy movement in X TK/PG. The techniques used for data collection in this study include observation, interviews and documentation. The results of the research that have been obtained are in the form of an overview of the preparation, namely making an annual cooperation program and socialization of activity programs.
References
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. In Evaluasi Program Pendidikan (6th ed.). Bumi Aksara.
Bastian, A. (2017). Kerjasama antara Sekolah dan orang tua Siswa di TK At-Tiin Pekanbaru. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(2), 120–127.
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Edisi Baha). Pustaka Pelajar.
Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689
Kiya, A. (2020). PENGARUH KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELAS B PAUD IT BUNAYYA. Universitas Islam Riau.
Luthfiah, S. (2012). Evaluasi Program Pendidikan Islam. Academy of Education Journal, 3(1), 1–43. https://doi.org/10.47200/aoej.v3i1.82
Roucek, J. S., & Warren, R. L. (1984). Pengantar Sosiologi. Bina Aksara.
Saleh, R. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.70
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial (3rd ed.). Refika Aditama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.