https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Efektivitas Pengunaan Media Pop Up Book Audiovisual Tata Cara Sholat untuk Anak TK

Authors

  • Nadia Michelle PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahminawati PGPAUD, Universitas Islam Bandung
  • Dewi Mulyani PGPAUD, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i1.1765

Keywords:

Efektivitas Media Pembelajaran, Pop Up Book Audiovisual, Tata Cara Ibadah Sholat

Abstract

Abstract. This research is intended to see the extent of the understanding and abilities of group B chilDren aged 5-6 years in Al-Fithroh Kindergarten in carrying out prayer activities in early childhood which are usually applied in Al-Fithroh Cipaganti Kindergarten. The method used in this study is a quasi-experimental research method with a quantitative research approach, comparing the learning that is usually applied by teachers, namely without media and learning with researchers who use learning media related to student achievement in understanding prayer activities and the ability to carry out prayer activities. Data collection techniques through interviews, observations/observations, document searches and questionnaires. Data analysis techniques used in experimental analysis through data analysis Data collection, population normality test, normality test, data presentation and conclusion. The results of this study indicate that student achievement in understanding prayer activities and the ability to carry out prayer activities using learning media in the form of an Audiovisual Pop Up Book about prayer procedures shows a good increase, inversely proportional to the results of student achievement applied learning without media has not shown a significant increase. big. The participation of chilDren and parents as well as teachers in prayer learning development activities was very responsive and showed a positive response. So that the results achieved are in accordance with what is expected.

Abstrak. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana pemahaman dan kemampuan anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Al-Fithroh dalam melakukan kegiatan ibadah sholat pada anak usia dini yang biasa diterapkan di TK Al-Fithroh Cipaganti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif, membandingkan antara pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru yaitu tanpa media dengan pembelajaran dengan peneliti yang menggunakan media pembelajaran terkait tentang pancapaian siswa dalam memahami kegiatan ibadah sholat dan kemampuan melaksanakan kegiatan sholat. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan/observasi, penelusuran dokumen dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan secara analisis eksperimen melalui Analisis Data Pengumpulan data, Uji Normalitas Populasi , Uji normalitas, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pancapaian siswa dalam memahami kegiatan ibadah sholat dan kemampuan melaksanakan kegiatan sholat menggunakan media pembelajaran berupa Pop Up Book Audiovisual tentang tata cara ibadah sholat menunjukkan peningkatan yang bagus, berbanding terbalik dengan hasil pencapaian siswa yang diterapkan pembelajaran tanpa media belum menunjukkan peningkatan yang besar. Partisispasi anak dan orangtua serta guru-guru dalam kegiatan pengembangan pembelajaran ibadah sholat ini sangat responsif dan menunjukkan respon yang positif. Sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

References

Samana. (1994). Profesionalisme Keguruan. Kanisius. A. Tabrani Rusyan dan Yani Daryani. (1993). Penuntun Belajar yang Sukses. Nine Karya.
Alifia, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktik Gerakan Sholat Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Audio Visual Di Raudhatul Athfal Nurhayati Kecamatan Medan Tembung (Vol. 7).
Arikunto Suharsimi. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian. PT Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Benny Agus Peribadi. (1996). Media Pendidikan. Universitas Terbuka.
Cahyani, R. P., Samawi, A., Maningtya, R. T., & Malang, U. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book Audiovisual Tentang Tata Cara Berwudhu. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 117–122.
Cece Wijaya, dkk. (1991). Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Dimitiya & Muljono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful B dan Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Djumransyah, M. E. (2004). Filsafat Pendidikan Malang. Bayu Media Publishing.
Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics 5th Edition (5th ed.). SAGE Publications Inc.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Peneribit Universitas Diponegoro.
Hadi Sutrisno. (2002). Metodologi Research Jilid 2. Adi Offset.
Hadis, P., & Muhammad, N. (2018). Pengajaran sholat pada anak usia dini perspektif hadis nabi muhammad saw. https://ej, 282–291.
Hamalik, O. (1989). Media Pendidikan : Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran (Edisi Janu). Penerbit Alumni.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Herdiana. (2013). Media Gambar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hernacki, D. &. (2003). Quantum Teaching (Terjemahan).
Kaifa. 104 Ibid. (n.d.).
Ibrahim, S. &. (2004). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Ismaniati, C. (2012). Pengembangan dan Pemanfaatan. In Majalah Ilmiah Remaja.
Jannah, N., & Suryadilaga, M. A. (2020). Mengajarkan Shalat Pada Anak Usia Dini Dalam Masa Social Distancing Covid-19 ¬Perspektif Hadis. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2), 427. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1638
Lamatenggo, H. & N. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. PT. Bumi Aksara.
Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. PT Remaja Rosdakarya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014).
Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar Aktif. CV. Citra Media Publishing.
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Agama Islam : Upaya mengaktifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah. (2004). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.
Mukhtar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Gunung Persada Press.
Mulyana. (1996). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. CV. Citra Media Publishing.
Munadi, Y. (2008). Media audio visual, Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Press.
Nawawi. (2004). Terjemahan Riyadhus Shalihin Jilid I (pp. 673–674). Pustaka Amani.
Raffini, J. P. (1993). Winners without Losers: Structures and Strategies for Increasing Student Motivation To Learn. Guides - Classroom - Teacher.
Rahmawati, L. (2011). Pengaruh Penyuluhan dengan Media terhadap Pengetahuan tentang Kanker Serviks dan Partisipasi Wanita dalam Deteksi Dini Kanker Serviks.
Rita, G. & K. (2018). Media-Pembelajaran-Anak-Usia-Dini.pdf. CV Jakad Publishing Surabaya.
Sagala, R., Rismayani, Azis, T. N., Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., Syazali, M., Puspita, A. E. F. P., Supardi, U., & Pd, D. M. (2019). Pendidikan Spiritual Keagamaan (Dalam Teori dan Praktik). Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 91. explainer video, efektif, hasil belajar IPS, media pembelajaran
Silbermen. (2004). Active Learning Strategy : 101 Strategies To Teach Subject. In R. Muttaqin (Ed.), Allyn Balcon (Terjemahan). Allyn Balcon. 105
Sudarwan Danim. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Bumi Aksara. Sugiyono. (2007). Statistik Untuk Penelitian. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2009a). Metodologi Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta. Sugiyono. (2009b). Pengantar Metode Penelitian.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (1990). Manajemen Pengajaran. Rineka Cipta. Suharso, P. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: PendekatanFilosofis dan Praktis. Penerbit Indeks.
Sukandi. (2003). Belajar Aktif dan Terpadu, Apa, Mengapa dan Bagaimana. Garaha Duta Pustaka.
Sulastri. (2012). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Video dalam Pemeriksaan Payudara Sendiri. Undang-undang Dasar Republik Indonesia No. 14 th 2005 tentang Guru dan Dosen, 294 (2009) (testimony of UU No. 14 thn 2005).
Yudhi Munadi, D. (2011). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bahan ajr PLPG.
Yusuf HadiMiarso. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-07-20