Analisis terhadap Metode Cantol Roudhoh dalam Pembelajaran Membaca Permulaan pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i1.1760Keywords:
Anak Usia Dini, Membaca Permulaan, Metode Cantol RoudhohAbstract
Abstrak. Metode Cantol Roudhoh adalah metode membaca permulaan yang dikembangkan dari prinsip “Bermain sambil belajar” dan metode ini menjadi program unggulan di TKIT X. Berdasarkan hal tersebut, maka dirumuskan
permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan metode Cantol Roudhoh di TKIT X? (2) Bagaimana pemanfaatan media, alat permaianan edukatif, dan alat pendukung lain dalam menggunakan metode Cantol Roudhoh di TKIT X? (3) Bagaimana
peran guru dalam pembelajaran menggunakan metode Cantol Roudhoh di TKIT X?. Subjek dalam Penulisan ini adalah guru dan siswa kelompok A4 TKIT X. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan data reduction, data display, dan conclusion
drawing. Hasil dari Penulisan ini adalah penerapan metode Cantol Roudhoh di TKIT X pada awalnya adalah guru menyusun perencanaan pembelajaran yang dilaksanakan dengan setting kelas model pembelajaran klasikal dan diterapkan dengan metode bernyanyi, bercerita, juga pemberian tugas dengan pendekatan
belajar student center. Alat evaluasi berupa catatan anekdot dan portofolio, dengan kompilasi data berupa laporan triwulan dan semester. Guru TKIT X Kelompok A4 melakukan pengamatan terhadap siswa sehingga guru akan menemukan strategi yang tepat dalam pembelajaran.
Abstract. The Cantol Roudhoh method is a pre-reading method developed from the principle of "playing while learning", this method has become a flagship program at TKIT X. Based on this, the problems in this study are formulated as follows: (1) How is the planning, implementation, and evaluation of learning using the
Cantol Roudhoh method at TKIT X? (2) How is the use of media, educational game tools, and other supporting tools in using the Cantol Roudhoh method at TKIT X? (3) What is the teacher's role in learning with the Cantol Roudhoh method at TKIT X?. The subjects in this study were teachers and students of the
A4 TKIT X group. Data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Data analyzed used data reduction, data display, dan conclusion drawing. The results of this study are the application of the Cantol Roudhoh method at TKIT X, initially the teacher compiled lesson plans which
were carried out using the classical class setting learning model and applied singing, telling stories, also giving assignments using the student learning center approach. Evaluation tools are in the form of anecdotal records and portfolios, with data compilation in the form of quarterly and semi-annual reports. Teachers
of TKIT X Group A4 observe students so that the teacher finds the right strategy in learning.
References
Anggraini, D. R. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menyimak pada Anak Usia Dini Dengan
Metode Cantol Roudhoh di PAUD Al-Musfiroh Kecamatan Gunungsindur.
Arifin, L. A., & Prihanto, J. B. (2015). Hubungan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Siswa di Sekolah.
Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 203–207.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2020). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan
Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Irmawati, Nadar, W., & Pawitri, A. (2021). Meningkatkan kemampuan Membaca Anak dengan Metode Cantol
Roudhoh. Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 56–65.
Kartika, G., Utami, S. S., & Utami, C. T. (2013). Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan
Membaca Permulaan Pada Anak Tk B Di Paud Terpadu Lab Belia Semarang.
Marhun, M. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional (A. Kholid (ed.); ke-1). Remaja Rosdakarya.
Mustikawati, R. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata
(Syillabic Method) pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015.
Safitri, U. (2020). Penggunaan Metode Cantol Roudhoh dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak
Usia Dini Kelompok A di RA Muslimat NU 013 Islamiyah II Sedah. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 130–143.
Santrock, J. W. (2017). Perkembangan Anak. Erlangga.
Yusuf, M., & Ratna, W. A. (2015). Penerapan Model Pembelajarann Discovery Learning Menggunakan
Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains.